29 Arsitek Interior di Tangerang

Area

Sampai saat ini masyarakat awam masih tidak bisa membedakan arsitek interior dan desain interior. Saat menyewa jasa arsitek, terkadang ada yang menganggap jika sang arsitek juga bisa berperan dalam mendesain interior. Tentu saja selalu membuat bingung bagi seorang arsitek untuk menjelaskan ruang lingkup kerjanya. Perbedaan antara keduanya adalah sebagai berikut: arsitek punya berbagai pemikiran tentang segudang angka, garis, dan sudut. Arsitek interior bisa merancang semua jenis bangunan, seperti rumah tinggal, hotel, tempat ibadah, apartemen, dan sebagainya. Mereka bekerja dalam tim dan mengkomunikasikan semuanya sebelum merencanakan desain. Ini artinya arsitek lebih kepada perhitungan matang dan logika untuk menciptakan bangunan yang sesuai dengan fungsinya, yang aman serta nyaman untuk pemilik/penghuninya. Sedangkan desainer interior merupakan sosok yang paling tepat untuk menginginkan ruangan yang indah nan artistik. Desainer punya keterampilan khusus untuk mendesain estetika ruang. Mereka telah terlatih secara profesional untuk menata interior semua jenis bangunan.

Bagaimana mendapatkan arsitek interior yang benar di kota tangerang?

Untuk mendapatkan arsitek interior yang ahli di kota Tangerang bisa dengan langkah-langkah berikut:

1. Koneksi

Koneksi adalah cara yang paling umum digunakan saat orang ingin mencari arsitek. Bila kita cukup beruntung, mungkin kita sendiri mengenal beberapa teman atau saudara yang berprofesi sebagai arsitek sehingga bisa langsung menghubungi mereka ketika kita jika ingin berkonsultansi. Oleh karena sudah kenal cukup lama, tentunya akan sangat mudah bagi kita untuk berkomunikasi dengan mereka, menceritakan ide-ide dan mimpi-mimpi kita mengenai interior rumah yang ingin kita bangun.

2. Referensi

Cara referensi adalah cara lain yang paling sering digunakan untuk mencari arsitek. Biasanya kita akan bertanya ke teman atau saudara kita, Keuntungan dari cara ini adalah kita bisa mendapatkan info yang cukup banyak mengenai arsitek tersebut dari teman / saudara kita, terlebih yang pernah menggunakan jasanya. Kita dapat menyambangi rumah / kantor / restoran milik teman kita yang didesain oleh arsitek tersebut untuk melihat langsung bagaimana hasil karya interiornya. Kita dapat juga mendengar langsung dari teman kita mengenai jati dirinya, pengalaman kerja, dan jasa-jasa yang ditawarkan beserta estimasi biayanya.

3. Mencari di Majalah/Tabloid Desain

Saat ini telah banyak majalah/tabloid desain yang terbit dalam bahasa Indonesia. Biasanya majalah/tabloid tersebut akan mengupas beberapa arsitek interior Tangerang yang sedang naik daun dengan prestasi-prestasi proyek interior yang menjadi popular, seperti misalnya restoran kekinian yang sering muncul di Instagram, atau rumah selebriti yang sedang naik daun, atau gedung kampus baru yang menggunakan teknologi arsitektur yang ramah lingkungan.

4. Internet

Salah satu cara lain untuk mencari asitek interior Tangerang saat ini adalah menggunakan website direktori arsitek seperti homify. Di website ini, kita akan dapat melihat berbagai macam karya arsitek interior dari seluruh Indonesia dan juga luar negeri. Dengan begitu, kita disajikan berbagai macam pilihan arsitek interior dengan ciri khas karyanya masing-masing. Selain itu, bisa mendapatkan arsitek interior lewat forum, media sosial karena lebih yakin bisa lihat langsung katalog-katalog mereka sebelum melakukan kontak dan lebih efisien daripada dilihat di media cetak.

Jenis layanan apa saja yang ditawarkan oleh arsitek interior di kota tangerang?

