Jendela kayu: Ide desain, inspirasi & gambar

  1. Teras Depan :  Jendela kayu by studioindoneosia
  2. Rumah Pojok:  Jendela kayu by NY project
  3. Butuh bantuan untuk proyek rumah anda?
    Butuh bantuan untuk proyek rumah anda?
  4. Pemandangan Kota Bandung:  Jendela kayu by RHBW
    Ad
  5.  Jendela kayu by NASU CLUB
  6.  Jendela kayu by TEKTON | テクトン建築設計事務所
  7.  Jendela kayu by marco tassiello architetto
  8. Butuh bantuan untuk proyek rumah anda?
    Butuh bantuan untuk proyek rumah anda?
  9.  Jendela kayu by Marvin Architectural
  10.  Jendela kayu by Casabella
    Ad
  11.  Jendela kayu by 中山大輔建築設計事務所/Nakayama Architects
  12.  Jendela kayu by 株式会社高野設計工房
  13.  Jendela kayu by アトリエ FUDO
  14.  Jendela kayu by 建築設計事務所SAI工房
  15.  Jendela kayu by Woodbau Srl
    Ad
  16.  Jendela kayu by FG FALSONE
  17.  Jendela kayu by 中山建築設計事務所
  18.  Jendela kayu by Restorizm Mimarlık Restorasyon Proje Taah. Ltd. Şti
  19.  Jendela kayu by 株式会社高野設計工房
  20.  Jendela kayu by juan carlos milla miranda
  21.  Jendela kayu by boehning_zalenga  koopX architekten
    Ad
  22.  Jendela kayu by 建築設計事務所SAI工房
  23.  Jendela kayu by 株式会社高野設計工房
  24.  Jendela kayu by 中山建築設計事務所
  25.  Jendela kayu by 中山建築設計事務所
  26.  Jendela kayu by QuickBooks Technical Support Number 1-844-706-6636
  27.  Jendela kayu by auge architetti
  28.  Jendela kayu by 前田篤伸建築都市設計事務所
  29.  Jendela kayu by 前田篤伸建築都市設計事務所
  30.  Jendela kayu by 前田篤伸建築都市設計事務所
  31.  Jendela kayu by Arqbau Ltda.
    Ad
  32.  Jendela kayu by Arqbau Ltda.
    Ad
  33.  Jendela kayu by Laura Avila Arquitecta
    Ad

Apa saja kelebihan dan kekurangan jendela kayu?

Kusen kayu relatif populer di hunian Indonesia, baik rumah hunian biasa, bungalow, villa maupun apartemen. Dibawah ini alasan mengapa jendela kayu menjadi pilihan utama:

Jendela kayu relatif fleksibel untuk disesuaikan dengan gaya arsitektur rumah (tradisional, minimalis, klasik, dst).

Tampak natural secara estetika karena berbahan alami

Mampu menahan panas dan dingin dari dalam dan luar ruangan

Tergantung jenis kayunya, perawatannya tidak terlalu sulit. Ketahanan terhadap cuaca dan rayap tergantung jenis dan kualitas kayu.

Namun tentu terdapat juga kekurangannya:

Tidak terlalu mudah menemukan kayu yang berkualitas baik.

Seluruh rumah harus dipersiapkan sedemikan rupa agar ia anti rayap.

Membutuhkan perawatan berkala seperti coating sebagai lapisan anti jamur

Meskipun tahan panas, namun eksposur terus menerus terhadap suhu tinggi dapat menyebabkan perubahan volume kayu sehingga pada waktu tertentu akan menyebabkan jendela menjadi sulit untuk dibuka.

Jika kualitas kayu kurang baik, maka ia tidak akan tahan lama karena tidak kuat menahan beban kerja.

Cat kayu sebaiknya juga tahan cuaca, jika tidak akan cepat terlihat kusam dan rusak.

Apa saja jenis kayu yang cocok untuk jendela?

Kayu jati tentu selalu jadi yang pertama disebut untuk kayu yang berkualitas terbaik. Namun banyak kayu lain yang juga berkualitas baik seperti kamper Samarinda atau mahogani. Dibawahnya terdapat kayu lain seperti kamper Medan dan meranti.

Kayu jati

Kayu jati terkenal bukan hanya karena teksturnya yang indah, tapi juga stabil dan tahan lama. Karena itu ia sering menjadi pilihan utama bahan bangunan bagi pecinta kayu. Selain itu kayu jati juga terbukti tahan rayap karena kandungan minyak alaminya yang membuatnya unik dan tidak tertandingi oleh kayu jenis lain, apalagi kayu jati adalah jenis kayu premium yang hanya tumbuh baik di Asia Tenggara.

Kualitas kayu jati juga ditentukan aplikasi finishingnya. Selain melindungi kayu dari eksposur eksternal, ia juga menentukan nilai estetika dengan menonjolkan kelebihan bahkan kualitas kayu tersebut. Karena tidak mudah lapuk, kayu jati relatif mudah dirawat. Adanya kandungan minyak juga membuat kayu jati tahan air. Seratnya yang tebal pun mempermudah proses pengerjaan seperti pemotongan dan pengukiran.

