Arsitek Lanskap di Medan | homify

0 Arsitek Lanskap di Medan

Area
Pencarian Anda tidak ada hasil. Jadilah yang pertama mengunggah foto dalam kategori ini.

Arsitek Lanskap Medan

Medan adalah sebuah kampung di pertemuan Sungai Deli dan Sungai Babura yang didirikan oleh Guru Patimpus sebelum menjadi ibukota Provinsi Sumatera Utara. Pada 1632, Medan dijadikan sebagai pusat pemerintahan Kesultanan Deli yang merupakan kerajaan Melayu. Pada masa kini, Kota Medan yang merupakan pintu gerbang wilayah Indonesia bagian barat dan berbatasan dengan Selat Malaka adalah kota perdagangan, industri, dan bisnis, yang sangat penting di Indonesia. 

Berbagai infrastruktur dibangun untuk memperkuat posisi tersebut, seperti Pelabuhan Belawan dan Bandar Udara Internasional Kuala Namu yang merupakan bandara terbesar kedua di Indonesia. Bahkan, Medan menjadi kota pertama di Indonesia yang mengintegrasikan bandara dengan kereta api untuk kemudahan akses ke pusat kota.

Perkembangan Medan sebagai kota metropolitan juga didukung dengan masyarakatnya yang terdiri dari berbagai latar belakang budaya dan agama, seperti Melayu, Karo, Batak, Jawa, Mandailing, India, dan Tionghoa. Sebagian besar masyarakatnya bekerja di sektor perdagangan yang semakin memperkuat perekonomian Medan. Dengan perkembangan kota yang pesat, prospek Medan sebagai kota hunian yang ideal sangat menjanjikan.

Mengapa Ruang Terbuka Hijau di Medan Begitu Penting?

Sederhananya, ruang terbuka hijau seberapapun luasnya, masih akan terasa lebih sedap dipandang daripada bangunan beton, sebagus apapun arsitekturnya. Tapi lebih dari itu, pembangunan ruang terbuka hijau bakal memberi sejumlah manfaat signifikan, di antaranya:

  1. Berfungsi sebagai 'paru paru', ruang dengan tumbuhan hijau mampu menyerap karbondioksida sekaligus menghasilkan oksigen. Polusi udara dapat dikurangi sehingga udara di lingkungan sekitarnya akan lebih bersih dan menyegarkan.
  2. RTH bisa berfungsi sebagai daerah resapan air jika terjadi hujan lebat. Risiko terjadinya banjir di kota yang terletak di dataran rendah seperti Bekasi dapat diminimalisir, karena air hujan langsung terserap ke dalam tanah.
  3. Bersantai di taman kota atau taman belakang rumah akan menjadi sarana relaksasi yang murah dan mudah. Ada ruang terbuka untuk bermain anak, lingkungan tepat untuk berolahraga, bercengkerama dengan kerabat, ataupun sarana mengasah kreativitas.
  4. RTH layaknya oasis di tengah gurun pasir, menjadi unsur penyeimbang bagi tembok-tembok beton. Penataan lanskap lahan hijau yang baik akan memberi nilai lebih pada properti, baik itu di rumah pribadi maupun fasilitas umum. Lingkungan pemukiman atau tata ruang kota bakal tampak lebih indah dengan adanya RTH.

Biaya Pembangunan Lanskap

Luas lahan berpengaruh besar terhadap jumlah anggaran yang dibutuhkan dalam pembangunan lanskap. Setiap profesional dapat menerapkan cara penentuan tarif yang berbeda, tergantung kebijakannya masing-masing. 

Arsitek lanskap di Medan atau daerah lain, biasanya menentukan tarif berdasarkan melalui 3 cara. Yaitu berdasarkan persentase dari total pengeluaran (sekitar 7,5% sampai 10%), tarif per jam sesuai prediksi pekerjaan rampung, atau menurut kesepakatan antara dirinya dengan klien. Kesepakatan ini akan ditentukan dari besaran proyek, tingkat kesulitan, hingga durasi pengerjaannya. 

Dalam proses pengerjaan, Anda akan membutuhkan personel khusus yang juga berpengalaman. Biaya pembangunan taman atau lanskap secara borongan berkisar mulai dari Rp 150 ribu-an per meter persegi. Keuntungan dari sistem ini adalah lebih murah, karena harga tersebut sudah termasuk pembelian beberapa jenis rumput dan tanaman. Sementara jika Anda ingin memilih sendiri jenis tanaman atau material taman lainnya, berikut perkiraan harganya.

