Arsitek Lanskap di Tangerang | homify

0 Arsitek Lanskap di Tangerang

Area
Pencarian Anda tidak ada hasil. Jadilah yang pertama mengunggah foto dalam kategori ini.

Arsitek Lanskap Tangerang

Dengan luas sekitar 1.500 km2 dan dihuni lebih dari 5 juta penduduk, Tangerang merupakan kota terbesar di Provinsi Banten serta ketiga terbesar di kawasan Jabodetabek, setelah Jakarta dan Bekasi. Posisi Tangerang yang strategis, yaitu terletak di sebelah barat Jakarta, dan keberadaan Bandara Internasional Soekarno Hatta sebagai pintu gerbang utama Indonesia, menjadikan perkembangan kota Tangerang sangat pesat. 

Dengan perkembangan kota yang cukup pesat, Tangerang kini terbagi menjadi 3 daerah otonom, yaitu Kota Tangerang, Kabupaten Tangerang, dan Tangerang Selatan. Pertumbuhan ekonomi Tangerang dipicu oleh letaknya yang berdekatan dengan Jakarta, yang menjadikannya bagian dari pembangunan di Jakarta. Selain itu, pengembangan wilayah Kabupaten Tangerang yang kaya akan sumber daya alam juga memberikan kontribusi terhadap perekonomian Tangerang.

Pertumbuhan ekonomi dan infrastruktur yang tinggi juga memicu meningkatnya jumlah penduduk. Pertumbuhan penduduk Kota Tangerang cenderung mengalami peningkatan selama beberapa tahun terakhir. Pertambahan jumlah penduduk ini disebabkan oleh beberapa faktor, seperti kelahiran dan migrasi dan berpengaruh terhadap perkembangan tata ruang dan tata kota Tangerang.

Perluasan urban Jakarta yang meliputi Tangerang, juga berdampak pada peningkatan penduduk yang berkomuter ke Jakarta untuk kerja, atau sebaliknya. Untuk mendukung hal tersebut, mulai dikembangkan kota-kota satelit kelas menengah di Tangerang, yang dilengkapi dengan pusat perbelanjaan, sekolah swasta, dan mini market. Selain itu, pemerintah juga mengembangkan sistem jalan tol untuk memudahkan akses ke Tangerang. Jika Anda ingin membangun hunian dengan lanskap idaman di Tangerang, simak informasi penting berikut.

Sejarah Perkembangan Arsitektur Lanskap di Tangerang

Dengan latar belakang budaya, industri-industri besar, dan tempat wisata, Tangerang memiliki potensi yang besar untuk diberdayakan. Hal ini tidak lepas dari sejarah Tangerang yang tidak lepas dari empat faktor utama yang saling berhubungan. Keempat faktor tersebut, antara lain letak Tangerang yang berada di antara Jakarta dan Banten; peranan Sungai Cisadane; status bagian terbesar daerah Tangerang sebagai tanah partikelir dalam jangka waktu lama; dan pertemuan berbagai etnis dan budaya dalam masyarakat Tangerang.

Arsitektur kota Tangerang dipengaruhi oleh arsitektur Tiongkok. Salah satunya, Kawasan Kota Lama Tangerang, khususnya Blok Kota Lama, yang didominasi oleh kawasan bersejarah dengan bangunan dan permukiman yang masih mempertahankan arsitektur Tiongkok. Wilayah ini juga memiliki potensi untuk dikembangkan sebagai tujuan wisata bersejarah dengan adanya dua perkampungan etnis, yaitu Blok Perkampungan Tionghoa (pecinan) dan Blok Perkampungan Muslim, yang masih menjaga nilai-nilai tradisi dan budaya lokal yang dipengaruhi oleh etnis Tionghoa dan etnis Pribumi.

Perkembangan Arsitektur Lanskap Tangerang Masa Kini

Bertambahnya jumlah penduduk yang disebabkan oleh perkembangan kota-kota besar di Jabodetabek, termasuk Tangerang, berdampak pada meningkatnya kebutuhan masyarakat akan hunian yang berkualitas. Selain itu, Tangerang yang merupakan kota penyangga Jakarta dan pusat bisnis, industri, dan perdagangan, membutuhkan konsep permukiman yang bisa menunjang kebutuhan masyarakat dan mendukung aktivitas bisnis, perdagangan, dan industri di kota ini.

