Arsitek Lanskap di Palembang | homify

0 Arsitek Lanskap di Palembang

Area
Pencarian Anda tidak ada hasil. Jadilah yang pertama mengunggah foto dalam kategori ini.

Arsitek Lanskap Palembang

Palembang memiliki sejarah yang mengagumkan. Sebelum dikenal sebagai ibukota provinsi Sumatera Selatan saat ini, Palembang merupakan ibukota kerajaan Buddha terbesar di Asia Tenggara, Kerajaan Sriwijaya. Dominasi Kerajaan Sriwijaya atas Nusantara dan Semenanjung Malaya pada abad ke-9 juga membuat Palembang dijuluki sebagai Bumi Sriwijaya. Bahkan, Palembang dipercaya sebagai kota tertua di Indonesia berdasarkan prasasti Kedukan Bukit yang ditemukan di Bukit Siguntang sebelah barat Kota Palembang yang berisi pembentukan sebuah kota pada 16 Juni 688 Masehi. Hal ini membuat Palembang dijuluki Venice of the East (Venesia dari Timur) di dunia Barat.

Kini, Palembang memiliki luas wilayah 358,55 km² dan dihuni oleh 1.573.898 jiwa, Palembang merupakan kota terbesar kedua di Sumatera setelah Medan. Sebagai salah satu kota yang perkembangannya pesat di Indonesia, Palembang diperkirakan akan dihuni 2,5 juta jiwa pada 2030 mendatang. Selama lima tahun terakhir, Palembang mengalami perkembangan yang pesat. Hal ini terlihat dari pertumbuhan ekonomi yang meningkat, maraknya pembangunan infrastruktur seperti LRT (kereta api layang), sarana dan prasarana kota, dan rencana pembangunan sirkuit F1 di kawasan Tanjung Api-Api dan sirkuit motor GP di kawasan Jakabaring.

Dengan tingkat pertumbuhan ekonomi, sarana dan prasarana yang tersedia, dan kepadatan penduduk, Palembang kini berstatus sebagai kota yang metropolis. Selain itu, letak Palembang yang strategis, yaitu berada di lintasan utara-selatan Pulau Sumatera dan Selat Malaka, dan adanya Bandar Udara Sultan Mahmud Badaruddin II, membuat prospek kemajuan Palembang akan meningkat di masa depan, termasuk sektor properti. Anda ingin membangun rumah impian di Palembang? Berikut informasi penting untuk Anda pertimbangkan.

Sejarah Perkembangan Arsitekur Palembang

Salah satu bangunan bersejarah di Palembang adalah Masjid Agung Palembang. Arsitektur bangunan ini merupakan perpaduan dari budaya Cina, Eropa, Arab, dan lokal. Pengaruh Cina terlihat pada bagian atas sisi limas masjid yang terdapat hiasan tanduk kambing yang melengkung dan lancip menyerupai atap kelenteng. Pengaruh eropa ditunjukkan pada bagian serambi yang menerapkan arsitektur klasik Yunani-Dorik.

Sedangkan, pengaruh budaya arab dan lokal terletak pada beragam lengkungan gaya kaligrafi pada jendela, mimbar, leher mustaka, mihrab, dan pintu masuk masjid. Akulturasi berbagai budaya tersebut merupakan kekayaan budaya yang menjadi kebanggaan Palembang hingga kini.

Sejarah Palembang juga tidak lepas dari salah satu karya arsitektur yang merupakan Rumah Adat Tradisional Sumatera Selatan, yaitu Rumah Limas. Rumah Limas memiliki beberapa keunikan, antara lain bentuknya yang bertingkat-tingkat, bentuk atap yang menyerupai piramida terpenggal (limasan), dinding yang berupa kayu merawan berbentuk papan, dan dibangun di atas tiang-tiang.

Secara arsitektur, struktur Rumah Limas terdiri dari bentuk ruang persegi dan persegi panjang yang menghadap timur dan barat. Filosofi ini disebut menghadap ke arah mato ari eedoop yang berarti matahari terbit atau awal mula kehidupan manusia dan mato ari mati yang berarti matahari tenggelam atau akhir kehidupan atau kematian’.

