Dapur tropis: Ide desain interior, inspirasi & gambar

  1. Ad
  2. Butuh bantuan untuk dapur anda?
    Butuh bantuan untuk dapur anda?
  3. Butuh bantuan untuk dapur anda?
    Butuh bantuan untuk dapur anda?
  4. Ad

Bagi Anda yang menyukai dapur lapang, terbuka dan terang, bisa jadi dapur bergaya tropis menjadi pilihan ideal untuk Anda. Dapur bergaya tropis terinspirasi dari pemandangan alam tropis yang mendapatkan sinar matahari sepanjang tahun dengan keberagaman tanaman dan binatang. Gaya tropis pada dapur mampu memberikan suasana dapur yang terang, hangat dan sirkulasi udara yang baik.

Banyak contoh dari dapur bergaya tropis yang tidak menggunakan penyedot asap dapur karena mempunyai jendela yang besar. Sebuah solusi hemat dan ramah lingkungan. Tertarik menghadirkan dapur tropis?

Bagaimana desain dapur bergaya tropis?

Sesuai dengan tema alam tropis, dapur tropis umumnya memiliki desain yang terang dan bernuansa alam tropis. Untuk memberikan dapur yang terang maksimal, idealnya dapur tropis terhubung dengan area taman atau kebun. Kebun kecil dengan tanaman pangan tropis tampak ideal dan menarik. Daun seledri, pohon pisang, pohon jeruk limau, lengkuas, kunyit, jahe adalah contoh tanaman tropis yang bisa menemani dapur tropis.

Namun jika tidak memungkinkan, dapur bisa dibuat dengan jendela besar. Jika ingin tampak segar, tanaman tropis tetap bisa di hadirkan pada sudut ruangan baik pot, vas maupun digantung.

Kesan lapang pada dapur tropis, dapat di siasati dengan menggabungkan dapur dengan ruang lain, seperti tidak memberikan sekat antara dapur dengan ruang makan atau bahkan ruang keluarga. Menjadikan dapur pusat kegiatan rumah juga menarik konsep tropis. Banyak juga desain dapur dalam homify yang menggunakan ide ini. Island bahkan menjadi sebuah meja dengan multi fungsi, menjadi meja kerja dapur sekaligus meja makan.

Desain dapur terbuka dan banyak ventilasi bergaya tropis cocok digunakan di daerah beriklim panas seperti Indonesia. Menggabungkan dapur, ruang makan dan teras juga merupakan ide bagus untuk membuat dapur tropis. Sesekali, memasak dan menyantap makanan di luar ruangan kelihatannya menjadi aktivitas yang menyenangkan bersama keluarga dan kerabat.

Material yang digunakan dalam konsep dapur tropis adalah bahan-bahan alam seperti batu marmer, kayu, serta keramik yang selaras dengan konsep ruang dan lingkungan tropis. Bahan-bahan bernuansa modern seperti duko dan logam juga bisa digunakan dalam dapur tropis. Anda bebas menggabungkan kondep tropis dengan modern, tropis dengan pedesaan bahkan tropis dengan industrial. Sesuaikan dengan kepribadian Anda.

Warna-warna dan motif dapur bergaya tropis

Warna-warna yang menjadi karakteristik dapur bergaya tropis adalah warna alam yang terang. Namun bukan berarti warna-warna netral dan gelap tidak bisa dipakai dalam dapur tropis, Anda tinggal berpikir bagaimana memadukan dengan warna dan teknik pencahayaan yang digunakan.

Jika menghadirkan konsep alam berupa laut, maka warna biru, krem dan coklat bisa menjadi pilihan. Jika alam pegungungan yang menjadi pilihan, palet warna hijau bisa menjadi alternatif yang sempurna. Warna-warna cerah yang menggambarkan taman bunga serta taman buah dengan warna cerah bisa menjadi alternatif bagi Anda pecinta warna berani.

Paduan warna putih dapat kembali Anda terapkan yaitu pada kitchen set yang diletakkan tepat di sisi dinding warna kuning agar suasana tampak lebih menarik. Selanjutnya, sisipkan warna coklat yang dihadirkan lewat pemakaian material kayu misalnya pada meja dan kursi. Untuk kitchen set seperti kabinet dan ambalan sebaiknya juga berasal dari bahan kayu namun sudah diberi lapisan cat warna putih atau kayu.

Bagaimana furnitur yang dipakai?

Pada dasarnya Anda bisa bebas memilih furnitur favorit Anda atau menyesuai dengan gaya kepribadian Anda. Yang terpenting dalam memilih dan membuat furnitur untuk dapur adalah Anda harus memahami akan kebutuhan dan gaya hidup Anda.

Apakah Anda akan mempunyai banyak perkakas dapur, sesering apa Anda memasak, apakah ada appliance yang akan dipasang, dimana letak pembuangan air dan pasokan air bersih. Semain detail Anda memikirkan tentang kitchen set yang Anda inginkan maka semakin mudah pula desainer akan memberikan desain untuk Anda. Selanjutnya Anda bisa menetukan material apa yang bisa digunakan untuk mendukung konsep dapur tropis.

Kitchen set berbahan dasar kayu masih menjadi pilihan mayoritas saat ini, selain itu meja, lemari serta kabinet dari kayu mang terlihat cantik dan hangat untuk perabot pada dapur tropis.

Berapa biayanya?

Biaya pembuatan dapur sagat beragam, tergantung dari tingkat kesulitan dalam pembuatan serta material yang di pergunakan. Beberapa ahli pembuat dapur memberikan jasa desain cuma-cuma untuk pengerjaan dapur. Ada juga bisa menerima jasa desain dapur, kemudian nantinya ada yang mengerjakan sendiri.

Harga pembuatan dapur berada pada kisaran mulai dari 900rb rupiah per meter tergantung material apa yang digunakan. Finishing HPL cukup ekonomis untuk Anda yang mempunyai bujet terbatas. Bagi Anda yang menyukai mewahnya marmer dan finishing duco juga akan memberoleh RAB dengan nilai yang lumayan tinggi, namun Anda nanti juga akan memperoleh hasil yang sebanding

Tanaman tropis sangat banyak di Indonesia cukup Anda beli dengan beberapa ribu rupiah saja. Namun jika Anda menginginkan tanaman yang termasuk langka dengan perawatan yang lebih tentu harganya juga menyesuaikan.

Ingin menghadirkan dapur bergaya tropis? Segera konsultasikan dengan desainer interior kepercayaan Anda dan cari inspirasi furnitur terbaik di database homify.