Kayu kamper

Merupakan alternatif murah di Indonesia karena seratnya yang halus, cocok untuk pintu panil dan jendela. Keawetan kayu kamper dikategorikan di kelas II, sementara keawetannya di kelas III. Meskipun berjenis sama, namun kamper dari Samarinda lebih halus seratnya dari kamper Kalimantan sehingga harganya pun lebih mahal. Selain kamper Samarinda ada juga kamper kapur dan kamper singkil.

Kayu meranti

Warnanya bagus, merah tua hingga merah muda meski tidak sepucat meranti putih. Kekurangannya adalah kadar air yang tinggi sehingga disarankan untuk dioven, apalagi muai susutnya stabil. Meski demikian, pori dan seratnya masih relatif besar. Tidak disarankan untuk di luar ruangan karena tidah tahan cuaca. Namun hal ini bisa diakali dengan finishing cat duco atau minyak sintetik.

Kayu damar laut/yellow balau

Tahan lama dan kuat, lebih kuat dari kayu kamper, sayangnya terkadang retak sehingga harus menggunakan filler untuk menutup lubang tersebut. Sering digunakan untuk konstruksi berat seperti atap. Kadang digunakan untuk jendela tapi tidak disarankan untuk pintu karena berat.

Kayu merbau

Dapat menjadi pilihan setelah kayu jati karena cukup keras dan stabil, juga tahan serangga. Ia memiliki serat garis terputus-putus dan berwarna gelap. Kayu ini sebetulnya bergetah sehingga lebih cocok untuk furnitur.

Kayu sungkai

Serat kayunya cantik dan halus, namun ukurannya relatif kecil sehingga hanya cocok untuk kusen saja, terutama untuk jendela.

Berapa harga jendela kayu?

Tentu harga yang ditawarkan tergantung dari daerah dimana anda berada, bahan kayu dan dimensi kayu. Beberapa toko dapat menawarkan harga lebih miring karena menggunakan kayu daur ulang atau bekas. Harga rata-rata kusen jendela kayu adalah sbb:

Kusen kayu jati mulai dari Rp. 700.000,- jika tebal kusen berukuran kecil (4x10 cm) hingga yang lengkung Rp.900.000,- untuk ukuran sama.

Kusen kayu kamper Samarinda mulai dari model standar Rp. 80.000,- per meter dan untuk jendela lengkung harus beli jadi, kurang lebih Rp. 330.000,-

Kusen kayu mahoni mulai dari Rp. 210.000,- untuk tebal kusen sekitar 3x10 cm hingga yang lengkung Rp. 240.000,-

Daun jendela jati polos dengan kaca sekitar Rp. 1,45 juta

Daun jendela jati blasut dengan kaca sekitar Rp. 2 jutaan

Daun jendela meranti Rp. 300.000,-

Daun jendela kamper Rp. 350.000,-

Daun jendela kayu Samarinda (oven) Rp. 500.000,-

Daun jendela kayu kamper (oven) Rp. 400 ribuan

Daun jendela kayu meranti (oven) Rp. 350 ribuan

Daun jendela kayu merbau (oven) Rp. Rp.800 ribuan

Cat apa yang paling cocok untuk jendela kayu?

Ada beberapa jenis cat yang dapat diaplikasikan untuk jendela kayu, yaitu:

Cat minyak: Menutup permukaan kusen jendela kayu dengan sempurna. Pilihan warnanya sangat banyak sehingga dapat dicocokkan dengan selera dan gaya rumah anda. Pengaplikasiannya sangat mudah dan cepat.

Pelitur: Khusus digunakan untuk melapisi kusen yang memiliki serat unik dan menarik karena tujuan utamanya memang menonjolkan tekstur alami bahan. Cocok untuk luar ruangan karena tahan sinar matahari langsung.

Duco: Hampir sama dengan cat minyak, perbedaannya terletak dari cara pengerjaannya. Duco perlu diaplikasikan dengan disemprot sehingga memakan waktu lebih lama.

Melamin: Mirip dengan pelitur, namun hanya dapat digunakan di dalam ruangan saja. Pengaplikasiannya dengan penyemprotan, sehingga lebih dapat masuk ke dalam serat kayu.

PU (polyurethane): Tidak jauh berbeda dari melamin namun hanya dapat menutup bagian permukaan kayu saja dan tidak dapat menyerap hingga ke dalam. Pengaplikasiannya sama, yaitu dengan disemprotkan.

Jendela adalah salah satu akses ke bagian luar rumah yang penting, sehingga harus disesuaikan dengan keseluruhan bangunan baik dari eksterior maupun interior. Pastikan pilihan anda sudah tepat dengan berkonsultasi pada ahlinya. Jika anda ingin menikmati pemandangan langit yang indah, pertimbangkanlah untuk memasang skylight.