Tempat Tidur Lipat: Solusi untuk Menghemat Ruang!

Sílvia Cardoso – homify Sílvia Cardoso – homify
Restelo, Stoc Casa Interiores Stoc Casa Interiores Kamar Tidur Modern
Loading admin actions …

Ada beberapa jenis tempat tidur yang memenuhi selera dan kegunaan berbeda. Ada yang double, single, kayu, besi, berlaci, sampai tempat tidur yang bisa dilipat. Tempat tidur lipat sangat menarik terutama untuk rumah, apartemen atau ruangan kecil.

Nah, pada artikel ini kami akan menjelaskan keuntungan menggunakan tempat tidur lipat dan menunjukkan kepada Anda berbagai desain kamar tidur yang menarik. Beberapa tempat tidur lipat bahkan dipasang pada dinding dan tidak terlihat sama sekali ketika dilipat.

Kami juga akan memberikan Anda inspirasi jenis tempat tidur fungsional lainnya, terutama tempat tidur yang memiliki ruang penyimpanan, punya kompartemen ekstra untuk menyimpan semua barang Anda.

1. Kelebihan Tempat Tidur Lipat

Mereka menghemat ruang: kasur lipat membantu Anda untuk mengefisiensi dari keseluruhan ruangan yang ada. Dari segi penyimpanan, tempat tidur dapat dilipat untuk ditempatkan pada bagian rumah seperti dinding atau dalam lemari, sehingga tidak akan mengganggu ketika Anda beraktivitas didalam rumah. Ketika Anda sedang tak ingin menggunakannya, kasur bisa dilipat dan ruangan bisa Anda gunakan.

Memberikan ruangan memiliki fungsi ganda: jika ruangan Anda memiliki tempat tidur lipat yang dapat dilipat ke dinding, maka ruangan tersebut bisa memiliki dua fungsi secara bersamaan, misalkan pada siang hari dapat dipakai menjadi ruang tamu atau ruang kerja, dan pada malam hari menjadi ruang kamar tidur.

Tempat tidur lipat sudah dilengkapi dengan kasur: sebagian besar tempat tidur lipat sudah dilengkapi dengan kasur. Di berbagai store atau online, Anda dapat menemukan tempat tidur lipat dengan kasur built-in.

Tempat tidur lipat bisa dipindahkan: jika tempat tidur tidak menyatu dengan furnitur atau dinding, tempat tidur tersebut bisa mudah untuk dipindahkan. Ini adalah jenis tempat tidur ringan yang biasanya dilengkapi dengan roda. Fitur ini sangat fungsional, karena Anda dapat membawa tempat tidur ke mana pun Anda mau.

Tidak membutuhkan ruang besar: karena keterbatasan ruangan, tipe tempat tidur ini dapat menjadi solusi ruangan kecil. Kasur dapat dilipat setelah selesai digunakan, juga tidak memerlukan ruangan khusus seperti layaknya tempat tidur. Penggunaannya tentu dapat digunakan di banyak bagian rumah, dan sangat fleksibel.

Tempat tidur lipat yang dipasang di dinding sangat mudah disimpan: Voila! Dalam beberapa detik Anda bisa melipatnya dan seketika masuk ke dalam furnitur atau dinding!

2. Kekurangan Tempat Tidur Lipat

Tempat tidur built-in bisa lebih mahal: tempat tidur yang dapat disimpan di perabot atau di dinding cenderung lebih mahal dibandingkan tempat tidur lain.

Kasur kurang nyaman: tempat tidur ini biasanya dilengkapi dengan kasur custom yang mungkin kurang nyaman, terutama bagi mereka yang memiliki masalah otot atau lainnya yang memerlukan penggunaan kasur berkualitas.

Lebih sedikit pilihan desain : Jika tempat tidur ditujukan untuk penggunaan sporadis, desain tidak terlalu penting, melainkan fungsionalitas. Namun karena untuk penggunaan sehari-hari, kita mungkin melewatkan tempat tidur yang lebih stylish yang bisa membuat ruangan semakin bergaya.

Bisa membosankan: membuka dan menutup tempat tidur setiap hari bisa menjadi rutinitas yang membosankan.

