Desainer Kamar Mandi di Tangerang | homify

0 Desainer Kamar Mandi di Tangerang

Area
Pencarian Anda tidak ada hasil. Jadilah yang pertama mengunggah foto dalam kategori ini.

Desainer Kamar Mandi Tangerang

Kalau dulu Tangerang disebut sebagai Kota Benteng, julukan itu tak berlaku lagi sekarang. Kini salah satu kota satelit DKI Jakarta itu menjelma menjadi pusat industri, menaungi lebih dari 1000 pabrik di seantero wilayahnya.

Sibuk, ramai, dan gerah. Daerah perindustrian identik dengan ketiga hal itu. Apalagi rata-rata wilayah Tangerang hanya setinggi 10 sampai 18 meter di atas permukaan laut, sehingga suhu udara relatif panas. Belum lagi kepadatan penduduk yang berbanding lurus dengan volume kendaraan di jalanan penyebab kemacetan.

Butuh kesabaran ekstra untuk menjalani aktivitas di tengah situasi seperti ini. Stres menjadi ancaman serius. Hadirnya pusat perbelanjaan dan taman rekreasi sedikit memberi angin segar. Hanya saja tidak semua orang punya waktu untuk berkunjung setiap kali ingin refreshing.

Sebenarnya cukup mudah mengatasi problema macam ini. Saat ini kamar mandi bisa menjadi sarana relaksasi paling jitu. Berbeda dengan dulu, ketika kamar mandi hanya digunakan sebagai tempat untuk membersihkan diri. Tapi tidak semua kamar mandi dapat mendukung kebutuhan Anda tersebut. Anda perlu meminta bantuan desainer kamar mandi di Tangerang untuk merancangnya.  

Bagaimana Cara Mendesain Kamar Mandi yang Baik?

Tanpa penggarapan interior yang baik, mustahil kamar mandi bisa menjadi sarana relaksasi di tengah teriknya Kota Benteng. Umumnya para desainer kamar mandi di Tangerang akan memperhatikan 3 kunci dekorasi ruangan berikut ini.

Persepsi Ruang: Ruang merupakan elemen terpenting dalam desain interior. Persepsi ruang akan menentukan pola desain dan tata letak furnitur, baik fungsional maupun dekoratif. Bukan cuma bertujuan estetik, tetapi sekaligus untuk memberikan efek lega. Serta memudahkan pengguna dalam mengakses dan memenuhi segala kebutuhannya di kamar mandi.

Keseimbangan: Desain ruangan yang seimbang membuat kinerja otak lebih santai. Karena secara umum sensor otak lebih mudah menerima informasi yang terorganisir. Tapi seimbang tidak selalu berarti simetris, tata letak asimetris juga masih bisa diaplikasikan untuk mempercantik ruangan.

Pencahayaan: Cahaya terlalu redup akan menimbulkan perasaan tidak bebas. Sebaliknya, jika terlalu terang akan menyilaukan pandangan. Pencahayaan terbaik adalah ketika kita bisa melihat seisi kamar mandi dengan jelas. Memang disarankan memanfaatkan cahaya alami dari jendela, tetapi penggunaan lampu berdaya rendah sepertinya lebih rasional.

Tahap Demi Tahap Renovasi Kamar Mandi

Jika berminat mendekorasi ulang kamar mandi, kami sarankan Anda bekerjasama dengan desainer profesional. Tak ada koneksi? Anda bisa memanfaatkan Homify untuk menemukan desainer kamar mandi di Tangerang dengan mudah.  

Awalnya, tak perlu bertatap muka jika sekadar ingin menjelaskan gambaran proyek kecil Anda. Sampaikan segala kebutuhan secara jelas, agar desainer memahami yang harus dilakukan. Selanjutnya desainer akan menggarap permintaan Anda dalam beberapa tahap.

Pembuatan Sketsa: Desainer membuat sketsa desain berdasarkan kondisi ruangan dan kebutuhan pelanggan. Mereka akan menawarkan perencanaan tata ruang, pemilihan furnitur, tata letak, proses instalasi, dan penambahan aksen dekoratif lainnya. Keterlibatan aktif Anda akan membantu kelancaran proses ini.

Dokumentasi Mendetail: Erat kaitannya dengan administrasi, dokumentasi meliputi segala hal rinci mengenai proyek kecil Anda. Mulai dari gambar desain yang sudah jadi, rencana pengerjaan, serta kebutuhan material yang diperlukan. Sebaiknya Anda juga ikut meneliti setiap detailnya. Selalu tanyakan jika menemukan sesuatu yang kurang jelas. Pastikan Anda benar-benar memahaminya sebelum masuk ke fase berikutnya.

