Atap datar: Ide desain, inspirasi & gambar

  1. Mountain View:  Atap datar by Nuansa Studio Architect
  2. Villa Resort:  Atap datar by Nuansa Studio Architect
  3. Butuh bantuan untuk proyek rumah anda?
    Butuh bantuan untuk proyek rumah anda?
  4.  Atap datar by FingerHaus GmbH
    Ad
  5.  Atap datar by NOUVELLE. | Proje Danışmanlık
  6.  Atap datar by FIORELLINO paysagiste
  7.  Atap datar by Giardini Giordani
  8. Butuh bantuan untuk proyek rumah anda?
    Butuh bantuan untuk proyek rumah anda?
  9.  Atap datar by Giardini Giordani
  10.  Atap datar by Co*Good Design Co. Ltd.
  11.  Atap datar by FingerHaus GmbH
    Ad
  12.  Atap datar by Bolier Ontwerp & Bouwregie
  13.  Atap datar by Crescente Böhme Arquitectos
    Ad
  14.  Atap datar by Ciudad y Arquitectura
  15.  Atap datar by homify
  16.  Atap datar by FIORELLINO paysagiste
  17.  Atap datar by Constructora Rukalihuen
    Ad
  18.  Atap datar by Recasa  S.L.
    Ad
  19.  Atap datar by Recasa  S.L.
    Ad
  20.  Atap datar by Recasa  S.L.
    Ad
  21.  Atap datar by IQ Glass UK
  22.  Atap datar by Fotografia wnętrz - Margo
  23.  Atap datar by RFoncerrada arquitectos
  24.  Atap datar by 新綠境實業有限公司
  25.  Atap datar by 新綠境實業有限公司
  26.  Atap datar by 新綠境實業有限公司
  27.  Atap datar by JLS ILUMINACIONES S.A.S.
  28.  Atap datar by MAU ALBAÑILERIA EN GENERAL SL
    Ad
  29.  Atap datar by MAU ALBAÑILERIA EN GENERAL SL
    Ad
  30.  Atap datar by MAU ALBAÑILERIA EN GENERAL SL
    Ad
  31.  Atap datar by MAU ALBAÑILERIA EN GENERAL SL
    Ad
  32.  Atap datar by MAU ALBAÑILERIA EN GENERAL SL
    Ad
  33.  Atap datar by MAU ALBAÑILERIA EN GENERAL SL
    Ad

Mengapa atap datar adalah pilihan tepat?

Siapa bilang sebuah rumah tidak bisa dibangun tanpa genteng? Ini bukan sesuatu yang mustahil karena atap datar akan membuatnya menjadi mungkin. Atap datar sering kali menjadi pilihan bagi masyarakat yang tinggal di sebuah lokasi di mana kayu untuk material bangunan sulit didapatkan. Mereka yang tinggal di area sempit juga akan mendapatkan keuntungan dari bentuk atap rumah yang datar. Atap datar di rumah berdimensi kecil dapat dianggap sebagai bonus, karena tersedia area tambahan di atas rumah seperti teras atap untuk bersantai atau untuk bercocok tanam. Sementara pencinta gaya minimalis dapat mengaplikasikan sentuhan minimalis pada rumah mereka dengan cara sederhana, yaitu mengubah bentuk atap rumah lama menjadi atap datar.

Selain itu, atap datar juga bisa membantu menjaga kesehatan penghuni rumah. Atap datar jenis built-up roof, misalnya, tahan terhadap berbagai cuaca dan bisa menangkal paparan ultraviolet yang terkandung dalam sinar matahari. Sistem atap datar PVC dikenal ramah lingkungan karena sisa material yang digunakan bisa dimanfaatkan kembali untuk membangun komponen bangunan lainnya. Sementara atap datar modified bitumen (aspal modifikasi) terkenal lebih kuat dan lebih sedikit risiko mengalami kebocoran.

Jenis-jenis material atap datar

Atap datar bisa dibedakan berdasarkan material penyusunnya. Beberapa di antaranya akan kami jabarkan dengan singkat sebagai berikut:

1. TPO

TPO adalah singkatan dari Thermoplastic Polyolefin, yaitu material atap datar yang terdiri dari komposisi batu-batuan yang dipanaskan dalam suhu tinggi agar melekat satu sama lain. TPO populer digunakan sebagai material green building karena tidak mengandung peliat tambahan dan tahan terhadap radiasi ultraviolet. TPO tersedia dalam pilihan warna putih, abu-abu dan hitam. TPO adalah material yang tergolong baru dalam dunia konstruksi, sehingga masih memiliki kekurangan seperti kerusakan pada lapisannya terutama saat terpapar panas dalam waktu lama. Diperlukan waktu agar material TPO bisa sempurna.

