Arsitek Lanskap di Jakarta | homify

1 Arsitek Lanskap di Jakarta

Area

Arsitek Lanskap Jakarta

Sebagai ibukota negara, Jakarta seharusnya merupakan kota dengan udara paling bersih di Indonesia. Udara bersih di sebuah kota dipengaruhi oleh adanya faktor kebijakan tata ruang lahan di Jakarta yang relatif lebih baik dari kota-kota lainnya di Indonesia. Salah satunya adalah adanya taman-taman kota yang berfungsi sebagai daerah resapan air, seperti Taman Monas atau Taman Medan Merdeka yang merupakan taman terluas yang berada di jantung Jakarta.

Taman Monas yang dibuat oleh Gubernur Jenderal Herman Willem Daendels pada 1870 memiliki beberapa ekor kijang dan 33 pohon yang melambangkan 33 provinsi di Indonesia. Juga terdapat Taman Suropati yang berada di Menteng. Taman seluas 16,322 m2 yang berbentuk oval ini dikelilingi oleh beberapa bangunan Belanda kuno, dan Taman Lapangan Banteng yang terletak di Gambir, Jakarta Pusat. Taman yang pada awalnya digunakan sebagai terminal bus ini beralih fungsi menjadi ruang publik, tempat rekreasi, dan juga tempat pertunjukan seni pada 1993.

Selain taman kota, Jakarta juga memiliki beberapa kawasan yang asri dan bersih, seperti Kebayoran Baru, Menteng, Kelapa Gading, Pondok Indah, Cempaka Putih, dan Pulo Mas. Namun, sebagian wilayah Jakarta masih terdapat permukiman padat penduduk yang belum teratur dan banyaknya rumah yang berlokasi di dalam gang-gang sempit, seperti Pademangan, Tanjung Priok, Sawah Besar, Tambora, dan Johar Baru.

Hal-hal di atas merupakan aspek penting dalam membuat hunian dengan ruang terbuka hijau yang ideal di Jakarta. Jika Anda ingin membangun lanskap di Jakarta, simak informasi penting berikut.

Tahap-tahap Arsitektur Lanskap

Seorang arsitek lanskap harus bisa menciptakan ruang terbuka yang memberikan keseimbangan antara kehidupan manusia dengan alam. Untuk mewujudkannya, arsitek lanskap bekerja dalam tiga tahap, yaitu:

1.  Perencanaan Lanskap (Landscape Planning)
Tahap ini merupakan awal dalam menciptakan lahan yang bisa dimanfaatkan secara jangka panjang, yang mencakup analisa tentang faktor-faktor yang mempengaruhi keberlanjutan dari tata guna lahan, inventarisasi, dan tahap master plan yang sesuai dengan karakter lanskap. 

2.  Perancangan Lanskap (Landscape Design)
Dalam tahap ini dihasilkan beberapa produk, antara lain produk dua dimensi, yaitu presentasi gambar dalam skala tapak yang meliputi denah, desain penanaman, tampak depan, tampak samping, perspektif, hingga gambar potongan, dan produk tiga dimensi yang berupa maket.

3.  Pengelolaan Lanskap (Landscape Management)
Pada tahap ini, arsitek lanskap membuat tujuan pengelolaan, perencanaan pelaksanaan pengelolaan, pelaksanaan pemeliharaan, dan pemantauan pelaksanaan. Ada dua jenis pengelolaan, yaitu pengelolaan ideal dan pengelolaan fisik. Pengelolaan ideal bertujuan agar lanskap tetap berfungsi sesuai dengan tujuan awal, sedangkan pengelolaan fisik bertujuan agar setiap elemen yang ada di suatu lanskap bisa berfungsi dengan baik, misalnya perbaikan lampu taman, pengairan tanaman, pemupukan, pemangkasan rumput, dan lain-lain.

Perkembangan Arsitektur Lanskap Jakarta Masa Kini


Dengan kemajuan kota yang tinggi, Jakarta memiliki tata ruang lanskap modern yang perkembangannya cukup pesat saat ini. Salah satunya adalah proyek lanskap Tan Residence. Konsep lanskap rumah ini berawal dari ide sebuah hunian yang memiliki pencahayaan alami dan sirkulasi udara yang baik dari pengolahan site.

