Kamar mandi mediteran: Ide desain interior, inspirasi & gambar

  1. Butuh bantuan untuk kamar mandi anda?
    Butuh bantuan untuk kamar mandi anda?
  2. Butuh bantuan untuk kamar mandi anda?
    Butuh bantuan untuk kamar mandi anda?
  3. Ad
  4. Ad

Sekilas tentang kamar mandi Mediteran

Gaya Mediteran dapat ditemukan di mana pun di seluruh penjuru dunia. Sesungguhnya, gaya ini berasal dari negara-negara pesisir Mediterania, mulai dari Spanyol sampai Turki. Di awal abad ke-20 gaya Mediteran menjadi tren arsitektur di Amerika Serikat, seiring dengan bertambahnya jumlah imigran Mediterania yang meninggalkan kampung halamannya dan merantau ke AS akibat konflik Perang Dunia I dan II. Kerinduan pada tanah kelahiran diungkapkan dengan membangun rumah yang kental dengan elemen dekorasi dan bentuk bangunan yang hanya bisa dilihat di kawasan Mediteran. Keanggunan dan romansa garis, tekstur, dan warna arsitektur Mediteran mengilhami para arsitek AS untuk menghidupkannya kembali dengan nama gaya Tuskan atau gaya Modern Spanyol.

Ada tiga ruangan penting yang wajib ada di sebuah rumah, yaitu kamar tidur, dapur, dan kamar mandi. Dimensi dan dekorasi masing-masing ruangan itu mengikuti gaya eksterior dan interior rumah. Oleh karena itu, rumah gaya Mediteran tidak akan lengkap tanpa kamar mandi yang juga bergaya Mediteran. Bagi sebagian orang, kamar mandi bukan sekedar tempat untuk membersihkan diri. Kamar mandi juga menjadi tempat untuk menenangkan diri dan memulihkan kesegaran tubuh setelah seharian beraktivitas, yaitu dengan cara berendam dalam air dingin atau air panas. Bahkan para ahli kesehatan mengatakan, mandi berendam baik untuk kesehatan. Peredaran darah akan menjadi lebih lancar, pegal-pegal akan hilang, dan tidur akan lebih nyenyak bila mandi berendam tidak lebih dari 15 menit setiap hari. Mengingat lamanya waktu yang dibutuhkan untuk mandi berendam menyehatkan, kamar mandi perlu ditata agar mandi berendam jadi lebih nyaman dan menenangkan.

Elemen-elemen penting kamar mandi Mediteran

Tamu yang berkunjung ke rumah bisa memberi penilaian pada karakter kita dengan segera setelah ia menggunakan kamar mandi Anda. Maka wajar jika kamar mandi harus selalu bersih, dan bila memungkinkan, perhatikan kelayakan visual kamar mandi. Bila seseorang sudah mantap memilih desain interior gaya Mediteran sebagai bagian dari kamar mandinya, berikut ini adalah hal-hal yang sebaiknya diprioritaskan. Jika anda belum yakin, anda selalu dapat berkonsultasi dengan para ahli homify yang spesialisasinya merancang kamar mandi.

1. Lengkung dan ceruk

Struktur berbentuk kurva atau tidak lurus melainkan melengkung adalah ciri khas gaya Mediteran. Struktur kurva ini biasanya diaplikasikan pada jendela, ruang transisi antar ruangan, relung di dinding, dan atap lengkung. Relung di kamar mandi, misalnya, bisa menjadi elemen dekorasi fungsional. Selain berfungsi sebagai rak, bentuk lengkung ceruk di dinding akan mengundang atmosfer pantai Mediterania ke dalam kamar mandi Anda. Kamar mandi Mediteran berukuran mini pun akan mendapat manfaat dari rak lengkung lantaran estetika ruang yang terjaga secara visual tanpa terlalu banyak perabotan. Di antara struktur lengkung di atas, membuat ceruk atau relung di dinding adalah cara yang paling terjangkau.

