Jendela plastik: Ide desain, inspirasi & gambar

  1.  Jendela plastik by Green Home Solution
  2.  Jendela plastik by OUA 오유에이
    Ad
  3. Butuh bantuan untuk proyek rumah anda?
    Butuh bantuan untuk proyek rumah anda?
  4.  Jendela plastik by canatelli arquitetura e design
  5.  Jendela plastik by Lx Obras
  6.  Jendela plastik by Origami Space Design
    Ad
  7.  Jendela plastik by すずき/suzuki architects (一級建築士事務所すずき)
  8. Butuh bantuan untuk proyek rumah anda?
    Butuh bantuan untuk proyek rumah anda?
  9.  Jendela plastik by すずき/suzuki architects (一級建築士事務所すずき)
  10.  Jendela plastik by Hermetiventanas
  11.  Jendela plastik by 前田篤伸建築都市設計事務所
  12.  Jendela plastik by 前田篤伸建築都市設計事務所
  13.  Jendela plastik by Windlock - soluciones sustentables
  14.  Jendela plastik by Windlock - soluciones sustentables
  15.  Jendela plastik by Windlock - soluciones sustentables
  16.  Jendela plastik by 前田篤伸建築都市設計事務所
  17.  Jendela plastik by 前田篤伸建築都市設計事務所
  18.  Jendela plastik by 前田篤伸建築都市設計事務所
  19.  Jendela plastik by 前田篤伸建築都市設計事務所
  20.  Jendela plastik by 前田篤伸建築都市設計事務所
  21.  Jendela plastik by 前田篤伸建築都市設計事務所
  22.  Jendela plastik by 前田篤伸建築都市設計事務所
  23.  Jendela plastik by 前田篤伸建築都市設計事務所
  24.  Jendela plastik by Karim Sellaouti
  25.  Jendela plastik by perez ipar arquitectura  e decoração
  26.  Jendela plastik by FG FALSONE
  27.  Jendela plastik by FG FALSONE
  28.  Jendela plastik by FG FALSONE
  29.  Jendela plastik by M.i. arquitectura & construcción
    Ad
  30.  Jendela plastik by M.i. arquitectura & construcción
    Ad
  31.  Jendela plastik by Metalistería Ballesteros SL
  32.  Jendela plastik by Metalistería Ballesteros SL
  33.  Jendela plastik by MEGAFIL - INDÚSTRIA DE CAIXILHARIA, LDA

Selayang pandang jendela Plastik/UPVC

Salah satu jenis material untuk jendela yang sedang populer digunakan di rumah dan bangunan modern adalah PVC. PVC, atau polyvinyl klorida, adalah hasil perpaduan berbagai jenis bahan kimia, peliat (plasticizers), dan pigmen yang berbeda. Perpaduan itu membuat bahan PVC memiliki sifat kuat namun ringan dan mudah dirangkai dengan komponen dari bahan yang berbeda.

Material PVC yang tidak dilengkapi dengan bahan peliat disebut UPVC (unplasticized polyvinyl chloride). UPVC bersifat padat, tahan lama, tahan air, dan tahan api. Bahan inilah yang kemudian dikembangkan menjadi bahan kusen atau bingkai jendela kaca ganda, jendela kaca geser, maupun jendela kaca biasa. Mereka yang tinggal di daerah dengan tingkat kebisingan tinggi bisa tidur lebih nyenyak, karena bingkai jendela UPVC juga mampu meredam suara keras dari area di luar rumah. Bingkai UPVC juga mampu menahan panas dan membantu menjaga suhu hangat di dalam rumah. Sifat ini membuat UPVC menjadi material bangunan yang ideal, khususnya untuk rumah di daerah bersuhu dingin.

Kelebihan dan kekurangan jendela Plastik/UPVC

Apakah Anda sedang mencari bahan terbaik untuk kusen jendela rumah? Pemaparan tentang kelebihan dan kekurangan kusen jendela UPVC di bawah ini bisa menjadi bahan referensi Anda.

Kelebihan:

1. Dibandingkan kusen jendela dari bahan kayu, kusen jendela UPVC lebih hemat dalam hal harga. Bisa jadi solusi efektif bagi mereka yang sedang membangun atau merenovasi rumah dengan bujet ketat. Sebagai perbandingan, harga kusen jendela UPVC saat ini adalah Rp 215 ribu per meter (belum termasuk kaca), sedangkan harga kusen jendela kayu adalah Rp 300 ribu per meter.

2. Kusen jendela UPVC tidak akan berkarat, lapuk, atau bengkok akibat usia atau cuaca. Pemilik rumah bisa menghemat ongkos pemeliharaan atau pengecatan ulang. Kusen ini telah tersedia dalam berbagai pilihan warna, mulai dari nuansa kayu sampai warna solid seperti biru, merah, dan hijau tua.

3. Material UPVC memang tidak bisa terdegradasi oleh proses alam, namun bisa didaur ulang. Dengan menggunakan material UPVC kita tidak perlu merasa bersalah karena menggunakan kayu dari hutan yang luasnya semakin berkurang.

4. Tersedia beragam pilihan kaca menurut ketebalannya untuk kusen jendela UPVC. Bentuk jendela UPVC yang simpel sangat cocok untuk rumah gaya minimalis atau rumah gaya modern.

