Kamar Bayi & Anak: Ide desain, inspirasi & gambar

  1. Final Design:  Kamar tidur anak perempuan by Multiline Design
  2. Cluster The Avanny BSD:  Kamar tidur anak perempuan by Getto_id
  3. Butuh bantuan untuk proyek rumah anda?
    Butuh bantuan untuk proyek rumah anda?
  4. Kamar Tidur Anak Mr TD:  Kamar Bayi & Anak by JESSICA DESIGN STUDIO
  5. Girl's Bedroom:  Kamar tidur anak perempuan by Vinch Interior
  6. Kamar Tidur Anak Mr TD:  Kamar Bayi & Anak by JESSICA DESIGN STUDIO
  7. Show Unit @ Samarinda:  Kamar Bayi & Anak by Kamala Interior
  8. Butuh bantuan untuk proyek rumah anda?
    Butuh bantuan untuk proyek rumah anda?
  9. Kamar Tidur Anak:  Kamar tidur anak by Atelier BAOU+
    Ad
  10. Kamar Tidur Anak :  Kamar tidur anak by Atelier BAOU+
    Ad
  11. :  Kamar bayi by INERRE Interior
  12. The Kinder House - Pejaten, Jakarta Selatan (Kamar Anak):  Kamar tidur anak by Asta Karya Studio
  13. YN House, Interior Design:  Kamar tidur anak perempuan by dk.std.id
  14. Modern Minimalist House:  Kamar Bayi & Anak by CV Leilinor Architect
  15. Modern Minimalist House:  Kamar Bayi & Anak by CV Leilinor Architect
  16. M Polonia House :  Kamar Bayi & Anak by Lighthouse Architect Indonesia
  17. Kids room :  Kamar tidur anak by VaDsign
  18. Kids room :  Kamar tidur anak by VaDsign
  19. Kids room :  Kamar tidur anak by VaDsign
  20. Kids room :  Kamar tidur anak perempuan by VaDsign
  21. Kids room :  Kamar tidur anak perempuan by VaDsign
  22. Girls room:  Kamar Bayi & Anak by VaDsign
  23. Kamar Tidur Anak:  Kamar tidur anak perempuan by Exxo interior
    Ad
  24. Wallpaper Dinding:  Kamar tidur anak perempuan by Exxo interior
    Ad
  25. Kamar Tidur Anak :  Kamar tidur anak perempuan by Exxo interior
    Ad
  26. PRIVATE RESIDENTIAL @ NAVAPARK, BSD CITY, TANGERANG:  Kamar Bayi & Anak by PT. Dekorasi Hunian Indonesia (DHI)
    Ad
  27. PRIVATE RESIDENTIAL @ NAVAPARK, BSD CITY, TANGERANG:  Kamar Bayi & Anak by PT. Dekorasi Hunian Indonesia (DHI)
    Ad
  28. Providence Apartment Unit 11B:  Kamar Bayi & Anak by Lukemala Creative Studio
    Ad
  29. Kamar Tidur Anak:  Kamar tidur anak by Exxo interior
    Ad
  30. Home sweet home di Grand Galaxy:  Kamar tidur anak by Exxo interior
    Ad
  31. Partisi TV Kamar Tidur Anak:  Kamar Bayi & Anak by Lighthouse Architect Indonesia
  32. Kamar Tidur Anak:  Kamar Bayi & Anak by Lighthouse Architect Indonesia
  33. Kosasi House, Kedamaian. Palembang City:  Kamar Bayi & Anak by Lighthouse Architect Indonesia

Kamar bayi & anak

Seiring perkembangan zaman muncul istilah kamar bayi & anak yang didefinisikan sebagai satu ruangan untuk ibu menyusui dan atau mengganti popok balita. Ruangan khusus ini biasanya berlokasi di tempat-tempat umum seperti pusat perbelanjaan, kantor, dll. Mereka yang sedang bekerja di kantor atau belanja di mall tidak perlu repot mencari tempat menyusui, memompa ASI dan atau mengganti popok si buah hati.

Karena menyangkut kondisi ibu dan balita, sepatutnya kamar bayi & anak memenuhi standar selayaknya mencakup fasilitas yang baik, kebersihan dan kenyamanan. Pemerintah melalui Menteri Kesehatan membuat peraturan perundang-undangan resmi dan tertulis. Peraturan tersebut berupa Permenkes no.15 tahun 2013 tentang Tata Cara Penyediaan Fasilitas Khusus Menyusui dan/atau Memerah Air Susu Ibu.

Pasal 3 Permenkes no.15 tahun 2013 menyebutkan bahwa penyelenggara tempat sarana umum harus mendukung program ASI eksklusif, yang dilakukan salah satunya dengan menyediakan fasilitas khusus untuk menyusui dan/atau memerah ASI.

Adapun, standar ruang ASI di tempat sarana umum dijelaskan pada pasal 12, yaitu sekurang-kurangnya meliputi kursi dan meja, wastafel, dan sabun cuci tangan.

Hal hal apa menjadi perhatian terkait kamar bayi & anak?

Lokasi

Umumnya kamar bayi & anak di pusat perbelanjaan berada dekat toilet dengan luas yang variatif mulai dari ukuran 2x1 m sampai dengan ukuran nyaris sebesar kamar anak 3x3 m. Memang tidak ada aturan baku dimana sebaiknya kamar bayi & anak terletak. Namun akan lebih baik bila lokasinya mudah di jangkau seperti toilet. Hanya jumlahnya sebaiknya sebanding dengan luas mall/pusat perbelanjaan. Nampak tidak sebanding bila satu pusat perbelanjaan besar memiliki toilet di hampir setiap lantai namun tidak dengan kamar bayi & anak. Padahal jumlah terbesar pengunjung mall umumnya kaum wanita yang membawa anak-anak termasuk balita.

