Dapur built-in: Ide desain, inspirasi & gambar

  1. Modern Masculine house:  Dapur built in by Exxo interior
    Ad
  2. Kitchen:  Dapur built in by Vinch Interior
  3. Butuh bantuan untuk proyek rumah anda?
    Butuh bantuan untuk proyek rumah anda?
  4. Kitchen Set Modern Minimalist:  Dapur built in by Claire Interior Design & Building
  5. Kitchen and Laundry:  Dapur built in by March Atelier
  6. Interior Apartemen Jakarta:  Dapur built in by PT Adhi Rajasa Mahawirya
    Ad
  7. MOI Kitchen Cabinetry:  Dapur built in by PT Adhi Rajasa Mahawirya
    Ad
  8. Butuh bantuan untuk proyek rumah anda?
    Butuh bantuan untuk proyek rumah anda?
  9. Dapur:  Dapur built in by Exxo interior
    Ad
  10. Modern Masculine house:  Dapur built in by Exxo interior
    Ad
  11. Kitchen Set Modern Minimalist:  Dapur built in by Claire Interior Design & Building
  12. SMALL NOT TO SMALL:  Dapur built in by Moire Living
  13. Ruang Makan dan Area Dapur:  Dapur built in by RHBW
    Ad
  14. Dapur + Mini Bar:  Dapur built in by Likha Interior
    Ad
  15. Dapur (Detail):  Dapur built in by Likha Interior
    Ad
  16. dapur:  Dapur built in by PT. Leeyaqat Karya Pratama
    Ad
  17. dapur:  Dapur built in by PT. Leeyaqat Karya Pratama
    Ad
  18. dapur idaman:  Dapur built in by PT. Leeyaqat Karya Pratama
    Ad
  19. LUXURIOUS MASCULINE APARTMENT @ SEASON CITY, WEST JAKARTA:  Dapur built in by PT. Dekorasi Hunian Indonesia (DHI)
    Ad
  20. Gallery West Apartment:  Dapur built in by Jati and Teak
    Ad
  21. Wet Kitchen of Private House at PIK, North Jakarta:  Dapur built in by Simply Arch.
  22. Wet Kitchen of Private House at PIK, North Jakarta:  Dapur built in by Simply Arch.
  23. Wet Kitchen of Private House at PIK, North Jakarta:  Dapur built in by Simply Arch.
  24. Mini Bar:  Dapur built in by Likha Interior
    Ad
  25. Dining & Kitchen:  Dapur built in by Vaastu Arsitektur Studio
  26. LV Residence:  Dapur built in by EquiL Interior
  27. :  Dapur built in by INERRE Interior
  28. :  Dapur built in by INERRE Interior
  29. :  Dapur built in by INERRE Interior
  30. :  Dapur built in by INERRE Interior
  31. :  Dapur built in by INERRE Interior
  32. :  Dapur built in by INERRE Interior
  33. Kitchen:  Dapur built in by INERRE Interior

Saat ini dapur bukan lagi menjadi tempat yang kotor, bau dan tersembunyi di bagian belakang rumah. Dapur modern telah menjelma menjadi sebuah ruang publik yang mempunyai banyak fungsi, tidak hanya menjadi tempat mengolah makanan namun menjadi tempat berkumpul bersama keluarga dan kerabat untuk bersosialisasi bahkan mendidik anak sambil menikmati makanan.

Sebagai tempat publik, dapur modern dituntut untuk berpenampilan menarik dan bergaya tanpa meninggalkan fungsi utamanya sebagai tempat mengolah makanan. Trend gaya penataan dapur yang simpel, praktis, smart dan stylish menjadi idola masyarakat saat ini.

Dapur built in / kitchen set adalah sebuah solusi mewujudkan sebuah dapur modern yang fungsionalis dan bergaya. Dengan perencanaan yang matang dapur kitchen set akan memberikan penampilan yang berbeda pada dapur Anda.

Apa itu dapur built in?

Sesuai dengan namanya, dapur built in adalah dapur yang di rencanakan dengan baik sehingga mampu menyatu baik konsep maupun fisiknya dengan rumah dan kepribadian pemiliknya. Dikatakan menyatu karena secara fisik dapur built in dirancang untuk menyesuaikan dengan kondisi rumah dan ruang yang disediakan agar tercipta ruang yang lega, tempat penyimpanan dan yang tren saat ini adalah mengkombinasikan dapur dengan ruang makan dan teras.

Bagaimana cara membuat dapur built in?

Cara paling mudah untuk membuat dapur built in adalah berhubungan dengan para profesional yang berpengalaman dalam mendesain dan membuat dapur built in. Namun Anda sebelumnya juga harus mencari referensi dan mempunyai konsep dapur yang Anda inginkan agar anda yakin, apakah dapur ini yang paling cocok untuk dapur anda atau dapur jenis lain misalnya unit dapur biasa.

Biasanya para profesional akan mengukur ruang yang direncanakan sebagai dapur, menanyakan konsep yang Anda inginkan, setelah itu mereka akan mendesain dapur dan memberikan kepada Anda alternatif desain dapur yang Anda inginkan.

