Garasi: Ide desain, inspirasi & gambar

  1. House/Office:  Garasi by Hakikiarch Architect Freelancer
  2. Depan :  Carport by CV. ARRAHMAN CONSTRUCTION
  3. Butuh bantuan untuk proyek rumah anda?
    Butuh bantuan untuk proyek rumah anda?
  4. FT house polonia:  Garasi by Lighthouse Architect Indonesia
  5. :  Garasi by SAE Studio (PT. Shiva Ardhyanesha Estetika)
  6. Carport dan Teras:  Carport by Cendana Living
  7. Casa Delia Residence:  Garasi by Casa Delia
  8. Butuh bantuan untuk proyek rumah anda?
    Butuh bantuan untuk proyek rumah anda?
  9. GARASI:  Garasi by PT.Matabangun Kreatama Indonesia
  10.  Garasi by TREVINO.CHABRAND | Architectural Studio
  11.  Garasi by Rousseau Arquitectos
  12.  Garasi by DOORHAN ITALIA SRL
  13.  Garasi by Atelier Plural
  14.  Garasi by Graça Brenner Arquitetura e Interiores
  15.  Pintu garasi by Belas Artes Estruturas Avançadas
  16.  Garasi by  Sotto Mayor Arquitetura e Urbanismo
  17.  Pintu garasi by NATUREL METAL FERFORJE
  18.  Garasi by André Terleira - Arquitectura e Construção
  19.  Garasi by Sen's Photographyたてもの写真工房すえひろ
  20.  Garasi by Geldersche Houtbouw
  21.  Pintu garasi by CIERRES METALICOS AVILA, S.L.
  22.  Garasi by P-lona
  23.  Garasi by Robin Ashley Architects
  24.  Pintu garasi by Juliana Agner Arquitetura e Interiores
  25.  Garasi by Ideal Ferro snc
  26.  Garasi by THE JK
  27.  Garasi by Aptar Arquitetura
  28.  Garasi by Materia Viva S.A. de C.V.
    Ad
  29.  Garasi ganda by Uptic Studios
  30.  Carport by Pergomadera Pérgolas y Porches de madera
  31.  Garasi by Artspazios, arquitectos e designers
  32.  Garasi by casaio | smart buildings
  33.  Garasi by Hasta architects

Garasi adalah tempat untuk menyimpan kendaraan seperti mobil atau motor pribadi yang bertujuan untuk melindungi kendaraan dari cuaca terik matahari ataupun oleh air hujan maupun embun di malam hari terhindar dari embun yang mengandung asam sehingga usia kendaraan dapat lebih panjang karena dapat menghambat proses karat yang terjadi pada bodi mobil ataupun bagian-bagian yang terpapar kepada embun dan air. Disamping itu, sangat berguna juga untuk melindungi dari pencurian atau kerusakan diakibatkan oleh oknum-oknum tertentu.

Tips Membuat Garasi Minimalis, Modern, dan Unik :

1. Luas Lahan Garasi

Luas lahan sangat menentukan garasi mobil yang nyaman untuk ditempati mobil Anda. Luas lahan yang proporsional juga ditentukan dari jumlah kendaraan yang dimiliki dan dimensi umum kendaraan.

DIMENSI UMUM KENDARAAN

Van dan SUV

Mobil besar dan mewah

Mobil kecil dan sport

Lebar: 1,8 – 2,1 meter

Lebar: 1,8 – 1,9 meter

Lebar: 1,5 – 1,8 meter

Panjang: 4,9 – 5,8 meter

Panjang: 4,9 – 5,5 meter

Panjang: 4,3 – 4,9 meter

Tinggi: 1,5 – 1,8 meter

Tinggi: 1,4 – 1,5 meter

Tinggi: 1,2 – 1,5 meter

2. Peletakan Garasi

Peletakan garasi di belakang, di depan ataupun di samping harus diperhatikan sebelum membuat garasi, karena bila berada di depan. Karena hal ini akan menentukan kita dalam memilih model pintu garasi seperti apa yang cocok bila diletakan di depan rumah, atau ventilasi udara yang pas ditempatkan disamping atau di belakang dan tempat penyimpanan yang pas untuk menaruh onderdil mobil yang tidak terpakai.

3. Warna

Bisa disesuaikan warna garasi dengan warna cat rumah agar garasi tetap memiliki nilai estetika yang memikat.

4. Material Lantai

Sangat penting untuk diketahui beban kendaraan menjadi fokus utama dalam memilih material lantai supaya tidak mudah pecah. Plilihlah material lantai garasi mobil yang memiliki pori-pori kecil seperti granit atau keramik agar tidak menyerap dan mudah dibersihkan. Pilih material yang lebih bertekstur untuk menghindari permukaan yang licin. Hal ini bertujuan untuk menimalisir dari efek tumpahan oli bekas, asap kendaraan juga akan cepat mengotori lantai garasi anda.

Tips Menentukan Ukuran Dan Desain Garasi Yang Benar

Ukuran garasi yang benar layak, tepat dan nyaman tentunya tergantung pada besar kecilnya kendaraan yang Anda miliki. Untuk mobil kecil seperti Suzuki Karimun, Kia Picanto, Honda Jazz, Toyota Yaris cukup garasi yang berukuran 2,4 m x 4,8 m, tapi untuk mobil yang lebih besar dari pada itu, haruslah dibuatkan garasi yang ber ukuran 3 m x 6 m, atau 3 m x 5,5 m dengan tinggi setidaknya 2,8 m. Tentu untuk amannya Anda harus mengambil keputusan untuk kedepan bukan berdasarkan mobil yang Anda miliki saat ini. Misal, jika Anda sedang punya mobil Avanza maka buatlah ukuran garasi untuk muat mobil Pajero sport.