Memang benar, membuat relung sebaiknya dilaksanakan bersamaan dengan pembangunan rumah. Meski demikian, membuat ceruk di dinding yang telah berdiri bukan tidak bisa diwujudkan. Perlu pengukuran seksama untuk mengetahui bagian dinding mana yang akan dibongkar dan berapa ukuran kedalamannya. Inilah mengapa kami menyarankan ceruk berdimensi kecil untuk kamar mandi Mediteran Anda. Sedangkan atap lengkung yang paling ideal adalah atap batu bata. Bisa dibuat sebagai elemen dekorasi tambahan di kamar mandi yang telah berdiri. Namun pengerjaan atap bata memerlukan keahlian ekstra, sehingga pengeluaran untuk ongkos pekerja mungkin akan sedikit lebih mahal.

2. Flooring unsur alam

Rumah gaya Mediteran adalah tempat yang sempurna bagi ubin terakota (tanah liat) untuk unjuk gigi. Selain fakta bahwa ubin terakota terinspirasi oleh flooring tradisional Spanyol dan Italia, ubin terakota layak diutamakan karena kualitasnya yang tahan lama dan tahan air. Namun ubin tanah liat kurang cocok digunakan di kamar mandi karena teksturnya yang halus membuat orang mudah terpeleset. Material tanah liat yang cocok untuk kamar mandi adalah saltillo, yaitu sejenis genteng tanah liat yang dikeringkan tanpa proses pembakaran, dan cocok untuk menghadirkan suasana alam.

Material lain yang bisa digunakan untuk lantai kamar mandi Mediteran adalah porselen dan batu alam, yang tak perlu diragukan lagi orisinalitas tampilan naturalnya. Harga penutup lantai dan dinding kamar mandi cukup bervariasi tergantung jenis bahannya. Sebagai perbandingan, harga batu alam andesit bintik untuk kamar mandi berukuran 15x30 cm adalah Rp 88 ribu per meter persegi. Sedangkan harga lantai keramik bermotif ukuran 20x40 cm sekitar Rp 50 ribu per meter persegi. Ubin penutup lantai dan dinding kamar mandi sebaiknya berwarna coklat muda, kuning muda, merah bata, biru muda, atau turquoise (biru hijau) seperti warna perairan Mediterania.

3. Cahaya

Cahaya adalah elemen penting pada kamar mandi Mediteran, mengingat kawasan Mediteran yang menjadi tanah kelahiran gaya interior ini adalah kawasan yang hangat dan kaya sinar matahari. Masalahnya, jendela yang terlalu besar di kamar mandi mungkin menimbulkan kekhawatiran akan keamanan privasi. Solusinya sederhana, gunakan kaca buram atau lengkapi jendela dengan tirai. Cara yang lebih aman lagi adalah membuat skylight (jendela atap) tepat di atas area shower atau bak mandi. Di malam hari, peran matahari digantikan oleh lampu spot di atas area mandi dan wastafel. Lampu dekoratif juga bisa ditambahkan untuk menghadirkan atmosfer romantis. Untuk tujuan ini pilihlah jenis lampu spot yang tahan lama dan ramah lingkungan. Harga lampu sorot saat ini berkisar antara Rp 11 ribu sampai Rp 50 ribu per bijinya.

4. Ornamen dekorasi

Kondisi geografis bisa mempengaruhi perkembangan budaya masyarakat di suatu daerah. Mengingat kawasan Mediterania bersuhu hangat, masyarakat Mediterania juga adalah pribadi-pribadi yang hangat dan mampu mengekspresikan kecerdasan visual mereka dalam bentuk ornamen hias yang penuh, menonjol, detil, dan mudah dipahami. Ornamen-ornamen ini biasanya diaplikasikan pada furnitur kamar mandi, karpet, rak, atau meja wastafel. Ubin mozaik dari bahan kaca atau keramik bisa dipertimbangkan sebagai backsplash yang akan memberikan sentuhan kekinian di kamar mandi Mediteran.