Atap: Ide desain, inspirasi & gambar

  1. Butuh bantuan untuk proyek rumah anda?
    Butuh bantuan untuk proyek rumah anda?
  2. Butuh bantuan untuk proyek rumah anda?
    Butuh bantuan untuk proyek rumah anda?
  3. Ad
  4. Ad
  5. Ad
  6. Ad

Atap

Atap rumah merupakan bagian crucial dari struktur sebuah bangunan. Atap berfungsi menaungi dan melindungi dari sengatan terik matahari maupun cucuran air hujan. Sehingga memberi rasa aman penghuninya.

Indonesia yang terkenal dengan keanekaragaman budayanya yang memiliki ciri khas tersediri di setiap daerah, di mana atap rumah memiliki desain berbeda-beda.

Jenis atap apa saja yang bisa digunakan untuk membangun rumah?

Atap Genteng

Jenis ini paling banyak digunakan di Indonesia karena cocok dengan iklim tropis. Genteng dibedakan berdasarkan bahan baku membuatnya yakni tanah liat, beton, metal atau seng, serat fiber semen atau asbes, kaca. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, karena itu agar lebih efektif sesuaikan sesuai kebutuhan dan selera penghuni saat ingin menggunakannya. Atap dengan bahan tanah liat membantu memberikan kesejukan baik pada siang maupun malam.

Kendati begitu, atap jenis ini juga memiliki kekurangan yakni mudah pecah. Harga atap genteng bervariatif tergantung dari ukuran, merk dan jenisnya. Dimulai dari harga Rp 25.000 sampai dengan Rp 122.000 per lembarnya. Sedangkan untuk harga genteng tanah liat yang paling banyak digunakan harga berada pada kisaran Rp 1.150/lembar s/d Rp 2.750,-

Atap Sirap

Zaman penjajahan Belanda, rumah-rumah di Indonesia umumnya menggunakan atap jenis ini dan rumbia Keduanya biasa disebut atap alami karena materialnya dari bahan-bahan alam yang mudah dijumpai. Atap sirap terbuat dari kayu salah satunya kayu ulin yang dapat bertahan puluhan bahkan ratusan tahun. Bisa juga menggunakan jenis kayu lain yang sudah diawetkan secara sempurna. Atap ini membuat rumah menjadi sejuk karena menyerap panas matahari dengan baik. Harga material ini sangat terjangkau. Namun seiring waktu harganya kian melambung tinggi dan bahkan sulit diperoleh. Ketahanannya tidak lama dan perawatannya tergolong sukar apabila mengalami kebocoran.

Atap Rumbia

Dibuat dari tumbuhan berjenis palem-paleman yang hidup di rawa. Daun rumbia dirangkai sedemikian rupa lalu ditata dengan rapi diatas rangka atas rumah menjadikan rumah terlihat alami dan menyatu dengan alam. Di beberapa daerah tertentu di Indonesia khususnya pedalaman masih menggunakannya. Keunggulannya biaya pembangunan murah dan konstruksi ringan. Meski sudah jarang dijumpai terutama di kota-kota besar, di beberapa daerah atap jenis ini dibrandol mulai harga Rp 3.500/meter, dan biasa dipakai untuk atap gazebo.

Atap Seng/metal bergelombang

Kelebihan atap ini instalasinya mudah karena tidak membutuhkan konstruksi atau rangka yang banyak. Hargapun terjangkau. Namun begitu, penggunaannya hanya terbatas pada bangunan-bangunan khusus karena memiliki kekurangan yang tidak bisa diabaikan yakni mudah panas sehingga mempengaruhi suhu ruangan menjadi cepat pengap, kurang mampu meredam suara sehingga saat hujan menghantam menimbulkan suara yang sangat ribut, demikian pula saat angin kencang akan menimbulkan bunyi derik karena karena gesekan antar lempeng seng. Harga material ini sangat variatif tergantung jenis, ukuran dan material pelapis. Berkisar antara Rp 47.000/lembar – Rp 8.500.000/lembar.