Luas

Mengingat tiap wanita melakukan aktivitas yang berbeda-beda saat berada di ruang kamar bayi & anak akan lebih baik bila ruangan di desain luas dan nyaman sehingga para wanita tidak perlu mengantri. Ibu yang hendak mengganti popok atau baju anak memiliki tempatnya sendiri, ibu yang hendak memompa ASI juga memiliki ruangan sendiri dilengkapi stop kontak yang mudah dijangkau. Demikian juga ruangan bagi ibu yang hendak menyusui bayinya haruslah nyaman untuk diduduki. Mengantisipasi perbedaan aktivitas tersebut, pasanglah sekat atau tirai sebagai pembatas untuk menjaga privasi. Sekat bisa berbahan dasar triplek atau kayu tipis lainnya, sedangkan untuk gorden pilih yang berukuran tipis seperti di RS berukuran 2x1 m.

Tak kalah penting dari hal keluasan adalah pintu masuk yang memadai. Umumnya para ibu membawa balita di dalam stroller. Bisa dibayangkan bila beberapa ibu masuk dalam saktu waktu maka ruangan akan seketika menjadi padat. Pastikan agar pintu masuk sedikit lebih lebar dari ukuran umumnya agar mudah dilaui.

Fasilitas

Kebanyakan di mall Jakarta belum memenuhi standar. Masih banyak dijumpai kamar bayi & anak berukuran sempit dengan fasilitas minim semisal hanya menyediakan kursi dan meja saja. Ini jelas tidak memadai. Mengacu pada Permenkes setidaknya ada kursi dan meja, wastafel dan sabun cuci tangan di dalam ruangan.

Bentuk kursi bisa variatif. Sebaiknya menggunakan kursi dengan sandaran empuk layaknya sofa untuk memberi kenyamanan saat ibu menyusui. Sofa ukuran 2-3 seat sangat cocok untuk meletakkan bayi. Kursi dengan sandaran empuk bermanfaat untuk menghindari cidera apabila terbentur secara tidak sengaja.

Menambahkan kursi-kursi kecil beralas busa tanpa sandaran juga cocok sebagai tempat duduk anak-anak. Letakkan kursi-kursi kecil menempel ke dinding sebagai pengganti sandaran. Sediakanlah stop kontak yang mudah dijangkau tak jauh dari sofa/kursi untuk memudahkan pemompaan ASI.

Gunakan meja berbahan dasar kayu yang kokoh untuk menyangga atau meletakkan barang-barang. Sedangkan untuk tafel (dipan dengan alas empuk untuk meletakkan bayi) pilihlah alas yang benar-benar nyaman berbahan dasar busa atau fiber. Tafel juga dapat dibuat multifungsi dengan memberikan laci di bawahnya dan atau lemari untuk menaruh/menyimpan barang sementara waktu.

Sediakan wastafel berikut sabun cair, dan tak lupa tisu untuk segala kebutuhan. Di salah satu mall di Jakarta selatan bahkan menyediakan cadangan diaper sekiranya ibu lupa membawa atau bertepatan habis.

Ibu menyususi dan yang memompa ASI biasanya memerlukan banyak energi setelah melakukan banyak “aktivitas”. Sebagai wujud kepedulian sediakanlah dispenser (air panas dan dingin) berikut air untuk minum mengganti cairan tubuh atau membuat susu bagi anak.

Kenyamanan

Ruang sempit yang diisi banyak orang hanya akan menimbulkan rasa “sumpek” apalagi bila diisi beberapa wanita sekaligus. Belum lagi bila mereka membawa anak-anak lainnya. Otomatis ruangan akan semakin pikuk dengan suara anak, tangis bayi dan atau stroller yang berlalu lalang.

Para ibu yang melakukan pumping atau mengganti popok bayi secara bersamaan biasanya saling bercerita atau bertukar pengalaman. Sangat tidak mungkin mereka akan berlama-lama bila kondisi ruangan tidak nyaman.

Pendingin ruangan atau AC menjadi kebutuhan utama kamar bayi & anak untuk menghindari kesumpekan atau panas bila diisi beberapa orang sekaligus, disamping sekat dan gorden yang juga membantu privasi. Untuk menjamin kenyamanan maksimal, kami sarankan sebaiknya berkonsultasi dengan arsitek interior kami.

Dekorasi

Mengingat kegiatan mengurus balita menyita hampir sebagian besar waktu di rumah, ada baiknya bila dekorasi kamar bayi & anak dibuat meriah tapi tanpa mengganggu kenyamanan Semisal dengan menambahkan wallpaper bermotif boneka-boneka karakter seperi Winnie the pooh, Teddy bear, kartun, dan atau warna-warna lembut semisal peach, pink atau hijau muda yang memberi rasa teduh saat berada di dalammnya. Di beberapa mall di Jakarta bahkan menaruh rak yang diisi boneka-boneka nampak semakin menarik. Ukuran wallpaper disesuaikan dengan luas ruangan. Tidak perlu seluruh ruangan menggunakan wallpaper.

Terakhir dan sangat penting adalah kebersihan ruangan terutama untuk kamar bayi, mengingat balita sangat sensitif terhadap segala hal, antisipasilah dengan membersihkan ruangan secara intensif 2 kali per hari.