3. Ranjang Lipat Dinding atau Murphy Bed

Kenapa disebut Murphy Bed? Nama Murphy bed diambil dari penemunya. Sekitar pergantian abad ke-20, William L. Murphy merancang tempat tidur yang dapat dilipat rapi menjadi lemari, terinspirasi oleh kurangnya ruang di apartemen studio kecilnya. Dia kemudian mendirikan Murphy Wall Bed Company dan mematenkan produknya pada tahun 1911.

Pada desain yang terbaru murphy bed semakin mutakhir dan canggih. Sehingga kasur ini semakin mudah dilipat dan digunakan kembali.


5. Tempat Tidur dengan Laci-Laci

Tempat tidur dengan laci-laci penyimpanan di bagian bawah menjadi solusi untuk kamar yang tidak luas.

Rangka tempat tidur multifungsi ini di desain dengan ruang penyimpanan di bagian bawah tempat tidur. Terdapat beberapa laci ekstra ruang penyimpanan yang dapat dibuka. Laci di bagian bawah dapat digunakan untuk menyimpan segala keperluan Anda, seperti sprei, selimut, buku, baju, dan lain-lain.

Bikin kamar tidur yang dilengkapi balkon yuk! Lihat berbagai desain balkonnya di tab Ruangan. Jangan lewatkan!

6. Tempat Tidur di Bagian Langit-Langit yang Tak Kalah Nyaman!


Cek juga berbagai tirai & penutup untuk kamar tidur Anda yang dibuat para profesional kami. Lihat semuanya di sini.

Untuk Anda yang punya kamar tidur yang mungil, coba siasati masalah Anda dengan membangun space area tidur di bagian atas atau langit-langit.

Solusi tempat tidur ini dapat mengakomodasi berbagai macam kebutuhan Anda. Tempat tidur ini juga dapat dipergunakan oleh dewasa dan juga anak-anak, karena itulah sangat tepat bagi Anda yang memiliki ukuran ruangan yang terbatas. Oh ya, pada bagian bawah kamar yang punya area yang lebih luas, dikarenakan tidak ada tempat tidur, area ini bisa Anda gunakan untuk menaruh berbagai furnitur, seperti lemari, kaca, area belajar atau tempat bekerja.



​7. Ide tambahan: Tempat Tidur Sofa dan Laci Penyimpanan

Nggak perlu khawatir jika Anda tidak memiliki kamar tidur tambahan dan jika ada teman atau kerabat yang menginap. Anda bisa menggunakan tempat tidur sofa.

Jika Anda mengadakan acara santai kumpul-kumpul atau menonton film, Anda juga dapat membuka sofa bed, membentangkan selimut dan bantal, serta menikmati momen dengan nyaman sepenuhnya.

Terakhir, untuk menyelesaikan masalah penyimpanan dan optimalisasi ruang, pilihlah pada beberapa lemari dengan sistem penyimpanan modern dan fungsional. Bisa built-in atau tidak, dan pilihlah perabotan yang multifungsi.

Inspirasi kamar tidur dengan desain paling banyak disukai tahun ini, bisa Anda lihat semuanya pada tab Majalah. Yang mana favorit Anda?

Sebelum Membeli Kasur Lipat, Ukurlah Terlebih Dahulu Ruangan

Seperti namanya, tempat tidur Murphy yang dipasang di dinding perlu ditambatkan ke dinding (dan mungkin lantai), hal ini akan menyita waktu dan tenagamu. Sementara, model berdiri tidak membutuhkan hal tersebut. Jadi sebelum membangun murphy bed sebaiknya  ukurlah terlebih dahulu ruangan di mana Anda akan meletakkan kasur lipat dinding milik Anda.

Tidur Lebih Nyenyak dan Nyaman

Dandani tempat tidur Anda dengan satu set sarung dan sarung bantal dengan bahan yang nyaman, yang bisa disesuaikan dengan warna dan motif yang Anda sukai. Ini menjadi salah satu hal yang penting loh untuk Anda beristirahat maupun bersantai di dalam kamar Anda.

Tempat tidur lipat yang dimasukkan ke dalam dinding bisa jadi solusi ruangan yang kecil. Lihat semua inspirasinya di sini!

Butuh bantuan dengan projek Anda?
Hubungi kami!

Sorotan dari majalah