Arsitek di Banjarmasin | homify

1 Arsitek di Banjarmasin

Area

Arsitek Banjarmasin

Banjarmasin adalah ibukota Kalimantan Selatan yang memiliki wilayah seluas 98,46 km2 dengan wilayah yang mencakup kepulauan. Sebagai kota yang dialiri oleh banyak sungai, sungai menjadi bagian yang tak terpisahkan dalam kehidupan kota Banjarmasin. Masyarakat Banjarmasin menjadikan sungai sebagai pusat aktivitas utama, khususnya bidang transportasi dan perdagangan. Pentingnya peran sungai di Banjarmasin bahkan melahirkan julukan Kota Seribu Sungai bagi Banjarmasin.  

Banjarmasin merupakan salah satu kota yang perkembangannya paling pesat di Kalimantan. Hal ini ditunjukkan melalui area metropolitan Banjarmasin yang disebut Kawasan Strategis Provinsi (KSP) Banjar Bakula atau Metropolitan Banjarmasin Raya. Area ini memiliki jumlah penduduk sekitar 1,9 juta jiwa dan mencakup Kota Banjarbaru, Kota Banjarmasin, sebagian kecamatan di Barito Kuala, sebagian kecamatan di Kabupaten Banjar, dan sebagian kecamatan di Tanah Laut. 

Kota Banjarmasin dan Kota Banjarbaru merupakan dua kota dengan pertumbuhan ekonomi paling tinggi. Dua kota ini memiliki kekayaan alam yang melimpah, seperti biji besi dan batu bara, serta didukung dengan pembangunan infrastruktur yang masif, seperti Bandara Syamsudin Noor, Pelabuhan Trisakti, dan rencana Jalan Tol Banjarmasin-Liang Anggang-Landasan Ulin.  

Sejarah Perkembangan Arsitektur Banjarmasin

Seiring dengan terbentuknya suku banjar, maka arsitektur Banjarmasin pun mulai berkembang. Suku Banjar merupakan suku asli di Banjarmasin yang menghasilkan berbagai karya arsitektur yang berakar dari tradisi dan kebudayaan suku tersebut. Beberapa karya arsitektur tersebut, antara lain rumah tradisional yang memiliki karakteristik tersendiri di setiap daerah. 

Rumah tradisional Suku Banjar atau yang disebut Rumah Banjar memiliki 10 jenis arsitektur tradisional rumah tinggal yang mewakili status sosial selama pemerintahan Kerajaan Banjar. 

Kesepuluh jenis arsitektur Rumah Banjar tersebut, antara lain:

Bubungan Tinggi atau Rumah Baanjung: Rumah yang menjadi pusat dari istana raja ini memiliki konstruksi panggung dengan anjung di bagian kiri dan kanan bangunan. Ciri rumah ini, antara lain anak tangga yang selalu ganjil, atap tanpa plafon, dan pamedangan yang diberi lapangan dengan kandang rasi ukir. 

Gajah Baliku: Secara keseluruhan, rumah ini memiliki kemiripan dengan Rumah Bubungan Tinggi, namun ada satu hal yang membedakan, yaitu Ruang Paluaran atau Ruang Tamu. Jika pada Rumah Bubungan Tinggi bentuk lantainya berjenjang, maka Rumah Gajah Baliku bentuk lantainya tidak berjenjang

Palimasan: Rumah yang digunakan sebagai rumah bendaharawan istana pada masa Kesultanan Banjar ini menggunakan atap perisai pada semua bagian atapnya yang membentuk atap limas.

Balai Bini: Ciri khas rumah ini terletak pada bangunan utama yang menggunakan atap perisai atau atap gajah dan sayap bangunan yang menggunakan sengkuap/lessenaardak yang disebut atap anjung.

Tadah Alas: Model rumah ini merupakan pengembangan dari Rumah Balai Bini yang menambahkan satu lapis atap perisai sebagai kanopi paling depan yang disebut tadah alas.

Gajah Manyusu: Rumah ini memiliki ciri utama, yaitu penggunaan atap perisai buntung pada bangunan utama. Ciri lainnya terletak pada bentuk atap limas pada bagian depan dan anjung yang memiliki atap sasikat.

