Carport: Ide desain, inspirasi & gambar

  1. Depan :  Carport by CV. ARRAHMAN CONSTRUCTION
  2. Carport dan Teras:  Carport by Cendana Living
  3. Butuh bantuan untuk proyek rumah anda?
    Butuh bantuan untuk proyek rumah anda?
  4.  Carport by Pergomadera Pérgolas y Porches de madera
  5.  Carport by Steelmanufaktur Beyer
  6.  Carport by Steelmanufaktur Beyer
  7.  Carport by Carport-Schmiede GmbH + Co. KG
  8. Butuh bantuan untuk proyek rumah anda?
    Butuh bantuan untuk proyek rumah anda?
  9.  Carport by studio arquitectura
    Ad
  10.  Carport by Pergomadera Pérgolas y Porches de madera
  11.  Carport by RJ Arquitectos
  12.  Carport by Schmiedekunstwerk GmbH
  13.  Carport by Schmiedekunstwerk GmbH
  14.  Carport by Herrmann Massivholzhaus GmbH
  15.  Carport by Schmiedekunstwerk GmbH
  16.  Carport by Grupo Arquidecture
  17.  Carport by GRUPO VOLTA
    Ad
  18.  Carport by Pergomadera Pérgolas y Porches de madera
  19.  Carport by 前田篤伸建築都市設計事務所
  20.  Carport by HOME
    Ad
  21.  Carport by Pangea Arquitectura & diseño
  22.  Carport by Zakład Stolarski Poznań
  23.  Carport by Schmiedekunstwerk GmbH
  24.  Carport by Giotta Studio
  25.  Carport by CAPMON
  26.  Carport by Steelmanufaktur Beyer
  27.  Carport by Corneille Uedingslohmann Architekten
  28.  Carport by Hak yapı sistemleri
  29.  Carport by Eduardo Gutiérrez Taller de Arquitectura
    Ad
  30.  Carport by AD+ arquitectura
  31.  Carport by ONLYWOOD
    Ad
  32.  Carport by Siebau Raumsysteme GmbH & Co KG
  33.  Carport by GPro - Gabinete de Proyectos
    Ad

Carport definisi dari Bahasa inggris yaitu tempat parkiran mobil bagi yang belum punya garasi atau tempat parkiran mobil sebelum masuk ke garasi. Carport bisa digunakan untuk tempat bermain anak-anak karena memiliki ruang terbuka yang cukup luas. Yang tidak kalah pentingnya carport itu berfungsi sebagai penghubung garasi dengan jalan keluar dari rumah.

Untuk desain carport harus perhatikan ruang, ukuran, sudut serta lokasi yang akan dibuat supaya hasil jadinya seperti kita harapkan.

Apa saja yang harus diperhatikan dalam pembuatan carport?

Perhatikan luas lahan Luas lahan merupakan faktor krusial untuk menentukan seberapa besar luas akan ditempatkan oleh mobil. Tergantung jenis merek mobilnya. Jangan lupa berikan ruang minimal untuk gerak maju mobil dan bisa memasukkan motor kesitu. Lebar minimum carport adalah 2,5 meter. Ini adalah lebar minimum. Sedangkan lebar idealnya adalah 3 meter. Untuk standar Eropa, lebar minimumnya adalah 10 foot (3,5 meter). Sedangkan untuk panjangnya, ukuran minimal adalah 4,8 meter. Sedangkan ukuran panjang carport yang ideal adalah 5,5 atau 6 meter. Ini semua adalah ukuran untuk satu mobil. Bila Anda memiliki kendaraan lain misalnya sepeda motor, yang diharapkan bisa parkir di samping mobil atau di belakangnya, tinggal ditambahkan saja lebarnya. Sebagai patokan, untuk sepeda motor bebek biasa, memiliki panjang sekitar 2 meter dan lebar 80 cm dengan posisi berdiri miring.

Perhatikan Letak Carport

Letak carport harus diperhatikan Karena menjadi keluar masuk mobil ke jalanan. Usahakan agar pintu utama ke carport minimalis tidak dipasang. Jika terpaksa dipasang berikan penanda berupa jalan setapak sebagai penghubung ke rumah anda.

3. Perhatikan bentuk dan struktur carport

Sesuaikan model dan desain carport minimalis dengan desain rumah Anda. Pastikan pemilihan bahan untuk konstruksi carport yang berkualitas Karena hal ini akan berpengaruh terhadap kekuatan dan keamanan struktur carport rumah Anda.

4. Perhatikan talang air

Jangan sampai posisi talang air salah tempat sehingga mengenangi carport Anda dan pastikan sesuai dengan desain rumah Anda.

5. Gunakan struktur yang sederhana

Untuk penghematan anggaran Anda gunakanlah struktur yang sederhana seperti material berkualitas tapi masih terjangkau harganya dan sesuai dengan dompet Anda. Seperti besi, stainless steel, batu alam, dan lainnya.

Bagian yang penting dari carport tak boleh dilupakan untuk membuat desain carport sesuai gaya keinginan anda adalah lantai. Untuk mendapatkan hasil terbaik, desain carport harus memenuhi syarat-syarat berikut:

1. Permukaan lantai harus kasar atau bertekstur

Ini adalah salah satu syarat untuk mendesain carport pada permukaan lantai harus kasar atau memiliki tekstur. Bertujuan untuk menjadi tidak licin pada saat terkena air atau basah Karena hujan.

2. Harus kuat menahan beban

Supaya lantai carport bisa bertahan lama. Pilihlah kualitas lantai yang awet dan tahan pecah terhadap beban mobil kita melebihi dari dua ton.