Salah satu permukiman yang merepresentasikan konsep tersebut adalah BSD City. BSD City menerapkan konsep kota mandiri dengan menggabungkan kompleks hunian, mall, dan perkantoran, dalam satu tempat. Sebagai kota terencana di Indonesia, BSD City menyediakan semua fasilitas yang dibutuhkan oleh kaum urban, termasuk kawasan industri, perkantoran, perdagangan, pendidikan, wisata, sekaligus perumahan. Hal ini menjadikan BSD City sebagai pusat dari perkembangan Tangerang Selatan.

Konsep arsitektur bangunan BSD City tidak hanya menciptakan citra komersial, namun juga mempertimbangkan konsep kontekstual dan ekologikal dengan lingkungan sekitarnya. Hal ini ditunjukkan melalui tata ruang dan desain rumah yang mempertimbangkan keberlanjutan lingkungan hidup di masa depan. Untuk memenuhi segala kebutuhan para penghuni, BSD City menerapkan konsep tata ruang yang menghubungkan fungsi suatu ruang ke ruang lain sehingga tercipta zona-zona ruang yang sesuai dengan fungsinya masing-masing.

Pentingnya Jasa Arsitek Lanskap Tangerang

Dalam merencanakan arsitektur lanskap di Tangerang, sangat penting untuk mempertimbangkan berbagai aspek yang berlaku. Antara lain iklim dan geografis. Tangerang memiliki cuaca yang cenderung panas dan lembap dengan beberapa kawasan yang terdiri dari rawa-rawa, termasuk kawasan di sekitar Bandara Internasional Soekarno-Hatta. Selain itu, Tangerang juga memiliki potensi banjir yang disebabkan oleh meluapnya Kali Angke, Kali Cisadane, dan Kali Cirarab, khususnya jika terjadi curah hujan yang tinggi di kota Bogor dan di DKI Jakarta.

Aspek penting lainnya adalah pesatnya perkembangan kota Tangerang yang ditunjukkan dengan pembangunan Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta). Jika sebelumnya dikenal sebagai kota 1000 industri dan kota jasa, kini Tangerang mulai mengubah konsep menjadi kota bandara atau yang disebut juga dengan Aerotropolis. Konsep ini mulai diperkenalkan pada 2008 dan dimasukkan ke dalam rencana pembangunan daerah pada 2013/2014. Dengan dikenalnya konsep Aerotropolis ini, mulai dilakukan berbagai perbaikan atau perubahan Rencana Tata Ruang Wilayahnya (RTRW) ke DPRD Kota Tangerang. 

Tidak mudah untuk memahami dan mengatasi berbagai aspek yang berlaku di Tangerang. Dibutuhkan Jasa Arsitek Lanskap Tangerang yang memiliki pengetahuan dan keahlian untuk merencanakan arsitektur lanskap yang relevan dengan situasi dan kondisi di Tangerang. Arsitek Lanskap Tangerang memiliki kemampuan untuk memahami, menganalisa, merencanakan desain dan ruang, serta memperbaiki dan melindungi fungsi suatu lahan di kota Tangerang.

Arsitek Lanskap Tangerang juga mempertimbangkan faktor ekologis dalam merancang lahan, konstruksi lahan, sehingga tercipta suatu konsep arsitektur yang memiliki nilai estetika dan fungsional yang berguna bagi manusia dan lingkungan sekitarnya. Dengan menggunakan Jasa Arsitek Lanskap Tangerang, proyek arsitektur lanskap Anda akan menjadi lebih mudah dan efisien untuk diwujudkan.

Bagaimana menemukan Arsitek Lanskap yang tepat di Tangerang? Dengan Homify, Anda akan dihubungkan dengan banyak Arsitek Lanskap yang mumpuni dan berpengalaman di Tangerang. Saatnya berkonsultasi dengan profesional kami tentang proyek lanskap Anda sekarang.