12 Arsitek di Semarang

Area

Apa keuntungan menggunakan jasa arsitek lokal?

Jika anda berlokasi di Semarang, maka tentu lebih praktis menggunakan jasa arsitek lokal terdekat. Simak ulasan menarik di bawah ini untuk keterangan lebih lengkap.

Seperti apa perkembangan arsitektur di Semarang?

Perkembangan arsitektur kota Semarang bukan hanya dipengaruhi oleh fakta sejarah, namun juga kondisi geografis karena kota Semarang dibangun diatas bekas rawa. Sementara itu di Semarang terdapat pula pengaruh budaya Indis, yaitu bentuk akulturasi yang terpengaruh oleh budaya Eropa. Dikatakan budaya Eropa karena jauh sebelum kedatangan Belanda, Indonesia sudah ditandangi oleh India, Cina, Arab dan Portugis.

Salah satu ikon arsitektur budaya Semarang adalah Lawang Sewu, yang kini menjadi tujuan turis populer di jalan Pemuda, bundaran Tugu Muda Semarang yang dulu disebut Wilhelmina Plein. Jalan Pemuda sendiri dahulu bernama Bodjongweg. Bangunan ini dirancang oleh arsitek bernama P de Rieu yang juga merancang gedung utama kantor NIS.

Kenapa menggunakan jasa arsitek di Semarang kini penting?

Setiap kota besar memiliki kondisi tersendiri dengan berbagai macam variabel, seperti kondisi tanah, lanskap, infrastruktur, sumber air bersih, potensi bencana, arah matahari dan tentu untuk Semarang kebisingan. Memperhitungkan seluruh faktor ini tentu sama sekali bukan hal yang mudah, namun para arsitek dan desainer sudah terlatih dan dididik khusus untuk mengatasi serta menganalisa hal tersebut.

Selain itu, mereka juga lebih memahami regulasi dan aspek legal di kota bersangkutan.

Berapa biaya membangun rumah di Semarang?

Tentu RAB (Rencana Anggaran Bangunan) tergantung dari desain yang diinginkan, apakah rumah tersebut nantinya akan jadi rumah tinggal sederhana, menengah atau mewah. Terdapat juga faktor lain, misalnya apakah biaya membangun (material dan tenaga) per meter persegi dilakukan secara borongan, serta kemudahan akses lokasi. Kemudahan akses memungkinkan transportasi materi seperti pasir, tanah, beton, dsb dalam skala besar dan dalam waktu lebih singkat, juga kemungkinan akses air dan listrik.

Biaya yang dihitung berdasarkan luas tanah (materi dan tenaga kerja) berkisar mulai dari Rp. 2.500.000,- hingga Rp.5.000.000,-. Namun hal ini tentu juga dipengaruhi oleh materi bangunan yang anda pilih, misalnya granit, kayu, keramik, dst dan juga jumlah lantai dalam bangunan. Karena suhu yang relatif tinggi di Semarang, pemilihan materi bangunan juga sebaiknya disesuaikan karena rumah sangat disarankan untuk memiliki ventilasi maksimal.

Apa saja peraturan untuk membangun rumah di Semarang?

Berikut ini dasar hukum untuk membangun di kota Semarang:

Perda Kotamadya Daerah Tingkat II Semarang No. 17 Th. 1998 tentang retribusi izin mendirikan bangunan.

Perda Kota Semarang No.5 Th.2009 tentang bangunan gedung

Keputusan walikota Semarang no.640/488 Th.2000 tentang tata cara pemberian dan pembayaran angsuran, pengurangan, keringanan dan pembebasan retribusi izin gangguan dan izin mendirikan bangunan.

Keputusan walikota semarang No.875.½ Th.2011 tentang pendelegasian weweanang penandatanganan perizinan dan non-perizinan kepada Kepala Badan Pelayanan Perizinan Terpadu (BPPT) kota Semarang.

Tenaga profesional mana yang ada di wilayah Semarang?

Homify memiliki banyak tenaga profesional yang mumpuni di bidangnya, yang berlokasi di Semarang. Baik arsitek maupun desainer interior, konsultasikan desain dan proses renovasi yang anda inginkan untuk mendapatkan rumah idaman anda.