Interior Desainer dan Dekorator di Surakarta | homify

1 Interior Desainer dan Dekorator di Surakarta

Area

Kota Surakarta atau yang lebih dikenal sebagai Solo merupakan wilayah otonom yang berada di Provinsi Jawa Tengah. Dengan jumlah penduduk 503.421 jiwa (2010), Surakarta berbatasan dengan Kabupaten Karanganyar dan Kabupaten Sukoharjo di sebelah timur dan barat, Kabupaten Karanganyar dan Kabupaten Boyolali di sebelah utara, dan Kabupaten Sukoharjo di sebelah selatan. Surakarta merupakan kota terbesar ketiga di Pulau Jawa setelah Malang dan Bandung. 

Kota Surakarta memiliki beberapa kota satelit yang saling berbatasan langsung, antara lain Solo Baru, Kartasura, Colomadu, Palur, Baki, dan Ngemplak. Kota-kota tersebut membentuk satu kawasan kota besar yang terpusat yang disebut Kawasan Solo Raya. Salah satu kota yang perkembangannya paling pesat adalah Solo Baru. Kota ini merupakan kawasan permukiman bagi para pelaku kegiatan ekonomi dan pekerja di Kota Surakarta. Jika Anda ingin memiliki hunian idaman di Surakarta, berikut beberapa informasi penting yang perlu Anda pertimbangkan.

Sejarah Perkembangan Arsitektur Surakarta

Perkembangan arsitektur di Surakarta tidak lepas dari Keraton atau Istana raja yang memiliki salah satu bangunan terbaik pada masanya. Keraton di Surakarta memiliki pola dasar tata ruang yang mirip dengan Keraton Yogyakarta, karena didesain oleh Pangeran Mangkubumi atau Sultan Hamengkubuwana I yang merupakan arsitek utama Keraton Yogyakarta. Arsitektur Keraton Surakarta bergaya campuran Jawa dan Eropa dan sebagian besar bernuansa warna putih dan biru. 

Secara umum, Keraton Surakarta terdiri dari Kompleks Siti Hinggil Lor/Utara, Kompleks Alun-alun Lor/Utara, Kompleks Sasana Sumewa, Kompleks Kamandungan Lor/Utara, Kompleks Sri Manganti, Kompleks Kedaton, Kompleks Kamagangan, Kompleks Sri Manganti Kidul/Selatan, dan Kamandungan Kidul/Selatan, serta Kompleks Siti Hinggil Kidul/Selatan dan Alun-alun Kidul/Selatan.

Salah satu bangunan terindah di Keraton Kasunanan Surakarta Solo adalah Sasana Sewaka. Sasana Sewaka merupakan pendhapa dengan arsitektur perpaduan Jawa dan Eropa. Meskipun pengaruh eropa terlihat jelas pada bagian fisik bangunan, namun, hal itu tidak mengubah filosofi dari arsitektur Jawa tradisional secara keseluruhan. Nilai dan identitas yang berakar pada masyarakat Jawa masih kuat dan pengaruh eropa hanya dalam bentuk desain atau tampilan luar.

Perkembangan Desain Interior Surakarta Masa Kini

Proses perkembangan Surakarta dari waktu ke waktu ditandai dengan bentuk arsitektur yang mengikuti perkembangan zaman. Salah satunya adalah kantor Bank Indonesia baru yang bergaya arsitektur post modern, namun tetap memasukkan unsur tradisional Jawa yang kuat. Hal ini bertujuan agar tercipta keselarasan antara modernitas dan tradisi.

Keselaran itu terlihat pada pada bagian depan bangunan yang menyerupai akuarium dengan desain yang mengadopsi bangunan pendapa yang bergaya arsitektur Jawa kuno. Dari tampilan tersebut, sangat jelas bahwa sang arsitek ingin menggabungkan konsep arsitektur lama ke dalam gaya arsitektur modern.

