Jendela ruang bawah tanah: Ide desain, inspirasi & gambar

  1.  Jendela ruang bawah tanah by IQ Glass UK
  2.  Jendela ruang bawah tanah by IQ Glass UK
  3. Butuh bantuan untuk proyek rumah anda?
    Butuh bantuan untuk proyek rumah anda?
  4.  Jendela ruang bawah tanah by IQ Glass UK
  5.  Jendela ruang bawah tanah by IQ Glass UK
  6.  Jendela ruang bawah tanah by IQ Glass UK
  7.  Jendela ruang bawah tanah by IQ Glass UK
  8. Butuh bantuan untuk proyek rumah anda?
    Butuh bantuan untuk proyek rumah anda?
  9.  Jendela ruang bawah tanah by IQ Glass UK
  10.  Jendela ruang bawah tanah by IQ Glass UK
  11.  Jendela ruang bawah tanah by IQ Glass UK
  12.  Jendela ruang bawah tanah by IQ Glass UK
  13.  Jendela ruang bawah tanah by IQ Glass UK
  14.  Jendela ruang bawah tanah by IQ Glass UK
  15.  Jendela ruang bawah tanah by IQ Glass UK
  16.  Jendela ruang bawah tanah by IQ Glass UK
  17.  Jendela ruang bawah tanah by IQ Glass UK
  18.  Jendela ruang bawah tanah by IQ Glass UK
  19.  Jendela ruang bawah tanah by IQ Glass UK
  20.  Jendela ruang bawah tanah by IQ Glass UK
  21.  Jendela ruang bawah tanah by IQ Glass UK
  22.  Jendela ruang bawah tanah by IQ Glass UK
  23.  Jendela ruang bawah tanah by IQ Glass UK
  24.  Jendela ruang bawah tanah by 디자인랩 소소 건축사사무소
  25.  Jendela ruang bawah tanah by dwell design
  26.  Jendela ruang bawah tanah by Bade Newby Display
  27.  Jendela ruang bawah tanah by MIDE architetti
  28.  Jendela ruang bawah tanah by OBIC Design
  29.  Jendela ruang bawah tanah by Style Within
  30.  Jendela ruang bawah tanah by Style Within
  31.  Jendela ruang bawah tanah by Gullaksen Architects
  32.  Jendela ruang bawah tanah by IQ Glass UK
  33.  Jendela ruang bawah tanah by IQ Glass UK

Mengapa ruang bawah tanah dibuat?

Sesuai dengan namanya, ruangan ini merupakan ruangan paling bawah sebuah rumah dan terletak lebih rendah dari permukaan tanah. Biasa digunakan sebagai gudang, tempat menyimpan mesin cuci, mesin pemanas dan pompa air, mesin pendingin udara, peralatan pertukangan, tangga, dan banyak lagi. Namun ada juga pemilik rumah yang menjadikan ruang bawah tanah sebagai ruang kerja atau ruang keluarga. Saat terjadi badai, ruang bawah tanah bisa digunakan sebagai tempat berlindung jika sewaktu-waktu rumah rusak berat akibat diterjang angin topan.

Letak ruang bawah tanah membuat ruangan ini rentan terhadap kelembaban. Oleh karena itu, seperti ruangan lain di rumah, ruang bawah tanah juga memerlukan jendela. Dengan adanya jendela maka sirkulasi udara akan terpelihara dan tidak pengap. Jendela mutlak dibutuhkan ketika pemilik rumah berencana mengubah ruang bawah tanahnya menjadi area sosial. Ukuran jendela juga perlu disesuaikan dengan fungsi ruang bawah tanah. Jika pemilik rumah berencana menyimpan peralatan pertukangan di ruang bawah tanah, jendela di ruangan ini dapat sekaligus berfungsi sebagai akses cepat mengeluarkan dan memasukkan peralatan pertukangan tanpa melintasi ruangan dalam rumah. Desain jendela ruang bawah tanah sebaiknya disesuaikan dengan jendela lain di rumah untuk menjaga estetika. Pemilik rumah yang tinggal di daerah dingin juga perlu memeriksa insulasi jendela agar suhu hangat di dalam ruangan tetap terjaga.

Perbandingan jendela ruang bawah tanah berdasarkan bahan

Ruang bawah tanah cenderung lebih sedikit terpapar sinar matahari, sehingga area ini akan lebih lembab daripada ruangan lainnya. Kecenderungan ini sebaiknya menjadi bahan pertimbangan saat menentukan bahan apa yang sebaiknya digunakan. Oleh karena itu, mari kita buat perbandingan antara beberapa bahan untuk mengetahui mana yang paling tepat sebagai jendela ruang bawah tanah.