Perkembangan Arsitektur Lanskap Palembang Masa Kini

Selama ini, pembangunan Kota Palembang terpusat pada Kawasan Seberang Ilir. Agar tercipta pemerataan pembangunan dan penataan ruang, Pemerintah mulai mengembangkan kawasan baru sebagai pusat kota, yaitu Kawasan Jakabaring. Pada awalnya, Kawasan Jakabaring dirancang khusus untuk pelaksanaan PON XVI di Palembang. Namun, seiring dengan pesatnya pembangunan yang berkaitan dengan pelaksanaan PON XVI, seperti infrastruktur, gedung perkantoran, dan area permukiman, Jakabaring mulai dipersiapkan sebagai kawasan pusat kota baru di Palembang.

Jakabaring merupakan kawasan yang didirikan di atas lahan yang mayoritas berupa rawa. Pengembangan Kawasan Jakabaring ditujukan untuk mampu memenuhi kebutuhan masyarakat akan ruang di Kota Palembang. Hal ini disebutkan dalam perencanaan tata ruang Kota Palembang, yaitu RTRW Kota Palembang Tahun 2004- 2014, di mana kawasan Jakabaring dikembangkan sebagai pusat pelayanan utama pada tingkat kota dan provinsi.

Salah satu implementasi dari RTRW Kota Palembang Tahun 2004- 2014 adalah area permukiman yang merupakan faktor penting dalam perkembangan Kawasan Jakabaring. Berdasarkan RTRW Kota Palembang Tahun 1999-2009, area permukiman di kawasan ini diarahkan sebagai permukiman untuk fungsi kota/sekunder/lokal. Area permukiman tersebut, antara lain Perumahan Komplek Jaka Permai, Perumahan Amen Mulia, dan Perumahan OPI.

Pentingnya Jasa Arsitek Lanskap Bandung

Untuk mewujudkan arsitektur lanskap yang ideal di Palembang perlu untuk mempertimbangkan berbagai aspek yang berlaku di wilayah tersebut. Antara lain, faktor geografis Palembang yang terletak pada 2°59′27.99″LS 104°45′24.24″BT dengan ketinggian rata-rata 8 meter dari permukaan laut, topografi tanah relatif datar dan rendah, di mana sebagian besar tanah adalah daerah berawa yang tergenang saat musim hujan. Sedangkan, sebagian kecil wilayah kota terletak pada tanah yang agak tinggi, yaitu pada bagian utara kota; serta iklim Palembang yang tropis dengan suhu kota berkisar antara 23,4 – 31,7 derajat celsius.

Selain itu, penting untuk mempertimbangkan kondisi permukiman dan sosial budaya di Palembang. Palembang memiliki beberapa karakteristik permukiman yang dipengaruhi oleh etnis dan sosial budaya, antara lain, permukiman tradisional dengan bentuk rumah panggung di sepanjang sungai Musi, permukiman semi tradisional dengan rumah panggung yang berfungsi sebagai ruko di bagian tengah, dan permukiman modern dengan rumah tunggal sebagai rumah tinggal di bagian utara.

Untuk menerapkan aspek-aspek tersebut ke dalam arsitektur lanskap bukan hal yang mudah. Dibutuhkan jasa Arsitek Lanskap Palembang yang memiliki kemampuan untuk memahami berbagai aspek yang berlaku di Palembang, seperti iklim, geografis, serta kondisi sosial dan budaya. Dengan pengetahuan dan keahlian yang dimilikinya, Arsitek Lanskap Palembang akan membantu dalam mewujudkan rumah impian Anda.

Bagaimana menemukan Arsitek Lanskap yang tepat di Palembang? Dengan Homify, Anda akan terhubung dengan banyak Arsitek Lanskap yang mumpuni dan berpengalaman di Palembang. Saatnya berkonsultasi dengan profesional kami tentang proyek lanskap Anda sekarang. 

Telusuri gambar terkait