Jendela: Ide desain, inspirasi & gambar

  1. Butuh bantuan untuk proyek rumah anda?
    Butuh bantuan untuk proyek rumah anda?
  2. Butuh bantuan untuk proyek rumah anda?
    Butuh bantuan untuk proyek rumah anda?
  3. Ad

Faktor apa saja yang perlu dipertimbangkan saat memilih jendela?

Selalu konsultasikan dengan arsitek atau kontraktor terpercaya jika anda belum yakin dengan pilihan atau penempatan jendela.

Tahan air

Desain jendela dapat menjadi faktor penentu sirkulasi udara. Jendela harusnya didesain sedemikian rupa sehingga dapat dibuka sepenuhnya. Jendela yang dapat dibuka sepenuhnya merupakan pilihan terbaik, karena ia menghemat ruang di dalam rumah. Dari segi peruntungan pun dipercaya dapat memberikan rezeki untuk karir anda.

2. Lokasi jendela

Lokasi jendela menentukan kualitas ventilasi di dalam rumah. Jika rumah cenderung menghadap ke selatan, sementara di sebelah utara terdapat jendela kecil maka udara akan bersirkulasi dengan baik karena udara lancar keluar dan masuk baik siang maupun malam.

Kesalahan umum yang paling sering dilakukan adalah berusaha meningkatkan sirkulasi udara dengan menempatkan jendela sebanyak mungkin. Hal ini tidak benar, karena terlalu banyak jendela membuat rumah terlalu berangin. Jendela sebaiknya berada di satu arah saja (misal utara selatan) untuk memudahkan keluar masuk.

Jenis jendela apa yang cocok untuk rumah saya?

Ada berbagai jendela yang dapat dipilih untuk rumah anda. Sebaiknya satu rumah memiliki sekitar satu atau dua jenis jendela, tergantung dari desain rumah.

Jendela nako

Sempat populer di akhir dan awal 2000an, jendela ini sudah tak terlalu sering lagi ditemui. Jendela ini cocok untuk rumah mungil yang jaraknya mepet atau terlalu dekat dengan tetangga. Kelebihan jendela ini adalah aman, karena ia terdiri dari banyak jendela kecil ia lebih sulit dicongkel. Namun frame kaca juga mudah longgar sehingga kaca dapat jatuh. Selain itu jika kurang dirawat maka frame pinggir kaca akan mudah berkarat sehingga jendela jadi sulit dibuka dan ditutup. Jendela jenis ini juga tidak disarankan untuk dipasang di seluruh bagian rumah karena jika terjadi kebakaran atau gempa ia bukan jalan keluar darurat yang mudah diakses.

Jendela ayun

Sesuai namanya, jendela ini mengayun keluar ketika dibuka, bentuknya mirip pintu rumah dan cocok untuk ruangan yang menghadap ke taman. Untuk memaksimalkan cahaya yang masuk, gunakan material kaca untuk jendela ini.

Jendela kaca mati

Dinamakan demikian karena kaca dipasang paten/mati pada jendela. Jendela ini tidak bisa dibuka karena ia hanya berfungsi sebagai pendamping jendela lain di dalam rumah. Biasanya ia dipasang di dalam ruang yang ber-AC karena dengan demikian sirkulasi udara diatur oleh AC dan tidak mengandalkan udara alami dari luar melalui jendela.

Hung window

Terdapat dua daun jendela dalam satu kusen yang disusun secara vertikal. Jendela ini dubuka dengan menggeser ke arah luar.

Jendela awning dan hopper

Kedua jendela ini bentuknya sama, bedanya hanya jendela awning dibuka dari bawah dan jendela hopper dari atas. Di Indonesia biasanya hunian hanya menggunakan jendela awning karena berat jendela tidak membebani mekanisme.

Jendela pivot

Dinamakan demikian karena terdapat engsel pivot yang terdapat di tengah kusen, sehingga jendela melekat di bagian tengah dan bukan pinggir. Jendela ini kerap dipilih untuk rumah berdesain minimalis, sayangnya ia tidak disarankan untuk dipadukan dengan korden karena korden akan cenderung cepat rusak.

Jendela geser

Jendela ini disukai karena mudah dirawat, mudah dibersihkan dan praktis. Ia juga dapat dipasangi kasa nyamuk dan korden. Kekurangannya adalah, kedua sisi jendela tidak dapat dibuka secara bersamaan.

Jendela bay

Sesuai namanya, ia cenderung menjorok ke bagian luar ruangan. Tujuannya untuk memberikan ruang lebih di bagian interior, sebagai area santai, membaca, dsb.

Jendela pita

Merupakan jendela kecil yang memanjang secara horisontal, biasanya dipasang di ruangan yang besar atau di dapur. Jendela pita dapat dipasang secara permanen (mati) atau dibuat sebagai jendela geser.

Apa saja jenis jendela berdasarkan fungsi dan struktur?

Jendela merupakan elemen penting di dalam rumah karena menghubungkan penghuninya dengan area sekitarnya. Untuk mengenali jendela berdasarkan fungsi, penting untuk mengerti kondisi dan arah geografis, serta kebutuhan ventilasi dan pencahayaan tiap ruang.

Pilih jendela berdasarkan pencahayaan yang dapat diakomodasi, serta fungsi dan kebutuhan ruang. Jika anda masih belum yakin, tentu cara yang paling mudah adalah mengontak ahlinya seperti desainer interior, arsitek atau pengrajin lokal.