  • Harga rumput mulai dari Rp17.500,- untuk rumput gajah biasa. Dan mencapai Rp30.000,- untuk jenis rumput golf, rumput swiss, atau rumput jepang. Angka tersebut adalah harga per meter persegi. 
  • Harga tanaman bunga, seperti mawar, anggrek, kamboja, dan bugenvil mulai dari Rp 25 ribu-an. Jika ingin berhemat, pertimbangkan bunga melati yang bibitnya dijual seharga Rp 5 ribu-an.
  • Anda pun bisa menambahkan beberapa jenis tanaman perdu. Selain menambah keindahan dan jumlah vegetasi di taman, tanaman perdu relatif mudah dirawat. Harganya pun murah, rata-rata Rp 10 ribu-an saja. 
  • Harga pohon teduh berada pada kisaran angka di atas Rp 1 juta-an. Kecuali pohon ketapang dan jacaranda yang rata-rata dijual seharga Rp 500 ribu-an. Usia dan tingkat kesuburan pohon sangat memengaruhi harga tersebut. 
  • Jika Anda ingin menempatkan pula pohon palem, jenis termurah adalah palem kuning sekitar Rp120.000,- per batang dan palem tupai sekitar Rp150.000,-. Sementara jenis termahal adalah palem sadeng dan palem sikas, masing-masing harganya bisa mencapai Rp 1,5 juta lebih. 
  • Struktur lanskap gazebo bisa Anda pesan sendiri dengan model sesuai selera. Harganya tergantung dari dimensi dan bahan yang digunakan dalam pembuatannya. Gazebo berbahan bambu lebih murah, yakni mulai Rp 3 juta-an untuk ukuran 2,5 m x 2,5 m. Sedangkan gazebo kayu kelapa dengan ukuran sama, harganya mencapai Rp 13 juta.
  • Pembuatan tebing batu atau kolam bakal memakan biaya yang juga cukup tinggi. Untuk kolam bervolume 15 kubik, biaya pembuatannya sekitar Rp 10 juta-an. Sedangkan tebing batu buatan dihargai antara Rp350.000,- sampai Rp650.000,- per meter persegi, tergantung detail dan ketebalannya. 
  • Jalur tapak atau pavement bisa menggunakan berbagai material. Pilihan-pilihan, seperti batu biasa, stepping stone, paving, bahkan keramik. Batu koral biasa harganya mulai Rp 30 ribu/kilogram, stepping stone Rp 15 ribu/buah, paving Rp 80 ribu/meter persegi, dan keramik Rp 90 ribu/meter persegi. 

Perlu Anda ketahui bahwa daftar harga di atas merupakan angka rata-rata, yang diambil berdasarkan pengamatan penulis di sejumlah situs dan marketplace. Bagi Anda yang berdomisili di Medan, bisa jadi harga tersebut tidak sama persis. Tapi untuk penentuan tarif arsitek lanskap, di mana pun tak ada bedanya. 

Keuntungan Membangun Arsitektur Lanskap di Medan

Tentu saja sebagai salah satu sarana menghibur diri di antara riuh dan sibuknya Kota Medan dewasa ini. RTH atau taman mungil di rumah Anda dapat menjadi telaga di tengah hutan beton yang makin menyesakkan. Anda bisa duduk termenung memandangi pohon dan tanaman, mendengarkan suara air mengalir, menikmati udara segar, berbincang dengan orang tersayang, atau beraktivitas fisik demi menjaga kesehatan. 

Lanskap yang baik akan membantu meningkatkan kualitas hidup Anda. Bukan hanya dalam hal produktivitas, melainkan juga mental dan kepribadian, karena itulah yang utama. Jadi tunggu apa lagi? Anda sudah berada di laman yang tepat untuk segera bertemu dengan profesional terbaik di bidangnya. Arsitek lanskap Medan akan membantu mewujudkan impian Anda membangun ruang hijau, penyeimbang lingkungan perkotaan yang kian gerah. 

Bagaimana menemukan arsitek lanskap yang tepat di Medan? Dengan Homify, Anda akan terhubung dengan banyak arsitek lanskap yang mumpuni dan berpengalaman di Medan. Konsultasikan proyek lanskap Anda dengan profesional kami sekarang juga