5 Arsitek di Makassar

Area

Apa keuntungan menggunakan jasa arsitek lokal?

Jika anda berlokasi di Makassar, maka tentu lebih praktis menggunakan jasa arsitek lokal terdekat, untuk daerah Makassar hal ini terutama penting karena untuk membangun rumah diperlukan persyaratan yang lebih kompleks dibandingkan kota besar lainnya di Indonesia. Simak ulasan di bawah ini untuk keterangan lebih lengkap.

Seperti apa perkembangan arsitektur di Makassar?

Makassar merupakan salah satu daerah yang dahulunya merupakan wilayah Kerajaan Majapahit, namun konon katanya Makassar sendiri dahulunya dikembangkan oleh Raja Gowa yang kesembilan, yaitu Raja Tumaparisi Kallonna. Kota Makassar sendiri juga disebut sebagai Daeng yang berarti “kakak” atau gelar kehormatan; namun juga dikenal dengan nama Angin Mamiri, yang berarti “angin bertiup”.

Ada berbagai faktor yang mempengaruhi perkembangan arsitektur Makassar. Menjadi bagian wilayah kerajaan Muslim hanya salah satunya. Pada abad ke-16 Makassar menjadi salah satu pusat perdagangan di daerah Indonesia Timur, bahkan di Asia Tenggara. Potensi ini membuat Belanda (VOC) menginginkan hak monopoli di Makassar, sehingga pada periode ini tentu mengizinkan pengaruh arsitektur kolonial di kota Makassar, meskipun mungkin pengaruhnya tidak sebesar pada kota besar lainnya di Indonesia.

Kebudayaan Makassar sendiri seringkali dihubungkan dengan kebudayaan Bugis, sehingga sering disebut dengan kebudayaan Bugis-Makassar. Suku Bugis seringkali dikaitkan dengan bangsa Deutero Melayu, yang sesungguhnya masih keturunan suku India. Maka tidak heran dalam menulis, suku Bugis dan Makassar menggunakan aksara lontara yang berakar dari bahasa Sansekerta.

Karakter arsitektur kota Makassar yang paling dikenal adalah Sambulayang atau Timpalaja yang memiliki ciri khas pada bentuk atapnya. Pada dasarnya bangunan tradisional asli Makassar tidak memiliki konstruksi beton, meskipun banyak bangunan tua tradisional yang memiliki konstruksi beton karena pengaruh gaya kolonial Belanda. Misalnya Museum la Temmamala di Watansoppeng.

Kenapa menggunakan jasa arsitek di Makassar kini penting?

Setiap kota besar memiliki kondisi tersendiri dengan berbagai macam faktor, seperti kondisi tanah, lanskap, infrastruktur, sumber air bersih, potensi bencana, arah matahari. Memperhitungkan seluruh faktor ini tentu sama sekali bukan hal yang mudah, namun para arsitek dan desainer sudah terlatih dan dididik khusus untuk mengatasi serta menganalisa hal tersebut.

Selain itu, mereka juga lebih memahami peraturan dan aspek hukum di kota bersangkutan.

Berapa biaya membangun rumah di Makassar?

Harga tanah di Makassar makin melonjak di pusat kota harganya bisa mencapai Rp. 25 juta per meter persegi, namun daerah sekitar 4 km dari pusat kota harganya masih relatif terjangkau, yaitu Rp. 7 juta – Rp. 10 juta per meter perseginya. Harga paling terjangkau, tentu daerah yang relatif terpencil. Di daerah yang berjarak 20 km dari pusat kota, masih dimungkinkan untuk membeli tanah seharga Rp. 100.000,- hingga Rp. 1 juta per meter persegi. Tanah/properti di area ini masih merupakan investasi yang cukup baik karena aksesnya masih cukup baik, meskipun masih belum terjangkau transportasi umum.

Apa saja peraturan untuk membangun rumah di Makassar?

Membangun rumah tinggal di Makassar relatif mudah dibandingkan kota padat penduduk lainnya di Indonesia seperti Bandung atau Depok. Berikut persyaratan yang diperlukan:

Fotokopi surat kepemilikan tanah (2x) dengan dokumen asli

Fotokopi formulir yang sudah disahkan Lurah dan Camat

Fotokopi PBB (rangkap 2 tahun terakhir)

Fotokopi KTP (2x)

Pasfoto 3x4 (4x)

Sementara itu persyaratan lain yang harus diperhatikan dalam membangun rumah di Makassar adalah sebagai berikut:

Bangunan: situasi letak tata bangunan, GSP (Garis Sepadan Pagar) dan GSB (Garis Sepadan Bangunan)

Bentuk ukuran dan perlengkapan ruang yang memenuhi syarata keselamatan dan kesehatan umum

Tata ruang luar: saluran pembuangan, resapan air hujan

Presentase luas lantai terhadap pekarangan

Detail konstruksi dan bahan

Ketahanan konstruksi bangunan terhadap faktor bencana

Saluran air bersih, air kotor dan air hujan.

Instalasi listrik

Instalasi telpon.

Instalasi penangkal petir.

Tenaga profesional mana yang ada di wilayah Makassar?

Homify memiliki banyak tenaga profesional yang ahli di bidangnya, yang berlokasi di Makassar maupun daerah sekitarnya. Baik arsitek maupun desainer interior, konsultasikan desain dan proses renovasi yang anda inginkan untuk mendapatkan rumah idaman anda.