Memang sebagian orang bisa saja membuat ukuran garasi lebih kecil daripada yang diuraikan atas, namun untuk segi kenyamanan sebaiknya ikuti saran tersebut. Terlebih sebagian orang memanfaatkan garasi bukan hanya untuk menyimpan mobil saja, namun juga untuk menyimpan perkakas yang berkaitan dengan onderdil mobil.

Layaknya sebuah garasi bisa diterapkan pada rumah yang memiliki standar lahan dan bangunan berukuran 54/90 m². 54 m2 adalah ukuran luas rumah dan 90 m adalah luas lahan tanah yang dimiliki. Di bawah itu seperti tipe untuk 45/70 m2, apalagi 21/60 m², hampir dipastikan nantinya akan mengorbankan kenyamanan ruang lainnya.

Desain Garasi Yang Benar

Garasi idealnya juga harus diperlakukan seperti layaknya ruangan-ruangan lainnya seperti kamar ataupun ruang tamu. Selain menentukan ukurannya, desain yang garasi yang benar juga harus memenuhi beberapa unsur seperti ventilasi udara, pemilihan lantai, menentukan model pintu yang cocok, menyediakan sarana penyimpangan barang sparepart dan lain-lain.

Idealnya garasi juga harus dekat ataupun berada dalam satu pola dengan gudang, bisa saja kedua ruangan ini hanya dipisahkan dengan dinding massive ataupun tidak. Gudang ini berfungsi sebagai media penyimpanan barang-barang yang berkaitan dengan mobil seperti ban cadangan, oli, dongkrak, mesin pompa steam dan lain-lain. Diperlukan cara cerdas untuk manajemen barang dalam gudang supaya ada tambahan barang baru bisa dikontrol. Terlebih lagi bahwa sebagian dari kita selalu merasa sayang untuk membuang aksesoris mobil yang sudah tidak terpakai, seperti jok bekas, ban bekas, oli bekas dan lain-lain karena berbagai alasan.

Pilihan Lantai Garasi

Ini amatlah penting seperti pentingnya unsur-unsur lainnya. Pertimbangan beban kendaraan haruslah pikirkan. Tumpahan oli bekas, asap kendaraan dan lain-lain akan cepat mengotori lantai. Untuk itu pilihkan material lantai garasi mobil yang memiliki pori-pori kecil seperti keramik atau granit agar tidak menyerap dan mudah untuk dibersihkan. Pilih yang bertekstur untuk menghindari permukaan lantai yang terlalu licin (unpolished), sebaiknya untuk menentukan lantai garasi mobil, konsultasikan dengan sang ahli. Tipe-tipe lantai garasi adalah sebagai berikut:

1. Beton/ Plester

Yang paling umum digunakan sebagai material lantai untuk garasi mobil adalah lapisan beton atau plesteran. Selain relatif murah, lantai dari juga lebih terlihat simpel. Namun apabila menggunakan beton sebagai lantai untuk garasi mobil, maka harus membuatkan jalur air kecil yang mengarah ke selokan depan rumah. Hal ini perlu dilakukan mengingat lantai beton tidak bisa menyerap air. Sehingga saat sedang mencuci mobil ataupun sebagainya, air tidak menggenang di dalam garasi.

2. Batu Alam

Batu alam cocok digunakan sebagai lantai garasi. Tekstur kasar yang dihasilkan memberikan daya cengkeram pada kendaraan.. Pilihlah batu-batuan andesit dan batu kali lempeng agar kesan alami pada lantai garasi mobil terlihat. Agar hasilnya lebih menarik, bisa memilih batu alam yang sudah dibentuk kemudian bisa mengkreasikan dengan desain sedemikian rupa untuk lantai garasi rumah.

3. Keramik

Jika ingin memiliki lantai garasi mobil yang lebih berwarna, bisa menggunakan material dari keramik. Selain kaya warna, keramik juga banyak dipilih karena memiliki banyak motif, dan juga tekstur yang variatif. Untuk lantai garasi, pilihlah keramik dengan tekstur yang kasar agar ban mobil lebih memiliki daya cengkeram. Selain itu, pilihlah ukuran keramik yang tidak terlalu besar agar lebih kuat menahan beban kendaraan roda empat.

Selain itu, jangan pernah mencuci mobil di dalam ruangan garasi, sebab dapat membuat garasi Anda akan lembab. Akibat fatal dari kelembaban rendah ini adalah bahwa mobil Anda akan mudah diserang karat.

Biaya untuk membangun garasi

Untuk membangun garasi terlebih dahulu memperkirakan biaya yang harus dikeluarkan. Biaya di sini mencakup seluruh komponen yang ada di sana, baik bahan pembangunnya, aksesoris, peralatan, tukang, hingga komponen tambahan, semisal pipa, pintu, jendela, listrik, dan selainnya. Setiap tipe garasi berbeda-beda harganya misal pintu garasi besi hanya seharga : Rp. 400.000 / m2 sampai dengan Rp. 800.000 / m2. Itu masih sebatas pintu garasi belum termasuk biaya-biaya komponen lainnya. Harganya bisa ditanyakan kepada sang ahli di daerah masing-masing karena harganya berbeda-beda. Alternatif yang lebih murah dan cepat dibangun misalnya garasi prefabrikasi.

Jika Anda masih bingung mengenai pembangunan garasi maka bisa hubungi ahli professional kami untuk konsultasi lebih lanjut.