Balai Laki: Secara keseluruhan, bentuk Balai Laki menyerupai Palimbangan, namun ukurannya lebih kecil dan memiliki bentuk anjung yang berbeda.

Palimbangan: Rumah yang digunakan oleh golongan saudagar besar ini memiliki kemiripan dengan Balai Laki, namun Balai Laki menggunakan anjung pisang sasikat.

Cacak Burung: Rumah yang digunakan oleh rakyat biasa ini memiliki bentuk memanjang dari depan ke belakang dan menggunakan atap pelana serta atap limas.

Joglo: Ciri utama rumah ini adalah atap yang berbentuk trapesium. Sedangkan, bentuk   bangunan terdiri atas 3 susunan atap limas yang berderet ke belakang.

Perkembangan Arsitektur Banjarmasin Masa Kini

Kota Banjarmasin dikenal sebagai kota air dan dijuluki kota seribu sungai. Kota ini berada di tepi sungai Barito dan dibelah menjadi dua bagian oleh sungai Martapura. Bentuk aliran sungai yang berliku-liku dari hulu hingga ke hilirnya mempengaruhi pembentukan lingkungan, baik dari segi arsitektur maupun perkembangan arsitektur kotanya. 

Pada masa pemerintahan kolonial Belanda, Kota Banjarmasin dikembangkan sebagai kota Kanal, di mana elemen parit kota dibangun untuk memperlancar pengaliran air sungai. Untuk mendukung hal itu, beberapa kanal dibangun di pusat kota, dengan 5 tipe ragam kanal yang dikembangkan pada pusat Kota Banjarmasin. Perkembangan pesat arsitektur Kota Banjarmasin masa kini cenderung mengubah wajah kota air menjadi kota darat, khususnya pada kanal Kota Banjarmasin dan lingkungan tepian sungai. 

Pentingnya Jasa Arsitek Banjarmasin

Banjarmasin merupakan kota yang menjadikan sungai sebagai pusat aktivitas sehari-hari. Peran penting sungai dalam kehidupan masyarakat Banjarmasin mencakup sektor perdagangan, pariwisata, dan transportasi. Memperhitungkan faktor ini penting untuk menciptakan hunian yang ideal di Banjarmasin.

Faktor lainnya, seperti Iklim dan geografis, juga penting untuk dipertimbangkan. Kota Banjarmasin terletak di daerah kuala sungai Martapura yang bermuara pada bagian timur Sungai Barito. Kota Banjarmasin juga dipengaruhi oleh pasang surut air laut Jawa yang berdampak pada kehidupan masyarakat, khususnya peran sungai sebagai salah satu prasarana transportasi air, pariwisata, perikanan dan perdagangan.

Iklim Kota Banjarmasin termasuk tropis, di mana suhu udara rata-rata sekitar 25 °C – 38 °C, fluktuasi suhu harian berkisar antara 74-91%, saat musim kemarau kelembabannya rendah, yaitu sekitar 52% yang berlangsung pada Agustus, September dan Oktober. Saat musim kemarau sering terjadi masa kering yang panjang. Sedangkan, hujan lokal turun pada musim penghujan, yaitu pada November – April.

Untuk memperhitungkan aspek-aspek yang berlaku di Banjarmasin ke dalam arsitektur rumah bukan pekerjaan yang mudah. Dibutuhkan Jasa Arsitek Banjarmasin yang memiliki pengetahuan dan keahlian dalam mempertimbangkan semua aspek yang berlaku di Banjarmasin. Arsitek Banjarmasin mampu untuk memahami dan mengatasi aspek-aspek tersebut ke dalam proyek renovasi sehingga bisa mewujudkan hunian impian Anda.

Bagaimana menemukan Arsitek yang tepat di Banjarmasin? Bersama Homify, Anda bisa terhubung secara mudah dengan banyak Arsitek yang mumpuni dan berpengalaman di Banjarmasin. Saatnya berkonsultasi dengan profesional kami untuk realisasikan rumah impian.