34 Arsitek

Area

Apa keuntungan menggunakan jasa arsitek lokal?

Jika anda berlokasi di Bekasi, maka tentu lebih praktis menggunakan jasa arsitek lokal terdekat, untuk kota Bekasi hal ini terutama penting karena untuk membangun rumah terdapat beberapa hal yang sedikit berbeda dibanding kota besar lain disekitarnya.

Seperti apa perkembangan arsitektur di Bekasi?

Bekasi dulunya adalah ibukota kerajaan Tarumanegara, yang dulu areanya jauh lebih luas dan mencakup beberapa kota lain seperti Depok, Cibinong dan Bogor. Namun menurut para ahli sejarah dan fisiologi, area asli bekas ibukota Tarumanegara yang sesungguhnya adalah kota Bekasi yang sekarang. Karena letaknya yang berada di dekat Jakarta, Bekasi memiliki arsitektur yang cukup mirip dengan Jakarta. Selain itu harga properti juga sering terpengaruh fluktuasi harga properti dan tanah di ibukota. Gaya arsitektur di kota Bekasi memiliki sentuhan Eropa terutama gaya art deco, misalnya seperti Rumah Tuan Tanah Pebayuran. Menurut para Veteran bangunan ini dulu digunakan oleh mantan presiden pertama Ir. Soekarno untuk memberikan wejangan pada para pejuang sebelum berangkat ke Jakarta untuk diasingkan dalam rangka proklamasi kemerdekaan Indonesia.

Kenapa menggunakan jasa arsitek di Bekasi kini penting?

Setiap kota besar memiliki kondisi tersendiri dengan berbagai macam hal, misalnya seperti kondisi tanah, lanskap, infrastruktur, sumber air bersih, potensi bencana, arah matahari dan tentu untuk Jakarta kebisingan. Memperhitungkan seluruh faktor ini tentu sama sekali bukan hal yang mudah, namun para arsitek dan desainer sudah terlatih dan dididik khusus untuk mengatasi serta menganalisa hal tersebut.

Selain itu, mereka juga lebih memahami regulasi dan aspek legal di kota bersangkutan.

Berapa biaya membangun rumah di Bekasi?

Pada tahun 2016 harga properti di Bekasi mengalami kenaikan dengan rata-rata 2,16% namun tahun ini harga tanah stagnan pada harga sekitar 7,5 juta rupiah per meter persegi. Namun kini dengan adanya pembangunan tol Becakayu dan LRT ditambah dengan berlalunya masa lebaran harga rumah naik pada kisaran Rp. 350 – 600 juta.

Jika anda menggunakan jasa kontraktor, perhatikan juga hal-hal berikut ini:

Pastikan desain rencana anggaran biaya bangunan dihitung dengan akurat

Pastikan memiliki tim dengan tukang bangunan yang mumpuni di bidangnya masing-masing.

Memberikan layanan perawatan pada jangka waktu tertentu jika terjadi kebocoran atau defekt lainnya yang tidak terencana.

Berapa biaya izin membangun rumah di Bekasi?

Membangun rumah tinggal di Bekasi tentu juga membutuhkan IMB. IMB umumnya tidak memakan biaya lebih dari Rp. 5 juta, namun ada sedikit perbedaan untuk Bekasi:

IMB rumah baru: Rp. 3,5 juta

IMB renovasi: Rp. 3,5 juta jika tanah bebas masalah, dengan biaya tambahan Rp. 500.000,- hingga Rp. 1 juta tergantung jumlah kapling yang bermasalah.

IMB rumah lama: Antara Rp. 2-3 juta

Namun sebaiknya perhatikan aturan yang ada dengan baik, karena denda dapat memakan biaya sekitar Rp. 7-8 juta.

Tenaga profesional mana yang ada di wilayah Bekasi?

Kami memiliki banyak tenaga profesional yang mumpuni di bidangnya, yang berada di Bekasi. Baik arsitek maupun desainer interior, tanyakan langsung proses desain dan renovasi untuk mendapatkan hunian idaman anda.