8 Arsitek di Bidang

Area

Apa keuntungan menggunakan jasa arsitek lokal?

Jika anda tinggal di Medan, maka tentu lebih praktis menggunakan jasa arsitek di sekitar anda. Simak ulasan di bawah ini untuk keterangan lebih lengkap.

Seperti apa perkembangan arsitektur di Medan?

Arsitektur Medan kaya karena memiliki sentuhan dari berbagai budaya dunia yang berbeda, seperti Melayu, Belanda, Cina dan Inggris. Ia seringkali dikenal sebagai Paris van Sumatera. Medan memiliki banyak bangunan bersejarah yang dulunya merupakan istana atau bangunan megah lainnya, seperti Istana Maimoon. Namun sama halnya dengan kota-kota besar lainnya di Indonesia, semakin banyak bangunan yang memiliki nilai sejarah berubah menjadi bangunan yang lebih mengakomodasi kebutuhan khalayak masa kini seperti universitas, mall, atau bahkan sekedar kantor pemerintah.

Contoh yang populer adalah gedung Mega Eltra, yang dulunya merupakan kantor perdagangan zaman Hindia Belanda, yang seharusnya dilestarikan karena keunikannya. Keistimewaannya terletak pada gaya arsitekturnya yang memadukan arsitektur Eropa dengan sentuhan tropis sehingga menjadi ciri khas yang tidak akan banyak ditemukan di pelosok dunia lain, namun pada tahun 2000 justru dipugar menjadi mall Palm Plaza. Contoh lainnya yang masih dianggap lebih baik karena dilindungi sebagai cagar budaya adalah kantor pos Medan yang terletak di titik nol. Bangunan ini merupakan karya arsitek Snuyf yang dulunya memegang jabatan Direktur Jawatan Pekerjaan Umum Belanda untuk Indonesia pada zaman penjajahan Hindia Belanda.

Perkembangan ini juga mengurangi area hijau secara drastis. Kota Medan hanya memiliki kurang lebih 7% area hijau, sehingga pohon pelindung di jalan pun cenderung minim. Infrastruktur yang berkembang untuk memfasilitasi kebutuhan masyarakat cenderung menguntungkan investor dengan mengubah bangunan berbudaya menjadi komersil.

Kenapa menggunakan jasa arsitek di Medan kini penting?

Setiap kota besar memiliki kondisi tersendiri dengan berbagai macam faktor, seperti kondisi tanah, lanskap, infrastruktur, sumber air bersih, potensi bencana, arah matahari dan tentu untuk Jakarta kebisingan. Memperhitungkan seluruh faktor tersebut tentu sama sekali bukan hal yang mudah, namun para arsitek dan arsitek interior sudah terlatih dan dididik khusus untuk mengatasi serta menganalisa hal tersebut, sehingga anda pasti dapat mempercayai kemampuan mereka. Terlebih lagi , mereka juga lebih memahami regulasi dan aspek legal di kota bersangkutan.

Berapa biaya membangun rumah di Medan?

Harga lahan bangunan dan tanah di Medan semakin melonjak drastis dari tahun ke tahun, dengan fluktuasi hingga 9% per tahun sehingga jangankan villa atau bungalow, membangun rumah tinggal pun semakin mahal. Angka ini merupakan angka tertinggi di seluruh Indonesia. Harga di Medan Polonia yang dulunya hanya Rp. 6-7 juta saja per meter perseginya, kini melonjak hingga Rp. 20 juta per meter persegi. Namun kebanyakan lonjakan harga hanya terdapat pada area yang terdapat di sekitar atau pinggir jalan besar saja. Sementara daerah lainnya yang lebih strategis seperti Bandara Polonia, Balai Kota Medan, DPR dan Sudirman harganya sudah melambung hingga Rp. 100-200 juta rupiah.

Apa saja peraturan untuk membangun rumah di Medan?

Sama seperti Bandung, IMB Medan memiliki detail tersendiri dalam persyaratannya, yang dibuat sesuai Perda No. 9 tahun 2002 Bab III Pasal 4, yang diajukan kepada Walikota Medan dan diinformasikan kepada Kepala Dinas Tata Kota beserta Tata Bangunan Kota Medan.

Persyaratan Administrasi

Surat Permohonan IMB yang sudah diisi.

Fotokopi KTP

Fotokopi SPPT dan Pelunasan PBB tahun terakhir.

Surat-surat tanah : sertifikat yang dilegalisir beserta akta jual beli Notaris dan Camat.

Surat kuasa (jika tanah bukan milik anda).

Surat rekomendasi bank jika tanah sedang diagunkan.

Persyaratan Teknis

Gambar Rencana Bangunan (rangkap tiga)

Denah tampak depan dan samping

Denah potongan secara memanjang dan melintang

Gambar konstruksi yang meliputi pondasi, kolom, lantai, tangga, atap, dst.

Area resapan, septik tank

Denah bagian pagar

Perhitungan Konstruksi yang dibuat oleh konsultan dan ditandatangani oleh perencana

Perhitungan rencana anggaran biaya (RAB) untuk jika terdapat menara, tugu atau cerobong asap.

Tenaga profesional mana yang ada di wilayah Medan?

Homify memiliki banyak tenaga profesional yang mumpuni di bidangnya, yang berlokasi di Jakarta. Baik arsitek maupun desainer interior, konsultasikan desain dan proses renovasi yang anda inginkan untuk mendapatkan rumah idaman anda.