Rekonstruksi dan Instalasi: Tim khusus akan menangani proses ini, yakni sejak pembongkaran dan pemasangan kembali. Desainer memberikan panduan kepada tim untuk mengerjakan proyek sesuai konsep gambar. Anda bisa memilih tim kepercayaan atau menyerahkan semuanya kepada tim asuhan si desainer.

Finishing: Instalasi selesai, tetapi Anda perlu memeriksa hasil pekerjaan tersebut lebih lanjut. Jika hasilnya kurang sesuai, komunikasikan agar perbaikan bisa segera dilakukan. Setelah semua beres, biasanya desainer akan memberikan tips dan trik merawat interior kamar mandi baru Anda.

Kisaran Biaya Jasa Desainer Kamar Mandi Tangerang

Tak harus mahal, pada dasarnya Anda tetap bisa merekonstruksi ruangan pribadi meski hanya memiliki bujet terbatas. Namun setidaknya, sebelum memutuskan untuk menghubungi salah satu desainer kamar mandi di Tangerang, ada baiknya Anda mengetahui kisaran dana yang dibutuhkan.

Umumnya penyedia jasa desain interior melayani beberapa paket. Baik untuk sekadar memberikan konsultasi, membuat gambar desain, perencanaan material, maupun hingga mengerjakan proyek sampai selesai. Tarifnya pun akan menyesuaikan, tergantung paket pekerjaan apa yang Anda pilih. Sebagai gambaran, berikut rincian biaya renovasi kamar mandi.

Jasa Desain: Desainer baru tak akan mematok harga mahal, biasanya hanya Rp100.000,- per meter persegi. Lain halnya dengan desainer profesional yang telah berpengalaman. Anda perlu menyiapkan bujet minimal Rp 2 juta rupiah, karena desainer profesional umumnya memasang harga di atas Rp 500 ribu untuk konsep desain kamar mandi per meter persegi. Perhatikan pula apakah desainer tersebut membebankan biaya tambahan jika terjadi revisi lebih dari dua kali.

Biaya Renovasi: Pekerjaan renovasi termasuk proses pembongkaran dan pembangunan kembali, serta pekerjaan instalasi furnitur. Jenis pekerjaan ini bisa selesai dalam waktu sekitar 5 sampai 10 hari, tergantung tingkat kesulitannya. Upah tukang bangunan di Tangerang berkisar antara Rp150.000,- hingga Rp250.000,- per hari. Semakin lama prosesnya, biaya yang dikeluarkan akan semakin besar. Kecuali jika Anda menghendaki sistem borongan, sehingga tidak memerlukan biaya tambahan.

Material dan Furnitur: Anda hanya perlu membongkar sebagian interior dan masih menggunakan furnitur lama nantinya. Tapi jika terpaksa harus mengganti seluruhnya, berikut kisaran harga furnitur kamar mandi:

  • Material: keramik Rp50.000,-/meter persegi, cat dinding Rp50.000,-/kg, semen Rp60.000,-/sak.
  • Furnitur: wastafel Rp1.000.000,-/unit, kloset Rp1.500.000,-/unit, sekat kaca Rp1.500.000,-/unit, kabinet dinding Rp400.000.-/unit, kabinet wastafel Rp2.000.000,-/unit.
  • Tools: keran Rp100.000,-/unit, shower/pancuran Rp150.000,-/unit, selang Rp100.000,-/unit, cermin Rp300.000,-/unit, gantungan baju Rp300.000,-/unit.  
  • Pencahayaan : lampu plafon Rp100.000,-/unit, lampu sorot Rp150.000,-/unit, lampu kabinet Rp100.000,-/unit, lampu dinding Rp150.000,-/unit. (semua harga sudah termasuk frame)
  • Dekorasi: vas keramik Rp200.000,-/unit, tanaman hias Rp100.000,-/buah.

Angka-angka yang tercantum di atas adalah harga secara umum. Di lapangan, harganya bisa jadi lebih murah atau lebih mahal. Ini dimaksudkan agar Anda mengetahui kisaran dana yang diperlukan untuk berjaga-jaga.  Untuk informasi harga lebih akurat, Anda dapat menghubungi salah satu desainer kamar mandi Tangerang di homify.