Pine Cone - Royal Safari Garden by PHL Architects | homify
PHL Architects

PHL Architects

PHL Architects
PHL Architects
Invalid number. Please check the country code, prefix and phone number
Dengan mengklik 'Kirim' saya mengkonfirmasi bahwa saya telah membaca dan menyetujui Kebijakan Privasi bahwa informasi saya akan diproses.
Catatan: anda dapat mencabut persetujuan tersebut kapan saja dengan mengirim email ke privacy@homify.com.
Terkirim!
Profesional akan segera menjawab!

Pine Cone – Royal Safari Garden

Secara geografis, proyek ini terletak di dataran tinggi Cisarua, Bogor. Proyek Pine Cone adalah bagian dari proyek master plan yang dirancang ulang Royal Safari Garden Resort and Convention. Proyek Pine Cone menyediakan beberapa fasilitas seperti fasilitas Front office, Restoran, Re-tail, pameran Hewan, Bungalows dan fasilitas lainnya.


Meskipun situs ini berdekatan dengan jalan utama, hampir tidak terlihat dari jalan karena kondisi situs yang cekung. Apalagi posisi bangunan yang ada didorong jauh dari jalan utama. Kondisi ini membuat bangunan yang ada tidak menarik dan tidak menarik minat pengunjung. Daerah ini juga terletak di daerah padat penduduk dengan akses ke dua jalur mobil di kedua arah.

Menanggapi tantangan tersebut, para arsitek menarik bangunan dari tepi jalan dan mengangkat bangunan utama lebih tinggi dari jalan raya, dimana penarikan bangunan diharapkan  dapat mengurangi lalu lintas dan bangunan juga bisa dikenali dengan mudah dengan memposisikan bangunan lebih tinggi dari jalan. Selain untuk mengatasi masalah kondisi situs, arsitek juga ingin membuat terobosan desain inovatif dan efisien dengan mengusung konsep Pine cone di mana konsep itu terinspirasi oleh pohon pinus di situs. Panel fasad ditumpuk seperti kulit pinus sehingga cahaya dan udara memungkinkan masuk melalui celah fasad. Bahan bangunan juga menggunakan panel rotan sintetis dan kaca.

Terobosan desain fasad yang unik membuat proyek ini menjadi ikon tujuan baru di Puncak. Perawatan fasade terbukti berhasil dalam memanfaatkan udara dingin di Puncak menjadi ventilasi alami bangunan yang membuat udara di dalam bangunan sejuk dan segar tanpa menggunakan pendingin udara. Cahaya yang masuk juga disaring melalui fasad sehingga tingkat keterangan cahaya di dalam ruangan terpenuhi dengan baik. Kesimpulannya, Pine Cone dari Royal Safari Garden dirancang untuk menjadi bangunan berkelanjutan yang dapat mengurangi konsumsi energi dengan memanfaatkan pencahayaan alami dan udara. Di masa depan, fasad dari proyek ini akan menjadi teknologi fasad terobosan yang dapat diterapkan di daerah beriklim tropis seperti di Indonesia.

Ukuran total
18 m / 15000 m² (Tinggi / Area)
Lokasi
Bogor
  • Exterior - Front View Full:  Ruang Komersial by PHL Architects

    Exterior – Front View Full

  • Exterior - Main Building:  Ruang Komersial by PHL Architects

    Exterior – Main Building

  • Exterior - Detail Facade:  Ruang Komersial by PHL Architects

    Exterior – Detail Facade

  • Interior - Detail Facade:  Ruang Komersial by PHL Architects

    Interior – Detail Facade

  • Interior - Detail Facade:  Ruang Komersial by PHL Architects

    Interior – Detail Facade

  • Interior - Lobby Area:  Ruang Komersial by PHL Architects

    Interior – Lobby Area

  • Interior - Lobby to Restaurant:  Ruang Komersial by PHL Architects

    Interior – Lobby to Restaurant

  • Interior - Restaurant:  Ruang Komersial by PHL Architects

    Interior – Restaurant

  • Interior - Restaurant:  Ruang Komersial by PHL Architects

    Interior – Restaurant

  • Interior - Restaurant:  Ruang Komersial by PHL Architects

    Interior – Restaurant

Admin-Area