27 Arsitek di Bandung

Area

Apa keuntungan menggunakan jasa arsitek lokal?

Jika anda berlokasi di Bandung, maka tentu lebih praktis menggunakan jasa arsitek lokal terdekat, untuk daerah Bandung hal ini terutama penting karena untuk membangun rumah diperlukan persyaratan yang lebih kompleks dibandingkan kota besar lainnya di Indonesia. Simak ulasan di bawah ini untuk keterangan lebih lengkap.

Seperti apa perkembangan arsitektur di Bandung?

Bandung awalnya menjadi pilihan sebagai pusat komando militer pada tahun 1906. Karena itu untuk pemindahan pusat instansi dan pemerintahan berupa tanah seluas 27.000 meter persegi untuk digarap oleh arsitek Gerber pada tahun 1920an. Selain itu, 1.500 rumah juga dibangun untuk memfasilitasi para karyawannya. Sama halnya dengan banyak kota besar lain di Indonesia, arsitektur Bandung banyak dipengaruhi oleh gaya arsitektur Eropa. Misalnya gaya art noveaou pada awal masa perang dunia pertama, kemudian berlanjut dengan pengaruh art deco yang lebih menunjukkan kekaguman akan kemajuan teknologi. Maka wajar jika ada anggapan bahwa Bandung mirip dengan bagian selatan Perancis, terutama karena arsitekturnya yang kaya.

Sayangnya semakin banyak bangunan bersejarah yang seharusnya dilestarikan, dipugar. Ironisnya lagi pemugaran ini seringkali dilakukan tanpa izin pembongkaran bangunan bersejarah. Namun di sisi lain pemugaran-pemugaran bangunan bersejarah inilah yang melahirkan bangunan-bangunan bergaya minimalis dan modern, terutama sejak sekitar tahun 1992.

Kenapa menggunakan jasa arsitek di Bandung kini penting?

Setiap kota besar memiliki kondisi tersendiri dengan berbagai macam variabel, seperti kondisi tanah, lanskap, infrastruktur, sumber air bersih, potensi bencana, arah matahari dan tentu untuk Jakarta kebisingan. Memperhitungkan seluruh faktor ini tentu sama sekali bukan hal yang mudah, namun para arsitek dan desainer sudah terlatih dan dididik khusus untuk mengatasi serta menganalisa hal tersebut.

Selain itu, mereka juga lebih memahami regulasi dan aspek legal di kota bersangkutan.

Berapa biaya membangun rumah di Bandung?

Pada umumnya harga tanah di kawasan Bandung rata-rata berkisar antara Rp. 10 hingga Rp. 20 juta, namun ada beberapa kawasan terutama Dago dimana harga dipatok jauh lebih tinggi. Di Dago harga tanah dapat mencapai hingga Rp. 40 juta per meter persegi, sementara kawasan di sekitarnya sedikit lebih rendah yaitu Rp. 25 -30 juta per meter persegi.

Banyaknya rumah dan town house yang dibangun di kawasan Bandung menyebabkan melonjaknya harga properti. Satu unit rumah diperkirakan memakan biaya minimal Rp. 500 juta.

Apa saja peraturan untuk membangun rumah di Bandung?

Membangun rumah tinggal di Bandung kini semakin rumit karena aturan-aturan daerah yang kini diterapkan beberapa tahun terakhir, karena itu sebaiknya pastikan anda yakin sudah mencakup semua persyaratan yang diminta sebelum membangun rumah, terutama IMB. Berbeda dengan daerah lainnya, kini untuk mendapatkan IMB di Bandung salah satu persyaratan yang harus anda lalui adalah mendapatkan sertifikasi bangunan hijau. Aturan ini berlaku mulai 1 Januari 2017. Sebaliknya rumah yang ramah lingkungan akan mendapatkan keringanan PBB.

Sementara itu dalam Perda KBU, semua lahan di bawah 90 meter persegi dapat memperoleh IMB dengan tipe 36 mengikuti UU Perumahan.

Bagaimana cara mendapatkan IMB di Bandung?

Berikut ini adalah dokumen yang perlu dipersiapkan untuk mengajukan IMB di Bandung:

Rekomendasi ketua RT sampai Camat

Rekomendasi tetangga lokasi bangunan

Desain lengkap arsitektur bangunan

Fotokopi KTP pemohon

Fotokopi PBB

Fotokopi sertifikat tanah

NPWP

Setelah itu langkahnya adalah sebagai berikut:

Mengisi dan menandatangani formulir

Fotokopi bukti kepemilikan tanah

Surat perjanjian jika tanah bukan milik pemohon

Surat kuasa apabila dikuasakan

Izin rencana penggunaan lahan/arahan teknis pemanfaatan ruang kota

4 kopi rencana arsitektur bangunan skala 1:100

Gambar/denah instalasi lengkap: listrik dan air

Fotokopi KTP

PBB tahun terakhir

Kelengkapan lain: AMDAL, izin lokasi, dst.

Tenaga profesional mana yang ada di wilayah Bandung?

Homify memiliki banyak tenaga profesional yang mumpuni di bidangnya, yang berlokasi di Bandung maupun daerah sekitarnya. Baik arsitek maupun desainer interior, konsultasikan desain dan proses renovasi yang anda inginkan untuk mendapatkan rumah idaman anda.