8 Arsitek Interior di Surabaya

Area

Arsitek Interior di Surabaya

Perbedaan antara arsitek, arsitek interior dan desainer interior

Sering kali istilah arsitek dipahami sebagai seseorang yang bertugas merancang dan mengawasi proses pembuatan konstruksi bangunan. Padahal lingkup pekerjaan seorang arsitek tidak terbatas pada perencanaan dan pembangunan. Arsitek juga bertanggung jawab pada lingkup interior ruangan, lingkup kompleks bangunan, bahkan hingga lingkup kota dan regional. Ahli dalam bidang ilmu arsitektur atau ilmu rancang bangun lingkungan binaan adalah istilah yang lebih tepat untuk mendefinisikan tugas seorang arsitek.

Kesalahan lain yang sering terjadi adalah menyamakan antara istilah arsitek interior dan desainer interior. Meskipun sama-sama terlibat dalam penataan ruangan, namun tugas dua profesi ini sebenanrnya berbeda. Merancang penataan ruangan agar nyaman dan sesuai dengan kebutuhan serta kenyamanan penggunanya, inilah tugas seorang desainer interior. Untuk itu, seorang desainer interior biasanya juga ahli dalam hal memilih bahan, furnitur, serta dekorasi yang sesuai dengan gaya interior ruangan.

Sedangkan arsitektur interior adalah pengembangan dari bidang pekerjaan desainer interior. Arsitek interior bertanggung jawab merancang tampilan dan gaya interior sebuah ruangan dengan memperhatikan aspek-aspek teknis, sosial, dan estetika agar mendukung terciptanya sebuah ruangan yang nyaman dan sesuai kebutuhan. Arsitek interior wajib memperhitungkan hal-hal seperti instalasi listrik dan air, privasi dan keamanan pengguna/ pemilik ruanga. Arsitek interior wajib mampu membuat dan mempresentasikan ide dalam bentuk desain tiga dimensi. Ia sebaiknya adalah seseorang yang mampu menyampaikan ide secara komunikatif dan mampu memahami kebutuhan kliennya. Untuk mendalami profesi ini seseorang harus menempuh pendidikan khusus di bidang arsitektur interior dan memiliki pengetahuan tentang kewirausahaan.

Mencari arsitek interior di Surabaya

Surabaya sebagai kota terbesar di Propinsi Jawa Timur tengah mengukuhkan namanya sebagai pusat industri dan bisnis. Beragam profesi mendapat kesempatan untuk berkembang, termasuk profesi arsitek interior. Saat ini, arsitek interior lokal yang bekerja secara independen masih sulit ditemukan. Biasanya jasa arsitek interior ditawarkan sebagai bagian dari jasa sebuah biro atau konsultan arsitektur, dan bisa disewa secara individu melalui biro itu atau satu paket dengan jasa rancang bangun rumah. Cukup ketik “arsitek Surabaya' di mesin pencari, kemudian bisa dipetakan mana saja biro arsitek yang juga menyediakan jasa arsitek interior. Calon klien juga bisa mencari arsitek interior yang diinginkan melalui referensi majalah desain atau website direktori arsitek. Di website semacam ini calon klien bisa memilih jasa arsitek interior baik untuk keperluan arsitektur rumah maupun arsitektur komersial.

Tips sukses bekerja bersama arsitek interior

Sebelum menyewa jasa arsitek interior pilihan Anda, harus dipahami bahwa Anda dan arsitek interior nantinya akan bekerja sama untuk mewujudkan ide interior Anda menjadi kenyataan. Agar tercipta kerja sama yang efektif, ada baiknya Anda memperhatikan hal-hal berikut ini:

1. Portofolio

Apakah yang calon klien butuhkan, jasa arsitek interior untuk rumah atau bangunan komersial? Sudahkah calon klien mengetahui secara detil tentang kondisi lahan dan lingkungan di sekitarnya? Hal-hal ini diperlukan calon klien untuk mencari arsitek interior yang bukan hanya profesional, namun telah berpengalaman menangani kebutuhan dan kondisi serupa dari sisi calon klien. Calon klien sebaiknya melakukan riset tentang latar belakang pendidikan kandidat arsitek interiornya, spesialisasi, sertfikasi, dan proyek apa saja yang pernah dikerjakan.

2. Referensi

Sebelum mengadakan pertemuan dengan arsitek interior dan atau arsitek, ada baiknya seorang calon klien sudah memiliki gambaran tentang tampilan interior yang dikehendaki. Lebih baik lagi jika calon klien mempunyai banyak referensi gambar gaya interior, bahan lantai, bentuk rangka atap, dan lain-lain, yang diperlukan untuk menciptakan suasana ruangan nyaman namun fungsional.

3. Komunikasi

Klien dan arsitek interior adalah dua individu dengan aktivitas padat. Jika tidak bisa bertemu langsung, kedua pihak bisa memanfaatkan kecanggihan teknologi untuk berkomunikasi. Komunikasi yang terbuka dan intens akan sangat bermanfaat bagi tercapainya target proyek. Selain mengemukakan ide, keinginan dan kebutuhannya, klien sebaiknya juga menjelaskan tentang ketersediaan bujet yang dimiliki. Hal ini sangat penting dilakukan agar arsitek interior bisa merancang ruangan yang sesuai dengan bujet klien.

4. Pembiayaan

Arsitek interior juga perlu memberikan rencana pembiayaan pekerjaan interior jauh-jauh hari sebelum pekerjaan interior dilaksanakan. Biaya pembuatan gambar kerja juga termasuk dalam rincian biaya ini, meskipun hal itu bisa dilakukan oleh pihak lain mengingat penyedia jasa desain gambar rumah tiga dimensi juga tidak sulit ditemukan.

Biaya pekerjaan interior dan pembuatan gambar desain interior tiga dimensi bisa bervariasi antara satu kota dan kota lainnya. Demikian juga biaya pekerjaan interior itu sendiri, tergantung jenis pekerjaan dan tingkat kesulitannya. Pekerjaan memasang wallpaper, misalnya, bisa berkisar antara Rp 150 ribu sampai Rp 300 ribu bila dilakukan secara borongan. Sedikit mahal karena terbatasnya tenaga atau pekerja yang ahli di bidang ini. Sementara biaya pemasangan dapur IKEA saat ini ditetapkan berdasarkan jenis pekerjaan. Survei lapangan dan pengukuran memerlukan biaya mulai dari Rp 300 ribu. Perakitan kabinet dapur dan pemasangan bak cuci dan keran membutuhkan biaya Rp 800 ribu per meter. Sedangkan biaya pemasangan meja dapur berkisar Rp 200 ribu per meternya.

Sementara biaya desain interior umumnya ditentukan berdasarkan luas bangunan. Berdasarkan pengamatan homify, biaya pembuatan gambar kerja di Surabaya saat ini berkisar antara Rp 20 ribu per meter luas bangunan. Biaya itu sudah mencakup denah lantai, denah atap, denah pintu dan jendela, detail kamar mandi, denah titik lampu, denah instalasi air bersih, detil resapan, denah tangga dan detil, detil pintu dan jendela, denah pondasi, dan gambar tiga dimensi fasad depan.