2. PVC

Kelebihan atap datar jenis ini telah terungkap singkat di atas. Atap PVC (Polyvinyl Chloride) juga dikenal dengan sebutan atap vinyl. Material ini terbuat dari dua bahan sederhana, yaitu bahan bakar fosil dan garam. PVC mengandung peliat sehingga material ini lebih fleksibel, ringan, dan tahan terhadap kebocoran jika diinstalasi dengan tepat. Namun PVC tidak kompatibel dengan produk berbahan aspal. Warna atap PVC akan memudar, mengeras dan cepat aus jika bertemu dengan material aspal. Semua material mengandung aspal harus disingkirkan dulu dari atap ketika kita hendak memasang membran PVC.

3. EPDM

Ethylene propylene diene monomer rubber (EPDM) adalah karet sintetis yang biasa digunakan untuk material atap dalam bentuk jadi, mudah dipasang, dan harganya cukup terjangkau. Selain itu material EPDM juga tahan terhadap perubahan suhu dan sinar ultraviolet. Jika dipasang dengan tepat, membran EPDM dapat bertahan sampai dengan 30 tahun. Kekurangan membran atap datar dari bahan ini adalah mudah rusak karena ranting pohon yang jatuh, atau karena sering digunakan untuk beraktivitas.

4. Spray on coating

Atap datar jenis spray on adalah atap datar yang dibuat dengan cara menyemprotkan bahan pelapis (coating) pada atap. Pertama, insulasi spray disemprotkan langsung pada area atap, kemudian dilapisi dengan urethane atau coating akrilik. Tahap selanjutnya adalah meratakan campuran pasir dan kerikil pada atap. Atap datar jenis ini memiliki lapisan tahan air yang merata di seluruh bagiannya. Meski demikian, jika drainase di atap kurang sempurna maka genangan air akan membuat atap ini mudah runtuh.

Perkiraan biaya pembangunan atap datar

Untuk menghindari membengkaknya biaya pembangunan, perencanaan biaya harus dibuat jauh-jauh hari sebelum proses pembangunan atap datar dimulai. Beberapa hal yang sebaiknya menjadi pertimbangan adalah ukuran atap datar, tingkat kerumitan pekerjaan, material yang digunakan, dan metode pemasangan. Meski material EPDM harganya cukup terjangkau, namun tenaga ahli dalam hal pemasangan membran EPDM cukup langka dan biasanya mereka mematok tarif tinggi. Sedangkan pemasangan atap datar PVC bisa menjadi rumit jika ada produk berbahan aspal di atap Anda.

Sebuah sumber memperkirakan dibutuhkan dana sebesar Rp 175 juta sebagai biaya konstruksi fisik rumah tinggal atap datar beton bertulang dengan orientasi pemanfaatan atap datar. 73% dari biaya itu digunakan sebagai biaya pengadaan bahan, sedangkan 27% nya adalah biaya pekerja.

Proses pembangunan atap datar

Sebagai bahan pertimbangan, ada baiknya Anda mengetahui proses pembangunan atap datar yang lazim diterapkan para kontraktor. Inilah ulasan singkat kami tentang cara membuat atap datar:

1. Pilih material atap datar yang sesuai dengan kondisi sekitar dan bujet Anda.

2. Lepas atau singkirkan material penyusun atap lama.

3. Ganti bagian yang bocor atau berlumut sebelum Anda memasap atap datar.

4. Buat ruang kosong antara ruangan di bawah dan atap datar dengan memasang plafon yang berjarak 30 sampai 50 cm dari atap datar.

5. Pasang cant strips (semacam balok kayu panjang dengan dua sisi horizontal, di mana satu sisinya rata sedangkan sisi lainnya berbentuk miring) sebagai lapisan tahan air atap datar.

6. Tutup celah-celah yang tampak dengan bahan logam (flashing).

7. Aplikasikan material atap datar pilihan Anda.

Setelah mengetahui proses pembuatan atap datar di atas, sulit rasanya membuat atap datar tanpa pengalaman yang memadai di bidang ini. Ini bukan masalah besar karena Anda bisa berkonsultasi pada salah satu tenaga ahli kami.