47 Arsitek di Tangerang

Area

Apa keuntungan menggunakan jasa arsitek lokal?

Jika anda berlokasi di Tangerang, maka tentu lebih praktis menggunakan jasa arsitek lokal terdekat. Simak ulasan di bawah ini untuk keterangan lebih lengkap.

Seperti apa perkembangan arsitektur di Tangerang?

Tangerang merupakan sebuah sudut di Indonesia yang sedikit berbeda dengan kota lainnya yang memiliki sentuhan Belanda, karena sejak dahulu Tangerang banyak ditinggali oleh etnis Cina. Karena itu wajar saja jika bangunan bersejarahnya banyak yang memiilki ciri khas budaya Cina seperti kelenteng Boen Tek Bio, atau pasar lama. Namun banyak juga bangunan tua lainnya yang menunjukkan toleransi antar budaya di Tangerang, seperti Masjid Jami Kali Pasir, Museum Benteng Heritage, dan Vihara Padumuttara. Namun demikian, nama Tangerang sendiri digunakan secara lebih resmi pada zaman pendudukan Jepang.

Sejarah datangnya etnis Tionghoa di Tangerang sendiri mulai sekitar tahun 1407 setelah sebuah kapal pimpinan panglima Ha Lung dari Tiongkok terdampar di kecamatan teluk Naga. Pada akhirnya rombongan tersebut menetap di teluk Naga dan menikah dengan penduduk lokal.

Namun pada akhirnya banyak pula orang Tionghoa yang berdatangan karena Tangerang memiliki lokasi yang strategis. Kebanyakan adalah pedagang Tiongkok yang pada akhirnya menjadi tuan tanah karena membeli tanah dari Belanda. Tangerang sendiri juga sering disebut sebagai kota Benteng, salah satu alasannya karena dahulu Sultan Agung Tirtayasa dan VOC membangun benteng di sepanjang muara Cisadane, termasuk beberapa daerah perbatasan wilayah. Namun penduduk kota Tangerang mengatakan bahwa nama Tangerang itu sendiri berasal dari Bahasa Sunda, yang berarti “tanda”. Yang dimaksud tanda itu sendiri adalah tugu batas wilayah Banten dan VOC yang didirikan oleh Pangeran Sugri (putra Sultan Agung Tirtayasa), dan kini berada di ujung jalan Otto Iskandardinata. Dari cerita diatas, dapat disimpulkan bahwa pengaruh arsitektur kolonial dan Cina memiliki pengaruh penting di Tangerang.

Kenapa menggunakan jasa arsitek di Tangerang kini penting?

Setiap kota besar memiliki kondisi tersendiri dengan berbagai macam variabel, seperti kondisi tanah, lanskap, infrastruktur, sumber air bersih, potensi bencana, arah matahari dan tentu untuk Tangerang kebisingan. Memperhitungkan seluruh faktor ini tentu sama sekali bukan hal yang mudah, namun para arsitek dan desainer sudah terlatih dan dididik khusus untuk mengatasi serta meneliti hal tersebut.

Selain itu, mereka juga lebih memahami peraturan dan aspek legal di kota bersangkutan.

Berapa biaya membangun rumah di Tangerang?

Biaya membangun rumah kelas menengah di Tangerang tidak terlalu mahal, kira-kira sekitar Rp. 6-8 juta per meter persegi, tergantung dari struktur rumah yang dipilih. Para ahli mengatakan, beberapa tahun terakhir harga tanah di Tangerang meningkat sangat pesat. Harga tanah di Tangerang yang masih relatif lebih murah dibanding daerah di sekitarnya berubah dari Rp. 750.000,- per meter persegi pada tahun 2010 melonjak jadi Rp. 4,5 juta di tahun 2015. Dapat diamati bahwa peningkatan harga per tahunnya dapat mencapai 50%.

Apa saja peraturan untuk membangun rumah di Tangerang?

Hukum membangun di Tangerang diatur oleh peraturan dibawah ini:

Perda No.10 tahun 2001 tentang izin mendirikan bangunan, sebagaimana telah diubah dengan Perda No.10 tahun 2006 tentang perubahan atas Perda No.10 tahun 2001 tentang IMB yang diberikan Pemerintah Kabupaten Tangerang

IMB sendiri bertujuan agar proses pembangunan sesuai dengan:

RTR (Rencana Tata Ruang)

KDB (Koefisian Dasar Bangunan)

KLB (Koefisien Lantai Bangunan)

Ketinggian sesuai syarat keselamatan bangunan

Sementara itu dibawah ini merupakan syarat untuk mendapatkan IMB di Tangerang:

Rekap advice planning, izin pemanfaatan ruang dan site plan

Rekap surat izin lokasi atau aspek tata guna tanah

Rekap sertifikat hak tanah atau bukti kepemilikan/perolehan tanah

Rekap acuan AMDAL

Rekap UKL (Upaya Pengelolaan Lingkungan)

Tenaga profesional mana yang ada di wilayah Tangerang?

Homify memiliki banyak tenaga profesional yang mumpuni di bidangnya, yang berlokasi di Tangerang. Baik arsitek maupun desainer interior, konsultasikan desain dan proses renovasi yang anda inginkan untuk mendapatkan rumah idaman anda.