Rumah Kebun Mandiri Pangan (Food Self-Sufficiency House), sigit.kusumawijaya | architect & urbandesigner sigit.kusumawijaya | architect & urbandesigner Ruang Keluarga Minimalis Kayu Wood effect
Rumah Kebun Mandiri Pangan (Food Self-Sufficiency House), sigit.kusumawijaya | architect & urbandesigner sigit.kusumawijaya | architect & urbandesigner Ruang Keluarga Minimalis Kayu Wood effect

[Bahasa Indonesia]
“pertanian di dalam hunian untuk mendukung ketahanan pangan”

Dalam proyek hunian yang berlokasi di daerah BSD, Tangsel ini, arsitek berusaha untuk mengangkat isu ketahanan pangan yang dicoba diterapkan dengan menggunakan konsep urban farming di skala hunian. Di sekeliling bangunan, dialokasikan ruang terbuka hijau yang selain berfungsi sebagai daerah resapan air, juga difungsikan sebagai area untuk berkebun tanaman pangan yang bisa dikonsumsi langsung oleh pemiliknya. Selain itu dengan tidak menempelkan bangunan ini dengan bangunan tetangga akan memudahkan udara dan angin mengalir melalui bangunan yang juga didesain dengan banyak void, bukaan yang lebar dan juga pemisahan 2 massa bangunan.

Area berkebun untuk pemilik tidak hanya terletak pada lantai dengan ketinggian tanah saja, namun juga dialokasikan di seluruh area di rooftop massa bangunan belakang dan juga di beberapa spot yang disusun secara vertikal baik itu menggunakan metode verticulture ataupun vertical garden.

Terdapat ramp dari lantai dasar langsung menuju area rooftop garden yang difungsikan supaya tidak perlu melewati ruang di dalam rumah untuk menuju kebun di rooftop.

[English]
“food self-sufficiency house”

Within this residential project located in the area of BSD, Tangsel, the architect is trying to raise the issue of food security by implementing the concept of urban farming on a family scale. Green open space is allocated around the building that functions as a water catchment area, and a place for growing crops that can be harvested directly by the owner. In addition, not attaching the building with neighboring units will allow air and wind flows through the building, which is also designed with voids, a wide opening and separation of two building masses.

Gardening areas for the owner not only lie on ground level, but are also allocated across the rooftop area in the rear building mass and in some spots that are arranged vertically either by using verticulture system or vertical garden.

There is a ramp from ground floor that links directly to rooftop garden area for guests or friends who want to visit the owner’s garden.

Warna: Brown
Materi: Kayu
Similar Photos

homify - modifikasi rumah anda

4.5

Telusuri jutaan foto dengan homify app!

DOWNLOAD GRATIS
Tidak, terima kasih