Atap PVC

Polyvinyl Chloride biasa digunakan pada atap canopy rumah, atap gudang dan pabrik, peternakan dan agriculture, penghubung jalan, garasi, teras, dll. Yang saat ini tengah in adalah jenis Alderon atau PVC Rooftop. Jenis ini sangat baik dalam meredam panas maupun suara, juga kuat dan tahan lama. Sangat aman untuk kesehatan karena dapat melindungi keluarga dari terpaan sinar UV dari matahari. Alderon mampu Memantulkan Panas Hingga 70%, meredam suara hingga 15 Db, anti Karat, tahan lama dan lentur, tidak memerlukan perawatan khusus, Instalasi cepat dan mudah, dan tahan terhadap beban dan benturan serta bahan kimia. Harga sangat variatif mulai dari Rp 199.000,- /m2 sampai dengan Rp 460.000,- /m2 sesuai dengan kualitas bahan.

Atap Genteng Aspal

Bahan ini semakin populer digunakan dalam beberapa tahun terakhir.Dapat menyerap sinar matahari dengan baik sehingga membuat rumah menjadi sejuk. Genteng aspal terbuat dari bahan yang fleksibel sehingga mudah digunakan pada berbagai desain dan kompleksitas model atap, bahkan pada kubah dan atap bulat. Bahan atap yang indah dan terpercaya ini adalah ketahanannya terhadap curah hujan, ketahanan terhadap terik matahari dimusim panas dan tahan terhadap kelembaban tinggi. Selain itu, kedap suara jadi tidak berisik saat hujan turun, tidak membusuk, tidak mengumpulkan aliran listrik statis, tahan terhadap korosi. Harga genteng aspal bervariasi dimulai dari Rp 112.500 per grosirnya dengan minimal tertentu.

Atap Beton Bertulang

Banyak digunakan pada gedung-gedung bertingkat tinggi dan pada rumah tinggal yang di desain untuk dapat di tingkat di masa mendatang.

Apa saja bentuk atap rumah itu?

Atap pelana

Merupakan bentuk atap yang paling cocok dengan berbagai desain rumah di Indonesia. Ongkos pembuatan murah dan pemeliharaannya pun mudah. Selain itu atap pelana memiliki daya serap radiasi dan panas yang baik untuk digunakan di daerah tropis. .

Atap Pelimas atau Perisai

Terdiri dari dua bidang miring berbentuk trapesium. Dua bidang atapnya berbentuk segitiga siku dengan kemiringan yang biasanya sama. Biaya desain lebih mahal karena menggunakan rangka lebih banyak. Selain itu resiko bocor cukup riskan akibat banyaknya sambungan saat merancang. Kelebihannya mampu memberikan perlindungan terhadap dinding rumah bagian luar dari terik sinar matahari dan derasnya hujan.

Atap Sandar

Umumnya digunakan pada bangunan tambahan seperti selasar, balkon atau teras. Namun juga banyak digunakan pada rumah bergaya modern maupun minimalis,dan dikombine dengan atap pelana.Tepi atas pada atap sandar biasanya menempel dengan tembok vertikal, atau disebut juga atap temple. Konstruksinya adalah setengah kuda-kuda atau dapat diganti dengan dinding sofi-sofi.

Atap Datar

Biasa diterapkan pada rumah-rumah modern kontemporer berbentuk segi empat atau kubus. Terbuat dari dak beton dengan konstruksi berupa balok dan plat beton. Konstruksi pola datar yang memanjang kearah horizontal biasa dimanfaatkan sebagai ruang menjemur pakaian atau rooftop garden oleh beberapa pemilik rumah. Kendati begitu bentuk atap ini potensial memperbesar kebocoran karena air hujan sulit mengalir ke bawah. Umumnya disiasati dengan mendesain atap pada kemiringan tertentu, sehingga air hujan tidak tertahan.

Jenis dan atap seperti apa yang baik untuk rumah saya?

Setiap material atap dan model mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Sebaiknya Anda menyesuaikan material dan model atap berdasarkan desain rumah yang sudah Anda rencanakan. Anda pun bisa bebas berkreasi dengan material yang sangat beragam. Untuk hasil yang memuaskan dan profesional hubungi ahli atap serta arsitek yang tersedia dalam database homify.