Cakupan pekerjaan seorang arsitek interior di kota tangerang sama saja dengan kota-kota lain di Indonesia seperti membuat perencanaan, pembuatan desain, peletakan interior di dalam rumah, hingga jasa pengawasan. Jadi, jasa arsitek interior tidak hanya selesai sampai tahap penggambaran desain saja, mereka pun dapat melakukan cek dan ricek terhadap pekerjaan kontraktor di lapangan jika memang dibutuhkan. Harga yang ditawarkan dimulai pada Rp 2 Juta/m2 (sudah termasuk desain 2D&3D, Rencana Anggaran Biaya (RAB), material dan pengerjaan)

Apa saja jenis lisensi/sertifikat arsitek interior yang ada di kota tangerang?

Sertifikat untuk arsitek interior ini diperoleh melalui program sertifikasi Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) atau diberikan oleh Kementerian Pekerjaan Umum sama seperti daerah-daerah lainnya yang ada di Indonesia. Terdiri dari tiga tingkatan yaitu pratama, media & utama.

Tingkat sertifikasi paling bawah adalah Pratama. Arsitek dengan sertifikasi ini mendesain ruangan-ruangan rumah dengan total luas 500 meter persegi. Sementara satu tingkat di atasnya adalah Madya dengan luasan ruang yang ditangani desainer maksimal 1.000 meter persegi. Jenis properti yang didesain juga tidak harus rumah atau residensial, melainkan gedung komersial. Tingkat sertifikasi terakhir dan teratas adalah Utama dengan tugas yang komplikasi. Arsitek dengan sertifikasi ini juga bertindak sebagai manajemen dan eksekutor. Artinya, bisa menentukan pelaksanaan desain. Cakupannya sangat besar seperti mengelola desain, klien, dan proyek yang memiliki tujuan berbeda dan penanganan berbeda.

Hal-hal yang harus diperhatikan sebelum merekrut arsitek interior di kota tangerang?

Untuk membuat interior rumah atau bangunan lainnya, baik untuk keperluan pribadi maupun bisnis dan untuk jangka panjang, tentunya sangat bijaksana bila Anda mempekerjakan seorang arsitek berpengalaman untuk membantu Anda. Tidak hanya interior Anda akan tampak lebih bagus, arsitek dapat membantu Anda dalam mewujudkan bangunan yang berfungsi dengan baik dan efisien, menghindarkan Anda dari masalah-masalah yang tidak Anda inginkan di kemudian hari. Bisa mengikuti langkah-langkah berikut:

1. Perhatikan portofolionya

Seorang arsitek handal tentu dapat dilihat dari portofolionya. Semakin berpengalaman seorang arsitek, pasti portofolionya semakin kaya, baik dari segi kuantitas, maupun kualitas. Hal ini bisa memudahkan keputusan bagi Anda

2. Lihat kepribadiannya

Langkah berikutnya untuk memilih arsitek adalah dengan menemui mereka secara langsung untuk melihat kepribadiannya. Pilihlah arsitek dengan kepribadian yang cocok dengan kepribadian Anda. Ingatlah bahwa mempekerjakan arsitek tidak sama dengan mempekerjakan tukang servis AC. Anda tidak cuma berhubungan dengan dia selama satu dua hari lalu selesai. Sebuah proyek arsitektur akan memakan waktu bulanan bahkan tahunan. Anda tentunya ingin bekerja dengan orang yang memiliki kepribadian yang Anda sukai. Selain itu, bisa melihat kepribadiannya lewat media sosial seperti facebook, twitter, Instagram, dll.

3. Tanyakan pendapat klien-klien sebelumnya.

Bila Anda telah mengetahui beberapa portofolio sang arsitek interior, Anda dapat mencoba untuk bertanya langsung kepada kliennya dan lebih mudah jika mengenal klien sebelumnya. Kalau sang arsitek memang beritikad baik untuk membantu Anda, pasti dia akan dengan senang hati membagikan testimoni klien-kliennya yang puas kepada Anda.

4. Tanyakan cara kerja yang mendetail

Setelah Anda diyakinkan oleh komentar-komentar positif dari klien-klien yang puas, Anda bisa mulai menjajaki cara kerjanya. Maka Anda harus menngetahui metode kerja yang ditawarkan oleh arsitek interior tersebut karena masing-masing arsitek memiliki metode kerja yang hampir berbeda dan terakhir jangan lupa besaran fee-nya. Jika cocok, maka langsung deal saja untuk mewujudkan perencanaan interior rumah atau bangunan akan dimulai.