3. Harus tahan terhadap perubahan cuaca

Syarat terakhir yang harus dipenuhi carport adalah harus tahan terhadap cuaca baik panas maupun dingin. Carport adalah ruangan semi terbuka yang berpapasan langsung dengan udara dan cuaca d iluar sana. Selain itu, lantai carport juga harus tahan terhadap lumut dan jamur. Jika belum yakin, konsultasikan dengan ahli ubin atau lantai.

Untuk itu diperlukan teknik desain carport yang sesuai supaya bekerja seperti fungsinya seperti berikut:

1. Melakukan pemadatan pada tanah lokasi carport yang dibangun

Teknik ini bertujuan untuk menghindari adanya risiko penurunan terhadap permukaan tanah. Jika lebih mudah gunakan tanah yang tidak ekspansif sebagai pengganti permukaan tanah carport rumah anda.

2. Buatlah pondasi ringan atau rollag bata

Perlu diperhatikan bahwa pada saat Anda membuat lantai untuk carport sebaiknya terdapat batas secara langsung dengan tanah untuk membuat taman. Bertujuan agar tanah carport tidak masuk ke area taman. Oleh Karena itu, diperlukan membuat pondasi ringan terlebih dahulu di bagian sisi pinggiran carport. Juga bisa menggunakan batu bata yang dimasukkan pada kedalaman sekitar 30 cm.

3. Perhatikan sistem drainase dan ukuran kemiringan.

Sistem drainase harus diperhatikan untuk menghindari resiko air hujan yang turun dapat menggenangi carport rumah anda. Bila air terus menerus mengalir dan menimbulkan genangan, maka akan membuat konstruksi bangunan menjadi cepat rusak. Ukuran kemiringan yang paling ideal adalah sekitar 1-2 derajat, yaitu setiap satu meter panjang lantai maka permukaan lantainya turun sekitar 1 cm pada saluran pembuangan air.

4. Membuat landasan miring.

Ini adalah langkah terakhir untuk membuat landasan miring agar mudah memasukkan kendaraan ke carport rumah karena lantai carport rumah lebih tinggi daripada ukuran jalanan biasanya.

Selain itu, ada beberapa tipe desain lantai yang dijadikan referensi untuk carport:

Permainan garis

Ini adalah tipe desain keramik sederhana yang banyak dipakai oleh pemilik carport minimalis. Permainan garis untuk keramik carport unik sangat baik untuk rumah minimalis yang identik dengan garis lurus. Dapat menggunakan permainan garis secara abstrak supaya keramik carport menjadi unik, tentunya dengan menggunakan warna yang sesuai dengan desain rumah. Permainan garis dapat berupa menata keramik seperti menganyam atau susunan batu bata yang sangat indah dijadikan penutup lantai carport

Permainan warna

Supaya keramik carport Anda lebih cerah gunakanlah metode permainan warna. Permainan warna ini dapat diambil dari beberapa warna rumah anda. Salah satu warna natural yang dapat digunakan untuk keramik carport unik adalah warna hitam dengan putih, atau abu-abu.

Menggunakan motif bunga

Dengan motif bunga bisa digunakan menciptakan desain keramik carport unik. Bisa dipadukan untuk beberapa warna untuk menciptakan motif bunga yang indah. Warna-warna yang cerah akan sangat membantu menciptakan desain yang unik dan indah. Salah satu desain yang biasa digunakan adalah bentuk bunga dengan ukuran besar di tengah carport.

Menggunakan motif kotak

Desain keramik carport unik bisa juga memakai metode permainan kotak. Kotak kotak yang disusun rapi akan membuat carport terlihat bersih. Selain itu juga motif kotak yang dibuat besar kecil dengan di acak akan memberikan keunikan tersendiri pada carport yang anda miliki. Permainan kotak dapat diselingi dengan permainan warna yang unik.

Menggunakan motif hewan

Penggunaan keramik carport unik menggunakan motif hewan sangat baik dan indah. Bisa kita pilih corak hewan yang dipadukan dengan warna serasi.

Penggunaan batu alam

Selain desain carport unik dengan keramik, untuk menghias lantai carport juga dapat menggunakan batu alam. Penggunaan batu alam ini akan membuat banyak motif daripada keramik. Batu alam dapat dibuat sesuai keinginan. Seperti hewan, tulisan, maupun lainnya. Batu alam yang biasa digunakan adalah batu kerikil. Batu dengan ukuran kecil ini sangat mudah dibentuk menjadi gambar yang unik. Selain itu juga banyaknya batu tidak akan membuat carport menjadi licin.

Untuk saat ini keramik carport unik kalah dengan penggunaan batu alam untuk menutup lantai carport. Selain membuat banyak motif unik, perawatan batu alam yang mudah juga menjadi incaran banyak orang. Yang perlu diperhatikan adalah desain carport harus serasi dengan desain rumah. Ingin yang cepat jadi dan terjangkau? Cobalah garasi prefabrikasi.

Estimasi biaya yang dibutuhkan membangun carport sebesar Rp 5 – 25 juta. Harga tersebut sangat dipengaruhi dari pemilihan jenis struktur dan material yang digunakan. Bila dana terbatas, fokus kembali ke fungsi utama carport yaitu melindungi kendaraan dari panas dan hujan. Juga memastikan bahan lantai kokoh dan aman digilas roda kendaraan.

Jika dana sudah ada, Anda boleh saja mencari referensi carport dari majalah, buku, televisi, dan internet. Perhatikan desain yang dibangun, jenis atau bentuk struktur, dan pilihan bahan kanopi. Begitu juga, soal penataan cahaya lampu dan hiasan yang cocok untuk dipajang.