Ceritakan detail kabinet, warna, material, worktop, laci, rak dan penerangan seperti apa yang Anda inginkan. Semakin detail keinginan Anda, maka akan semakin mudah untuk merencanakan dapur impian Anda.

Apa kelebihan mempunyai dapur built in?

Banyak keuntungan yang diperoleh jika memiliki dapur built in, diantaranya adalah:

Sesuai keinginan Anda

Anda bisa bebas berkreasi dan leluasa memasukkan ide saat tahap perencanaan. Anda bisa menciptakan dapur yang sesuai dengan kepribadian Anda.

Menarik

Dapur built in menawarkan penampilan yang menarik dan terintegrasi secara visual.

Memaksimalkan ruang

Penataan furnitur dalam dapur tidak menyisakan ruang “mati”, yaitu sudut ruang yang tidak terpakai ketika memakai furnitur yang sudah jadi.

Efisien dan tertata

Dapur yang terencana ini akan menciptakan ruang penyimpanan peralatan masak dan makan yang sangat efisien dan tertata. Anda bisa menempatkan rak piring di laci bawah, sendok di laci atasnya, mangkok di sebelahnya dan stok bahan makanan di atasnya.

Begitu juga dengan penempatan kompor, oven, blender, food processor serta peralatan lain, Anda bisa menempatkan di posisi mereka di tempat-tempat yang Anda inginkan tanpa repot dengan slang gas, kabel dan stop kontak karena semua sudah terencana dengan baik.

Rapi

Apa kekurangan mempunyai dapur built in?

Biaya produk dan pemasangan selalu lebih tinggi di bandingkan dengan peralatan berdiri bebas.

Jika perbaikan di masa depan diperlukan, ini bisa menjadi prosedur yang lebih rumit dan memakan waktu.

Anda mungkin merasa sulit untuk mengoperasikannya dengan cara yang benar jika peralatan dapur yang dibangun di dalamnya memiliki sistem yang terlalu rumit.

Sifat produk yang terintegrasi membuatnya semakin kecil kemungkinannya Anda ingin meningkatkan dan menjaga dapur Anda sesuai dengan teknologi modern.

Bisa jadi rumit dan mahal untuk bisa berubah di masa depan, mungkin berdampak kabinet.

Material yang digunakan dalam dapur built in

Sebelum membuat dapur built in/kitchen set, anda haruslah mengetahui material pembuatnya, karena terdapat beragam material yang berbeda untuk set dapur. Material yang di peruntukkan untuk set dapur haruslah material kuat dan awet. Hal ini penting karena dapur sangat dekat dengan air, panas dan benda tajam.

Berikut adalah beberapa material yang sering digunakan dalam pembuatan dapur built in.

Multiplek atau plywood merupakan jenis kayu olahan terkuat. Bahan dasar yang digunakan untuk multiplek atau plywood adalah kulit kayu berlapis yang di press dengan tekanan tinggi.

Blockboard memiliki kemiripan dengan multiplek, hanya saja lapisan blockboard terbuat dari potongan-potongan kayu yang disusun secara horizontal, sedangkan lapisan multiplek disusun secara vertikal. Salah satu jenis kayu yang digunakan adalah sengon laut, salah satu jenis kayu yang kokoh dan tahan air.

MDF atau Medium Density Fiberboard merupakan jenis kayu olahan yang terbuat dari serbuk kayu yang di press dengan tekanan tinggi.

HPL atau High Pressure Laminate merupakan bahan pelapis berbentuk lembaran yang digunakan sebagai penutup paling atas kabinet atau meja dapur. HPL terbuat dari resin dan decorative paper yang memiliki corak dan warna yang beragam yang dapat kita gunakan guna dalam menambah kesan estetika kitchen set Anda.

Decosheet, sebagian ada yang menyebutnya tacon atau taconsheet. Pelapis lembaran ini terbuat dari bahan plastik yang lebih tipis dari HPL, karena bentuknya yang tipis decosheet sangat mudah untuk dibentuk.

Cat Duco merupakan tipe finishing yang paling mahal yang mampu membuat tampilan dapur lebih elegan dan menarik dengan pilihan warna dan corak yang variatif.

Untuk mencapai hasil yang maksimal dibutuhkan waktu yang cukup dalam proses pengerjaan nya.

Selain pilihan bahan utama tersebut, ada juga bahan lain yang mendukung penampilan dan kekuatan dapur built in, seperti marmer dan granit sebagai worktop.

Harga pembuatan dapur built in

Di Indonesia pembuatan dapur built in sering dihitung berdasarkan luas-an area yang akan dijadikan sebagai dapur. Harganya bervariasi berdasarkan jenis material yang dipakai mulai dari Rp.1.200.000,-. Namun jika Anda sudah memiliki desain dapur yang Anda inginkan beserta detail bahan dan ukuran, ada juga penjual jasa yang menawarkan jasa pembuatan dan Anda belanja sendiri material yang dibutuhkan.