Bangunan rumah memiliki dimensi yang diperpanjang ke belakang untuk membuat taman yang besar. Untuk pencahayaan alami, rumah menggunakan bukaan yang mengarah ke taman untuk menghindari panas matahari. Sedangkan untuk sirkulasi udara yang baik dicapai dengan membuat perbedaan ketinggian antara kamar tamu dengan kamar tidur utama. Hal ini bertujuan agar aliran udara bisa masuk secara terus menerus ke area taman di dalam bangunan.

Hal-hal yang Perlu Diperhatikan dalam Arsitektur Lanskap


Merancang lanskap di Jakarta dipengaruhi oleh dua faktor, yaitu faktor internal (manusia) dan faktor eksternal (lingkungan).

Faktor Internal (Manusia)

1. Perencanaan lanskap adalah hasil dari proses yang mempertimbangkan sifat manusia dan alam.

2. Arsitek Lanskap harus memahami kebutuhan manusia dengan memperhatikan lingkungan agar tercipta lanskap yang ideal.

3. Arsitek Lanskap harus menggabungkan imajinasi dan pertimbangan akal sehat dalam merancang.

4. Arsitek Lanskap harus memperkirakan kebutuhan manusia, seperti perilaku manusia dan bagaimana manusia menangani lingkungannya.

5. Arsitek Lanskap tidak hanya mempertimbangkan kebutuhan manusia secara fungsional, rasional, dan ekonomis, namun juga mempertimbangkan kebutuhan emosional manusia.


Faktor Eksternal (Lingkungan), yang terdiri atas tiga bagian, yaitu:


1. Lingkungan alamiah

Lingkungan biotik (makhluk hidup), berupa tumbuh-tumbuhan dan tanaman, binatang dan manusia. Tumbuh-tumbuhan dan binatang merupakan elemen penting dalam lanskap alami.

Lingkungan abiotik (benda mati), berupa iklim, topografi, geologis dan tanah, hidrologis, hidrografis, dan drainase.

2. Lingkungan buatan, berupa seluruh bangunan dan benda buatan lainnya di dalam tapak lanskap.

3. Lingkungan sosial, berupa lingkungan yang dihuni oleh manusia yang memiliki nilai-nilai sosial untuk meningkatkan kesejahteraan, etika, budaya, moral, dan kepedulian terhadap sesama manusia pada suatu perancangan sebuah bangunan di dalam tapak lanskap.


Pentingnya Jasa Arsitek Lanskap Jakarta


Untuk membangun arsitektur lanskap yang baik, diperlukan pemahaman akan aspek-aspek yang berlaku di Jakarta. Antara lain, habitat yang sesuai dengan kondisi di sebuah lahan, iklim yang meliputi suhu udara, curah hujan, uap air, kelembaban, angin, dan sinar matahari; kondisi geologis dan tanah, topografi dan kemiringan lahan, serta hidrografis dan hidrologis.

Untuk memahami dan mengatasi semua aspek tersebut bukan pekerjaan yang mudah. Oleh karena itu, dibutuhkan jasa Arsitek Lanskap Jakarta yang memahami aspek-aspek yang mempengaruhi arsitektur lanskap di Jakarta. Arsitek Lanskap Jakarta memiliki pengetahuan dan keahlian dalam merancang lahan, sistem dan konstruksi taman, untuk menciptakan sebuah lahan yang memiliki nilai estetika dan fungsional yang berguna bagi penghuninya. Arsitek Lanskap Jakarta juga memahami keterkaitan antara ruang pribadi dengan ruangan di sekitarnya melalui tata letak dan tata ruang yang baik.

Seiring dengan meningkatnya kebutuhan akan fungsi lingkungan yang berkualitas secara ekologis maupun secara estetika dan isu pemanasan global, permintaan akan Jasa Arsitek Lanskap Jakarta semakin meningkat. Hal ini membuat peran Arsitek Lanskap Jakarta menjadi penting di mata masyarakat.

Bagaimana menemukan Arsitek Lanskap yang tepat di Jakarta? Homify menghubungkan Anda dengan banyak Arsitek Lanskap yang mumpuni dan berpengalaman di Jakarta. Saatnya berkonsultasi dengan profesional kami tentang proyek lanskap Anda sekarang.