Dapur country: Ide desain interior, inspirasi & gambar

  1. Butuh bantuan untuk dapur anda?
    Butuh bantuan untuk dapur anda?
  2. Ad
  3. Butuh bantuan untuk dapur anda?
    Butuh bantuan untuk dapur anda?
  4. Ad
  5. Ad
  6. Ad

Apa yang disebut gaya country?

Gaya country merupakan sebuah estetika yang merepresentasikan desain mirip rumah petani di daerah pedesaan. Gaya interior ini populer di tahun 1970an ketika para pemilik rumah berupaya memadukan benda-benda warisan generasi terdahulu dengan furnitur buatan terkini saat menata interior ruangan. Cara ini dilakukan dengan tujuan menciptakan rasa aman dan nyaman melalui suasana dan kehadiran benda-benda yang mengingatkan kita akan masa kecil, kakek nenek, orang tua, atau generasi terdahulu yang telah tiada. Sejalan dengan fungsi rumah bagi manusia yang bukan hanya menjadi tempat berlindung dan beristirahat, tapi juga sebagai sarang untuk memulihkan diri dari kelelahan fisik maupun psikis.

Istilah “country” atau pedesaan bermakna luas dan merepresentasikan gaya berbeda sesuai dengan lokasi geografis. Gaya country ala Amerika misalnya, identik dengan warna lembut dan putih pucat. Gaya country Prancis memiliki ciri pada penggunaan warna merah tua, kuning dan biru. Sedangkan gaya pedesaan Eropa Barat menonjolkan warna tanah, merah bata, atau kecoklatan. Bagaimana dengan di Indonesia? Mengingat beragamnya suku dan budaya, tidak ada keseragaman pada gaya country di Indonesia. Sama seperti negara-negara di luar sana, gaya country (pedesaan) di Indonesia berbeda antara satu wilayah dengan wilayah lainnya. Rumah pedesaan di Tanah Air pada umumnya adalah rumah adat atau rumah tradisional khas suku masing-masing. Rumah pedesaaan di Sumatra, Kalimantan, dan Sulawesi, misalnya, adalah rumah kayu yang didirikan di atas tiang-tiang. Sedangkan rumah pedesaan di Jawa umumnya adalah rumah berdinding bambu anyaman atau rumah berdinding batu bata tanpa furnish (batu bata ekspos) dengan atap bonnet atau atap joglo.

Agar tercipta kesinambungan visual di dalam rumah, semua ruangan di dalam rumah sebaiknya ditata sesuai dengan tema tata ruang yang sama, termasuk dapur. Dapur gaya jaman dulu bukan hanya mengingatkan kita akan momen-momen menyenangkan, tapi juga masakan-masakan khas keluarga yang tidak ditemukan di restoran atau food court di mal. Inilah mengapa dapur gaya country berpeluang menjadi dapur idaman para pecinta masak, karena kehangatan suasana akan menginspirasi ide-ide masakan lezat dari masa lalu.

Perbedaan dapur gaya country dan dapur gaya rustic

Gaya country dan gaya rustic sama-sama berangkat dari gagasan mendatangkan atmosfer masa lampau di masa kini. Manakah di antara dua gaya ini yang hendak kita aplikasikan pada dapur? Perbedaan antara dapur gaya country dan dapur gaya rustic berikut ini bisa menambah wawasan kita tentang karakter masing-masing gaya.

1. Furnitur dapur

Salah satu perbedaan utama antara dapur country dan dapur rustic adalah pada kesan antik atau lawas lemari dapur, perangkat dan asesoris dapur. Furnitur dan asesoris usang adalah elemen desain yang disengaja dengan tujuan untuk memperlihatkan tampilan kuno otentik dapur rustic. Desain dapur country memang mengandung elemen kuno. Namun sebagian besar furnitur dan asesoris dapur country adalah produk modern dan kekinian berpenampilan kuno yang difurnish dengan warna hangat dan lembut. Furnitur dapur gaya country juga telah tersedia di pasaran dengan berbagai warna berbeda. Kichen set gaya country yang terdiri dari lemari dapur, meja dapur, meja dan kursi makan bisa dimiliki dengan menyiapkan bujet sekitar Rp 8 juta.

2. Warna

Dapur rustic cenderung menggunakan warna-warna tanah dan paduan warna netral dengan sedikit kontras. Di sisi lain, dapur country menawarkan beragam paduan warna terang dan warna netral. Pada dapur country paduan warna ini bisa diaplikasikan bukan hanya untuk furnitur dapur, tapi juga flooring, dinding, backsplash, asesoris, bahkan balok kayu di langit-langit dapur dan kusen jendela atau pintu yang terhubung dengan dapur.

3. Dinding

Dinding batu bata ekspos adalah ciri khas gaya rustic, demikian juga pada dapur rustic. Sementara dapur country mengutamakan dinding bersih dengan finishing sempurna dan warna terang. Ada kalanya dinding dapur country dilengkapi dengan relung atau ceruk yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan benda keperluan memasak sehari-hari.

4. Tekstil

Meskipun dapur adalah tempat di mana semua pekerjaan berat dilakukan, tidak berarti kita tak bisa mendekorasi dapur dengan tekstil. Lap meja, serbet makan, atau taplak meja makan bisa menjadi unsur dekoratif yang fungsional di dapur. Warna tekstil yang cocok untuk dapur rustic adalah kecoklatan, coklat tua, atau merah bata yang mengandung ornamen tradisional. Sedangkan di dapur country, tekstil yang sempurna adalah berwarna biru, hijau, beige, coklat muda, atau putih dengan ornamen bunga, sekumpulan binatang, atau pemandangan alam dengan garis lembut dan warna cerah.

5. Lantai

Beberapa dapur rustic dan dapur country memanfaatkan lantai kayu sebagai flooring dapur. Meski demikian flooring ubin atau keramik juga bisa jadi pilihan. Seperti warna elemen lainnya, ubin dapur rustic tampil dalam warna-warna tanah atau retak-retak seperti lantai di sebuah rumah tua. Sementara ubin dapur gaya country cenderung tampil dalam warna lembut dan bermotif geometris. Motif floral atau bunga-bunga biasa ditemukan pada backsplash dapur country yang memanjang dari meja dapur sampai bak cuci piring.

6. Barang pecah belah

Demi mendapatkan estetika visual yang sempurna, keseragaman gaya sebaiknya diaplikasikan hingga detil terkecil. Di dapur, detil terkecil itu adalah piring, gelas, cangkir, dan barang pecah belah lain yang digunakan sebagai peralatan makan atau pajangan. Barang pecah belah di dapur rustic biasanya polos, berwarna gelap, tidak bermotif, bisa terbuat dari tanah liat atau keramik dengan warna tanah liat. Sedangkan barang pecah belah dapur country adalah kebalikannya. Peralatan makan dapur country lebih sering berwarna terang, bisa putih, biru muda, atau coklat muda. Di dapur gaya country, semua peralatan makan terbuat dari bahan keramik dan dihiasi dengan motif bunga, binatang, atau pemandangan alam. Keindahan motif membuat peralatan makan (dinner set) juga berfungsi sebagai elemen dekorasi dapur gaya country yang diletakkan dalam lemari kaca. Peralatan makan unik dan bermotif semacam ini bisa dimiliki dengan mengeluarkan uang sebesar Rp 700 ribu.

Ingin memastikan dapur gaya pedesaan anda sesuai hasil yang diinginkan namun tidak melebih bujet? Tanyakan langsung ahli kami di bidang desain dapur. Sebelum memutuskan desain yang ideal untuk anda, intip dulu inspirasi desain dapur gaya pedesaan dari kami.