5. Kusen jendela UPVC tidak perlu diganti kecuali kondisinya benar-benar tidak layak pakai. Penggantian kusen jendela UPVC tidak akan menyulitkan, karena kusen jenis ini cukup mudah dipasang.

Kekurangan:

1. Meskipun tahan lama, kusen jendela UPVC paling lama bertahan sampai 15 tahun. Kusen jenis ini yang berwarna putih dapat memudar dan berwarna kekuningan akibat terpapar cuaca. Akibatnya, penampilan rumah pun jadi kurang menarik.

2. Kusen jendela UPVC tidak dapat bertahan lama terhadap api. Jika terjadi kebakaran, kandungan vinyl akan melepaskan asap beracun ke sekelilingnya.

3. Tampilan kusen jendela UPVC tidak semenarik kusen jendela kayu yang bisa menampakkan serat-serat alami. Ini menyebabkan kusen jenis ini kurang cocok untuk rumah gaya klasik, gaya kolonial, dan gaya rustic.

4. Bagian-bagian kusen jendela PVC tidak dijual terpisah, sehingga akan cukup menyulitkan jika kenop jendela hilang atau rusak.

5. Walaupun mudah dipasang, tidak berarti kusen jendela UPVC mudah dilepas. Pembongkaran kusen ini memerlukan ketrampilan khusus oleh ahli di bidang perbaikan jendela UPVC.

Cara memasang kusen jendela Plastik/UPVC

Apabila pemilik rumah sudah merasa yakin ingin mengganti jendela lama dengan jendela UPVC, inilah hal-hal yang perlu diketahui sebelum melakukan pekerjaan pembongkaran atau pemasangan apapun:

1. Pengecekan

Pemilik rumah perlu memastikan apakah ruangan dan area di sekeliling jendela berada dalam kondisi layak untuk pekerjaan pembongkaran dan pemasangan jendela UPVC. Perlu diperiksa apakah jendela berdekatan dengan kabel telepon, kabel antena televisi, dll. Dinding di sekitar jendela harus berada dalam kondisi kokoh dan tidak berongga.

Kemudian pemilik rumah bisa menentukan gaya, bentuk kenop, dan ukuran kusen jendela UPVC sebelum memesan atau membelinya. Sebelum membongkar jendela lama, ukuran lubang jendela perlu diukur. Ukuran kusen jendela baru harus 10 mm lebih kecil baik panjang maupun lebarnya dari ukuran lubang jendela.

Agar proses pembongkaran dan pemasangan jendela berjalan lancar, semua furnitur dan perangkat elektronik di sekitar jendela harus dipindahkan.

2. Membongkar kusen jendela lama

Pengecekan ulang ukuran kusen jendela baru perlu dilakukan untuk mengetahui apakah ukurannya sudah sama dengan ukuran kusen jendela lama. Bongkar kusen jendela lama dengan hati-hati. Usahakan agar tidak banyak bagian dinding yang dijebol agar nantinya tidak banyak juga bagian yang harus ditambal.

Jika kusen jendela lama adalah jendela kaca, lepaskan kaca sebelum kusen jendela lama dipindahkan ke tempat lain. Pekerja atau pemilik rumah harus menggunakan sarung tangan bangunan sebelum melakukan pekerjaan ini agar tangan tidak tergores sudut atau tepi kaca.

3. Memasang kusen jendela UPVC baru

Lepas pembungkus kusen jendela UPVC dan pasang sekrup pada bagian dasar kusen. Pemilihan jenis sekrup yang tepat perlu dilakukan agar sekrup tidak menusuk kusen terlalu dalam. Tutup tepian dasar kusen dan tepian kusen dengan semen untuk mencegah kelembaban. Rentangkan benang dengan lurus di antara dua sisi liang jendela. Kemudian pasang kusen jendela UPVC baru pada liang jendela. Pastikan agar posisi kusen benar-benar lurus dan sejajar dengan benang.

Setelah lapisan semen mengering, bagian ini dibor tepat pada titik-titik di mana sekrup kusen akan dipasang. Pengeboran juga dilakukan pada kusen jendela. Lalu kencangkan sekrup agar kusen tampak menempel pada lapisan semen, namun usahakan agar sekrup di bagian kanan dan kiri kusen tidak terlalu kencang. Sekrup di bagian atas dan bawah kusen justru harus benar-benar kencang, agar kusen tidak lepas jika sewaktu-waktu rumah diterjang badai. Tepian lubang sekrup sebaiknya ditutup dengan silikon untuk mencegah kelembaban. Bersihkan sisa debu batu bata atau semen yang menempel pada kusen dan area di sekitarnya.

4. Setalah kusen jendela UPVC terpasang kokoh pada tempatnya, kaca siap dipasang pada kusen.

5. Finishing.

Setelah jendela baru selesai dibuat, permukaan kaca perlu dibersihkan. Sealant atau lem silikon perlu dioleskan di area antara kusen jendela kayu dan dinding.

Alternatif lain yang dapat anda pilih adalah jendela kayu atau skylight, jika anda memiliki atap datar (tidak bergelombang seperti genteng). Jika anda belum yakin jendela apa yang cocok untuk rumah anda, kontak langsung tenaga ahli kami.