4 Arsitek di Palembang

Area

Apa keuntungan menggunakan jasa arsitek lokal?

Jika anda berlokasi di Palembang, maka tentu lebih praktis menggunakan jasa arsitek lokal terdekat, untuk daerah Palembang hal ini terutama penting karena untuk membangun rumah diperlukan persyaratan yang lebih kompleks dibandingkan kota besar lainnya di Indonesia. Simak ulasan di bawah ini untuk keterangan lebih lengkap.

Seperti apa perkembangan arsitektur di Palembang?

Kota Palembang memiliki kondisi tanah yang sangat berbeda dengan kota besar lainnya di Indonesia. Sejak awal kota Palembang memang dikelilingi sumber air, sehingga lebih dari 50% tanahnya digenangi air. Maka wajar jika konon katanya Palembang berasal dari bahasa Melayu, pa dan lembang yang jika digabungkan artinya “Menunjuk ke area yang membengkak karena digenangi air.”

Palembang sendiri merupakan kota tertua di Indonesia, yang dulunya merupakan bagian dari Kerajaan Sriwijaya pada abad ke-6 dan 7. Palembang dulu merupakan pusat kekuatan politik dan ekonomi Kerajaan Sriwijaya yang merupakan kerajaan maritim terbesar pada masanya. Pada zaman tersebut, penduduknya digambarkan hidup di atas rakit sementara para petinggi hidup di atas tanah, di rumah bertiang tinggi.

Sebagai daerah maritim tentu berarti banyak pendatang lain, termasuk etnis lain seperti Arab, Cina dan Persia. Sehingga wajar bahwa banyak bangunan tua seperti masjid dan vihara. Arsitektur khas Palembang sendiri disebut rumah limas, tingkat bangunan atau kijing tergantung dari keturunan pemiliknya. Terdapat tiga garis keturunan yaitu Kiagus, Kemas dan Massagus, serta Raden. Kiagus merupakan golongan terendah, yang di tengah adalah Kemas/Massagus, kemudian yang tertinggi adalah kaum Raden.

Kenapa menggunakan jasa arsitek di Palembang kini penting?

Setiap kota besar memiliki kondisi tersendiri dengan berbagai macam faktor, seperti kondisi tanah, lanskap, infrastruktur, sumber air bersih, potensi bencana, arah matahari. Memperhitungkan seluruh faktor ini tentu sama sekali bukan hal yang mudah, namun para arsitek dan desainer sudah terlatih dan dididik khusus untuk mengatasi serta menganalisis hal tersebut.

Selain itu, mereka juga lebih memahami peraturan dan aspek hukum di kota bersangkutan.

Berapa biaya membangun rumah di Palembang?

Sama seperti kota besar lainnya di Indonesia, harga tanah dan properti di Palembang juga meroket dengan cepat. Untuk lokasi strategis, harga tanah dapat melambung hingga Rp. 10-15 juta rupiah per meter persegi, namun di jalan protokol bisa mencapai Rp. 20 juta per meter perseginya. Sementara itu diperkirakan harga akan semakin melejit begitu pembangunan tol trans Sumatera dan jalur kereta api se-Sumatera selesai dibangun. Meski demikian, di daerah yang bukan di pusat kota masih terdapat cukup banyak lahan terjangkau, yang harganya masih di kisaran Rp. 1 juta per meter persegi.

Apa saja peraturan untuk membangun rumah di Palembang?

Membangun rumah tinggal di Palembang relatif mudah dibandingkan kota padat penduduk lainnya di Indonesia seperti Bandung atau Depok. Namun kesadaran masyarakat untuk mendapatkan IMB resmi sebelum membangun rumah masih dirasa kurang oleh pemerintah setempat, banyak yang masih menganggap IMB kurang penting. Pemerintah akan memberikan peringatan melalui satpol PP sebanyak 3-4 kali, namun jika setelah itu masih tidak dihiraukan maka bangunan tersebut akan dibongkar. Padahal proses membuat IMB hanya memakan 14 hari kerja saja. Bukan hanya itu, tapi dari tahun 2014 IMB di Palembang bisa diajukan dari rumah saja, alias online.

Aturan membangun di Palembang sendiri diatur oleh:

Pasal 5 ayat 1 Perda No.7 tahun 2009

Perda No.5 tahun 2010 tentang izin mendirikan bangunan

Perda No.8 tahun 2010 tentang retribusi izin mendirikan bangunan

Apa saja syarat untuk mengajukan IMB di Palembang?

Berikut ini dokumen yang harus dipersiapkan:

Surat permohonan

Fotokopi KTP pemohon

Fotokopi sertifikat tanah

Surat bukti terdaftar PPAT jika belum memiliki sertifikat tanah (bukti bahwa tanah bukan tanah sengketa)

Fotokopi bukti PBB tahun terakhir

Surat persetujuan membangun dari tetangga dengan diketahui oleh RT, Lurah dan Camat

Berita acara kajian lingkungan untuk bangunan yang memiliki dampak pada lingkungan

Gambar rancangan arsitektur bangunan (7x)

Detail rancangan bangunan oleh konsultan ber-SBIP untuk bangunan lebih luas dari 400 m2 atau bangunan rumah tinggal lebih luas dari 300 m2

Rancangan konstruksi beton bertulang/baja jika bangunan bertingkat lebih luas dari 25 m2 (5x)

Tenaga profesional mana yang ada di wilayah Palembang?

Homify memiliki banyak tenaga profesional yang ahli di bidangnya, yang berlokasi di Palembang maupun daerah sekitarnya. Baik arsitek maupun desainer interior, konsultasikan desain dan proses renovasi yang anda inginkan untuk mendapatkan rumah idaman anda.