Dinding

  1. Ad
  2. Butuh bantuan untuk proyek rumah anda?
    Butuh bantuan untuk proyek rumah anda?
  3. Butuh bantuan untuk proyek rumah anda?
    Butuh bantuan untuk proyek rumah anda?
  4. Ad
  5. Ad
  6. Ad
  7. Ad

Rumah merupakan kebutuhan manusia yang kini tak terelakkan karena ia melindungi tubuh dan benda-benda dari lingkungan sekitar. Karena itu penting adanya jika sebuah rumah dapat tahan terhadap cuaca seperti hujan lebat, atau bahkan bencana alam. Disinilah peran utama elemen arsitektural seperti dinding. Dinding lah yang menciptakan batasan antara area luar dan dalam ruangan. Dengan kata lain, dinding membagi ruangan dan membentuknya menjadi sesuatu yang baru.

Rumah memerlukan berbagai macam dinding yang berbeda. Misalnya pada rumah keluarga kecil, anda akan memerlukan pagar yang memberikan batasan pada sisi rumah. Tentu, pagar hanya merupakan bentuk lain dari sebuah dinding namun fungsinya hampir sama. Kebanyakan dinding bereaksi terhadap temperatur dan kelembapan.

Saat anda memasuki ruangan maka anda tentu akan berhadapan dengan dinding di bagian interior. Baik adanya untuk memberikan perhatian lebih pada dinding bagian interior jika anda ingin pembagian ruang yang fungsional. Selain itu hal ini juga tentunya mempengaruhi dekorasi ruangan tersebut. Untuk itu, penting adanya untuk memahami bahwa dinding bukan hanya sebuah elemen untuk membagi ruang tapi juga untuk menciptakan ruang baru.

Apa yang sebaiknya dipertimbangkan saat menyelesaikan dinding eksterior?

Dinding bagian luar rumah adalah batasan bagian dalam dan luar rumah, serta bagian yang juga memiliki kontak langsung dengan lingkungan sekitar. Maka jika anda sedang menciptakan dinding eksterior, sebaiknya tentukan batas dengan yakin terelebih dahulu. Misalnya jika ada pemandangan yang indah di bagian luar dinding tersebut, mengapa tidak memasang jendela yang agak besar? Atau sebaliknya, jika tidak nyaman maka pikirkan bagaimana cara yang baik untuk memblokirnya.

Terutama untuk area yang sering mengalami hujan lebat, tentu kelembapan dapat menjadi masalah. Maka memblokir kelembapan tersebut seharusnya menjadi prioritas. Karena jika tidak, maka pada akhirnya bagian dalam rumah juga akan menjadi lembap, air hujan tersebut akan menumpuk pada bagian dalam bangunan. Sama halnya dengan angin. Seringkali angin datang pada persimpangan dinding dan atap, jika penempatannya kurang tepat maka suhu rumah akan lebih dingin saat suhu turun dan sebaliknya juga lebih panas saat cuaca terik.

Kesimpulannya, bagian luar dinding sebaiknya diberikan insulasi yang memadai untuk menciptakan bagian dalam ruangan yang nyaman. Maka sangat penting untuk mengetahui klima dan cuaca di area sekitar rumah anda. Tahan air merupakan salah satu prasyarat utama.

Eksterior dinding seperti apa yang cocok untuk rumah saya?

Bagian eksterior dinding merupakan elemen penting dari fasad yang mencerminkan kepribadian pemiliknya. Maka, marilah memilih elemen eksterior rumah yang cocok untuk rumah anda. Pertimbangkan bukan hanya harga, namun ketahanannya. Pilih materi yang akan anda sukai tanpa lekang waktu tapi ekonomis.

Lempengan besi tahan cuaca (Corten) misalnya, memiliki ciri warna tertentu dan atmosfer yang berubah seiring berjalannya waktu. Semen ekspos juga merupakan pilihan ekonomis yang sederhana namun berkarakter. Gunakan bahan yang memiliki tekstur orisinil, terutama pada rumah yang memiliki gaya arsitektur modern.

Bagaimana cara dinding interior menciptakan ruang?

Dinding bagian interior memberikan batasan di dalam bangunan, antara ruang satu dengan lainnya yang memiliki fungsi berbeda. Terkadang, dinding pun menyatu untuk membentuk koridor di dalam rumah, seperti kerangka dalam tubuh manusia.

Dinding yang bisa digeser memungkinkan penggunaan ruangan interior yang lebih variatif. Yang paling sering digunakan misalnya kertas dinding, terutama untuk menyembunyikan permukaan yang kompleks atau kurang rata. Namun ada juga metode untuk memanfaatkan permukaan semen yang kurang rata, misalnya dengan mengecat seluruh bagian interior. Jangan lupa menyesuaikan bagian langit-langit, lantai dan dekorasi.

Sedikit detail ekstra dapat menjadi kunci karakter interior rumah anda. Jika anda menyukai suasana perkotaan maka anda dapat mencoba gaya exposed concrete atau semen ekspos, dan lengkapi dinding tersebut dengan bingkai kayu. Untuk anda yang lebih menyukai seni atau gaya tradisional coba dengan bata ekspos. Menginkorporasikan ide dalam desain nyata tentu bukanlah hal yang mudah, untuk itu konsultasikan ide personal anda pada arsitek interior kami.