Bangunan lain yang mencerminkan arsitektur masa lalu dengan unsur modern adalah Kawasan The Heritage Palace. Bangunan bekas pabrik gula ini merupakan peninggalan kolonial Belanda yang berdiri sejak 1892. Gedung ini memiliki sembilan bangunan kuno yang dilengkapi dengan cerobong asap setinggi 20 meter. Halaman luar bangunan ini dibangun museum transportasi yang menampilkan mobil-mobil kuno, seperti mobil Dodge buatan 1948 yang pernah digunakan oleh Presiden pertama RI, Ir. Soekarno, mobil Chevrolet Bel Air USA buatan 1955, mobil pemadam kebakaran (Damkar) Dodge Power keluaran 1963, dan Jeep Willys USA buatan 1943.

Pentingnya Jasa Interior Desainer & Dekorator Surakarta

Banyak aspek yang mempengaruhi desain interior dan dekorator rumah di Surakarta. Menerapkan aspek-aspek tersebut sangat penting untuk membangun rumah yang ideal di Surakarta. Beberapa aspek penting yang penting untuk dipertimbangkan, antara lain faktor iklim dan geografis. Surakarta memiliki iklim muson tropis dengan rata-rata curah hujan adalah 2.200 mm. Suhu udara di Surakarta relatif konsisten sepanjang tahun, dengan suhu rata-rata 30 derajat Celsius, di mana suhu udara tertinggi 32,5 derajat Celsius, dan terendah 21,0 derajat Celsius. Sedangkan, rata-rata tekanan udara 1010,9 MBS dengan kelembaban udara 75%.

Dari sisi geografis, Surakarta berada di dataran rendah dengan ketinggian 105 m dpl. Posisi Surakarta yang dikelilingi oleh Gunung Merapi (tinggi 2930 m) dan Gunung Merbabu (tinggi 3145 m) di sebelah barat, dan Gunung Lawu (tinggi 3265 m) di sebelah timur, serta dikelilingi oleh Bengawan Solo, membuat kondisi tanah di sekitar kota ini termasuk subur. Tanah di Solo mengandung mineral muda yang tinggi karena disebabkan oleh aktivitas vulkanik Gunung Merapi dan Lawu. Suburnya tanah di Solo juga didukung oleh ketersediaan air yang cukup melimpah sehingga sangat baik untuk budidaya sayuran, tanaman pangan, serta industri, seperti tebu dan tembakau.

Aspek yang tak kalah penting lainnya adalah pesatnya perkembangan industri pariwisata dan manufaktur di Surakarta selama 20 tahun terakhir. Hal ini berdampak pada perubahan peruntukan lahan yang digunakan untuk kegiatan industri dan permukiman penduduk. Penggunaan sebagian besar tanah adalah untuk lahan permukiman seluas 2.715,61 Ha (61,66%), dan untuk lahan industri seluas 101,42 Ha (2,3%). Selain itu, peningkatan jumlah perumahan yang signifikan juga disebabkan oleh pertambahan jumlah penduduk sehingga kebutuhan akan tempat tinggal, transportasi, serta fasilitas umum juga meningkat.

Memahami dan menerapkan aspek-aspek yang berlaku di Surakarta untuk menciptakan desain rumah ideal bukan pekerjaan yang mudah. Oleh karena itu, dibutuhkan jasa Interior Desainer dan Dekorator Surakarta untuk menjawab hal tersebut. Interior Desainer dan Dekorator Surakarta memiliki pengetahuan dan keahlian dalam membangun rumah yang sesuai dengan faktor-faktor yang berlaku di Surakarta. Interior Desainer dan Dekorator Surakarta memiliki pemahaman mendalam tentang berbagai aspek yang berlaku di Surakarta, antara lain iklim dan geografis, perkembangan kota dan masyarakat, serta budaya dan tradisi Surakarta.

Bagaimana menemukan Interior Desainer dan Dekorator yang tepat di Surakarta? Bersama Homify, Anda akan terhubung dengan banyak Interior Desainer dan Dekorator yang mumpuni dan berpengalaman di Surakarta. Konsultasikan proyek rumah impian Anda dengan profesional kami sekarang dan realisasikan hunian idaman.