1. Vinyl: kusen jendela dari bahan ini bebas karat dan tahan terhadap kerusakan akibat kelembaban. Selain itu, jendela vinyl tahan terhadap paparan sinar ultraviolet, mudah dibersihkan, tahan lama, dan harganya terjangkau. Jendela vinyl tersedia dalam berbagai warna dan bentuk.

2. Kayu: meskipun jendela kayu bisa membuat tampilan rumah lebih menarik, namun bahan ini tidak direkomendasikan untuk jendela ruang bawah tanah. Letak jendela ruang bawah tanah yang sangat dekat dengan tanah mengakibatkan jendela ini sangat dekat juga dengan kelembaban. Kusen kayu bisa mudah lapuk, mengerut atau melebar.

3. Fiberglass: jendela ruang bawah tanah dari bahan fiberglass adalah pilihan ideal karena tahan terhadap cuaca. Tampilannya pun menarik jika dilihat dari luar maupun dalam ruang bawah tanah. Material ini tidak hanya kuat, namun juga tersedia dalam berbagai pilihan warna dan bentuk. Jendela fiberglass tidak akan menyulitkan pemilik rumah dalam hal pemeliharaan. Kekurangannya adalah, harga jendela fiberglass relatif mahal.

4. Aluminium: jendela dari bahan aluminium cenderung melepaskan panas ke luar rumah sehingga cocok untuk daerah bersuhu hangat seperti Indonesia, namun tidak cocok untuk daerah beriklim dingin seperti Eropa. Jendela aluminium bisa dicat, kuat, tahan lama, dan harganya tidak mahal.

Mengapa jendela UPVC adalah pilihan terbaik?

Ada beberapa alasan mengapa jendela dari bahan PVC sebaiknya diutamakan sebagai jendela ruang bawah tanah dibanding jendela dari material lain, yaitu:

1. Anti karat

Kelembaban akan menyebabkan material logam berkarat. Namun jendela UPVC tidak akan berkarat karena terbuat dari bahan vinyl. Pemilik rumah bisa menghemat ongkos karena tidak perlu mengganti jendela ruang bawah tanah yang berkarat.

2. Lebih praktis

Bentuk modular jendela UPVC akan memudahkan pemasangan dan pemeliharaan. Jika jendela bawah tanah dari material ini kotor karena debu cukup dibersihkan dengan kain lap dari bahan fiber yang telah dicelupkan dalam air atau larutan pembersih.

3. Tampilan atraktif

Jendela UPVC tersedia dalam berbagai macam warna yang bisa dipilih sesuai gaya arsitektur rumah. Tampilan jendela UPVC pun bervariasi berdasarkan bukaan daun jendela. Ada jendela hopper yang terbuka ke atas, jendela awning yang terbuka di bawah, dan jendela sliding dengan arah bukaan ke samping. Saat ini harga jendela UPVC cukup bervariasi berdasarkan ukuran kusen dan ketebalan kaca.

Kapan jendela ruang bawah tanah harus diganti?

Ketika jendela ruang bawah tanah tak berfungsi sebagaimana mestinya, inilah saatnya dilakukan penggantian. Kebutuhan akan penampilan rumah yang lebih sempurna juga bisa jadi alasan untuk mengganti jendela. Jika kondisi ruang bawah tanah terlalu gelap, pemilik rumah bisa memutuskan mengganti jendela lama yang kecil dengan jendela baru berukuran lebih besar. Pemilihan bentuk dan jenis jendela baru sebaiknya juga memperhatikan aspek visual. Konsultasikan dengan ahli di bidang ini tentang saat yang tepat untuk mengganti jendela.

Mempercantik jendela ruang bawah tanah

Memanfaatkan ruang bawah tanah sebagai area sosial artinya pemilik rumah harus melakukan penataan interior yang mendukung fungsi itu. Jendela ruang bawah tanah sebaiknya dibuat lebih besar agar ruangan bawah tanah menjadi lebih terang dan sirkulasi udara di dalamnya lebih lancar. Penampilan jendela pun bisa jadi lebih manis dengan adanya tirai berwarna terang dan pola dominan, namun sederhana dan tidak terlalu menarik perhatian. Jika ruang bawah tanah tidak terlalu luas, sebaiknya pilih tirai berwarna kontras. Dengan pemilihan warna tirai yang tepat jendela ruang bawah tanah akan menjadi elemen dekorasi agar ruangan bawah tanah tetap menarik tanpa banyak detil. Bahan tirai sebaiknya tidak terlalu tebal agar tidak menghalangi sinar matahari. Kerai jendela juga bisa digunakan untuk menyelubungi jendela dan menjaga privasi. Saat tirai atau kerai pilihan telah digantungkan di tempatnya, pemilik rumah sebaiknya keluar rumah dan memperhatikan bagaimana penampilan jendela ruang bawah tanah jika dilihat dari luar rumah.