Arsitek Interior di Banjarmasin | homify

1 Arsitek Interior di Banjarmasin

Area

Interior Arsitek Banjarmasin

Banjarmasin merupakan kota yang daratannya dibelah oleh banyak sungai sehingga dijuluki sebagai Kota 1000 Sungai. Banyaknya jumlah sungai dengan berbagai ukuran yang mengaliri kota Banjarmasin membentuk konfigurasi alam unik yang tidak dimiliki oleh kota-kota lain di seluruh dunia. Keunikan alam tersebut menjadi salah satu modal untuk pembangunan jangka panjang dan membuka peluang yang menjanjikan bagi Banjarmasin untuk menjadi kota dengan lanskap dan tata ruang paling indah dan unik di dunia.

Seiring dengan perkembangan kota yang pesat, Banjarmasin diproyeksikan untuk menjadi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata Berbasis Ekologi Sungai. Hal itu didasarkan pada predikat Banjarmasin yang dijuluki sebagai Kota 1000 Sungai dan melestarikan kekayaan alam berupa sungai yang secara budaya dan sejarah telah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat Banjarmasin.

Dengan pembangunan infrastruktur Banjarmasin yang pesat, mulai dari transportasi, fasilitas umum, serta sarana dan prasarana, berdampak pada kebutuhan akan hunian yang meningkat. Jika Anda ingin membangun rumah yang ideal di Banjarmasin, simak informasi penting berikut.

Sejarah Perkembangan Arsitektur Banjarmasin

Perkembangan sosial dan politik kerajaan-kerajaan di Kalimantan Selatan, termasuk latar belakang terbentuknya, memberikan pengaruh yang signifikan terhadap arsitektur tradisional Banjarmasin. Dari aspek sejarah, arsitektur tradisional Banjarmasin merupakan kelanjutan dari kebudayaan masyarakat tradisional, yaitu masyarakat sungai (Melayu) yang berada di sepanjang tepi sungai atau yang lebih dikenal dengan Banjar.

Salah satu bentuk rumah tradisional masyarakat Banjar adalah Rumah Bubungan Tinggi. Rumah ini memiliki struktur yang seluruhnya terbentuk dari konstruksi kayu dan membentuk satu kesatuan sistem struktur rangka yang stabil dan kuat. Dari aspek konstruksi dan desain rumah, Rumah Bubungan Tinggi dibangun dengan tujuan untuk jangka waktu yang lama.

Kunci dari kestabilan dan kekuatan Rumah Bubungan Tinggi terletak pada sistem struktur rangka yang dibentuk oleh 3 elemen utama, yaitu elemen balok watun (watun barasuk), elemen tiang (tihang), dan elemen balok pengaku (panapih). ketiga elemen tersebut saling menguatkan dan mengikat dan menyatukan bangunan.

Pada perkembangan selanjutnya, arsitektur tradisional Masyarakat Banjar juga dipengaruhi oleh kebudayaan atau agama lain, seperti Jawa, Dayak, Islam, Hindu, dan kepercayaan lain. Keunggulan utama arsitektur tradisional Masyarakat Banjar adalah wujud fisik yang dibangun dengan tujuan untuk menjaga lingkungan dan alam di sekitarnya.

Perkembangan Desain Interior Banjarmasin Masa Kini

Kehidupan yang tidak lepas dari peran sungai membentuk sikap masyarakat Banjarmasin yang peduli terhadap alam dan lingkungan. Hal ini tercermin dari desain bangunan dan dekorasi ramah lingkungan yang diterapkan oleh Hotel Pop Banjarmasin. Hotel ini mengusung konsep go green dalam berbagai aspek, mulai dari desain gedung hingga kegiatan operasionalnya, contohnya pemanfaatan solar panel untuk mengurangi konsumsi energi listrik dan sistem pengelolaan sampah dengan cara memisahkan sampah sesuai kategori.

Hotel ini memiliki tata ruang koridor yang dirancang sedemikian rupa untuk memudahkan aliran udara segar yang masuk tanpa menggunakan pendingin udara. Selain itu, konstruksi dinding gedung hotel juga menggunakan beton precast. Hal ini bertujuan untuk mengurangi kelebihan semen yang signifikan.

Dari segi desain interior, seluruh sudut hotel, mulai dari kamar, lorong, lobi, hingga bagian eksterior hotel didekorasi dengan konsep penuh warna dan minimalis. Furnitur lobi menggunakan warna-warna yang hidup, dan setiap pintu kamar menggunakan warna-warna cerah, seperti kuning, merah, oranye, dan biru. Dinding hotel yang didominasi dengan warna putih dengan aksen hiasan berwarna-warni di berbagai sudut ruangan, semakin memperkuat kesan berwarna.

Pentingnya Jasa Interior Arsitek Banjarmasin

Banjarmasin merupakan kota yang memiliki keterikatan fisik dan psikologis yang kuat terhadap sungai. Hal ini berpengaruh pada pola pembentukan lingkungan Kota Banjarmasin, baik dalam hal rancang bangun arsitektur bangunan maupun perkembangan tata ruang kota yang tidak terlepas dari peran sungai sebagai elemen utama pembentuk wilayahnya.

Namun, dengan pesatnya pembangunan infrastruktrur dan perkembangan sosial Kota Banjarmasin selama beberapa tahun terakhir, secara perlahan Kota Banjarmasin mengalami perubahan orientasi tata ruang kota. Hal ini terlihat dari arah perubahan wajah kota dari kota sungai menjadi kota darat, khususnya kanal di Kota Banjarmasin dan lingkungan tepi sungai.

Kondisi topografi berupa tanah lunak (sungai, rawa, atau berair) juga berpengaruh pada perkembangan budaya, ekonomi, pertanian, dan sosial kemasyarakatan Kota Banjarmasin yang bercirikan masyarakat lahan basah. Selain itu, Banjarmasin memiliki sumber daya alam berupa kayu yang melimpah dan mendominasi kehidupan masyarakat, termasuk untuk peralatan dan bahan bangunan.

Semua aspek yang berlaku di atas sangat penting untuk menciptakan hunian yang ideal di Banjarmasin. Oleh karena itu, diperlukan pemahaman tentang aspek-aspek yang berlaku di Banjarmasin. Namun, hal itu bukan pekerjaan yang mudah. Dibutuhkan Jasa Interior Arsitek Banjarmasin yang memiliki pengetahuan dan keahlian dalam merancang dan membangun rumah yang ideal di Banjarmasin. Interior Arsitek Banjarmasin mampu memahami dan mengatasi aspek-aspek yang berlaku di Banjarmasin, sehingga pengerjaan proyek renovasi rumah impian Anda menjadi lebih mudah dan cepat terselesaikan.

Bagaimana menemukan Interior Arsitek yang tepat di Banjarmasin? Dengan Homify, Anda akan terhubung dengan banyak Interior Arsitek yang mumpuni dan berpengalaman di Banjarmasin. Konsultasikan proyek renovasi rumah impian Anda dengan profesional kami sekarang.

Telusuri gambar terkait