Kamar mandi modern

  1. Ad
  2. Ad
  3. Butuh bantuan untuk kamar mandi anda?
    Butuh bantuan untuk kamar mandi anda?
  4. Ad
  5. Ad
  6. Butuh bantuan untuk kamar mandi anda?
    Butuh bantuan untuk kamar mandi anda?
  7. Ad
  8. Ad
  9. Ad
  10. Ad
  11. Ad
  12. Ad
  13. Ad

Desain modern dan minimalis memang sedang populer, tak terkecuali desain untuk kamar mandi. Selain mudah ditata dan dibersihkan, interior ini juga tak banyak memakan biaya dan usaha. Namun tentu untuk mendapatkan desain dan fungsi yang sesuai keinginan tetap saja tak semudah membalikkan telapak tangan. Butuh perhitungan matang, anda tak bisa asal membeli perangkat serta furnitur yang pada akhirnya tak serasi, sehingga menyesal di kemudian hari.  

Bagaimana cara mendesain kamar mandi modern? 

Kamar mandi modern dapat memiliki banyak varian dalam dekorasi interior, namun kelima ciri inilah yang sebaiknya anda penuhi untuk mendapatkan suasana modern di kamar mandi anda:   

Shower:
Bilik mandi dengan shower (baik terbuka maupun dengan pintu kaca geser) memberikan suasana ruangan yang terkesan sedikit lebih basah tetapi lebih luas dan mewah. Tak banyak perangkat yang dibutuhkan, karena itu ia menghemat tempat dengan efektif.   

Shower dengan pengatur air panas:
Sekalipun suhu di Indonesia relatif panas tetapi siapa yang bisa menolak mandi air hangat? Mandi air panas sempurna untuk mereleksasi otot setelah seharian beraktifitas.   

LED:
Penggunaan LED untuk memberikan highlight pada fitur tertentu, misalnya lantai, cermin, dst. Ini merupakan cara yang mudah dan ekonomis untuk memberikan karakter sesuai kepribadian dan selera anda pada kamar mandi, terutama jika kamar mandi ini untuk kegunaan personal anda dan bukan untuk tamu.   

Penghangat di bawah lantai:
Untuk anda yang bermukim di daerah dataran tinggi dan bersuhu lebih rendah, aktifitas pagi dengan mandi mungkin terkadang kurang nyaman karena lantai yang dingin. Alternatif ini dapat anda pertimbangkan sebagai solusi anda, karena dengan ini ruangan tidak perlu penghangat lagi.     

Warna cat apa yang sebaiknya saya pilih untuk kamar mandi bergaya modern?   

Warna cat seringkali jadi alternatif termudah namun kuat untuk memberikan kesan modern pada sebuah ruangan, tak terkecuali kamar mandi. Anda tidak harus selalu menggunakan warna cerah, tapi anda juga dapat mengkombinasikan dengan warna gelap pada satu elemen saja. Misalnya jika seluruh dinding sudah berwarna krem pucat, maka lantai dapat diberikan warna biru untuk memberikan aksen, atau warna netral lainnya yang sedikit memberikan kontras. Pintar-pintarlah memilih warna yang cocok, kenyamanan penting tapi jangan sampai terkesan membosankan.   

Pilih juga warna sesuai kebutuhan. Jika anda sering menggunakan kamar mandi untuk mengaplikasikan make up misalnya, warna peach, pink pucat dan krem dapat menjadi pilihan aman karena tidak memberikan ilusi warna berbeda saat anda mengaplikasikan make up.     

Bagaimana cara memilih furnitur untuk kamar mandi modern? 

Salah satu yang harus dilakukan ketika memfurnis kamar mandi modern adalah memastikan bahwa kamar mandi nyaman digunakan oleh dua orang, bahkan shower dobel jika memang ukuran ruangan memungkinkan. Gunakan kabinet yang dapat ditempatkan di dinding (bukan di lantai) untuk menghemat tempat dan membuat ruang terasa lebih lega. Selain itu kabinet semacam ini juga membuat kamar mandi lebih mudah dibersihkan karena lantainya lebih lowong. Jika anda ingin menghemat tempat sebanyak mungkin maka tempatkan furnitur secara linear karena akan jauh lebih menghemat tempat.     

Apa yang harus saya pertimbangkan sebelum merenovasi kamar mandi jadi modern? 

Jika anda ingin melakukan remodeling pada kamar mandi anda untuk menjadikannya lebih modern namun tidak memiliki ruangan/lahan yang besar maka anda dapat membuat daftar fitur yang anda inginkan untuk kamar mandi modern tersebut. Fitur ini tergantung dari gaya hidup dan kebiasaan anda, misalnya jika anda mandi sehari dua kali maka anda dapat mempertimbangkan untuk menempatkan shower sekaligus bath tub. Namun jika anda tidak memiliki banyak waktu, cukup menempatkan shower saja sehingga anda memiliki lebih banyak ruang untuk penyimpanan atau yang lain. Bak mandi tentu sudah tidak zaman untuk kamar mandi bergaya modern, selain kurang higienis ia juga memakan banyak tempat. Elemen-elemen dasar yang dapat anda pertimbangkan misalnya shower, toilet, cermin besar dan penerangan yang memadai.   

Tergantung dari seberapa besar ruang yang anda miliki, anda dapat memutuskan seberapa besar shower yang ingin anda buat, 80 cm adalah luas standar shower yang dapat dibangun untuk nyaman digunakan. Sementara itu lebar yang diperlukan untuk  toilet adalah 75 cm dengan jarak sekitar 50 cm di depannya untuk dapat digunakan secara nyaman. Wastafel memiliki ukuran yang kira-kira sama dengan toilet namun membutuhkan jarak sekitar 1 m di depannya untuk dapat digunakan secara leluasa. Selain itu saat merencanakan pencahayaan, pastikan semua steker berada pada tempat yang mudah dijangkau dan digunakan. Pencahayaan yang memadai penting untuk kamar mandi agar nyaman dan praktis digunakan, karena higienitas juga penting untuk dijaga. Untuk memaksimalkan ruang, gunakan furnitur yang dapat ditempatkan di dinding dan bukan di lantai, selain itu hal ini menghindari lantai yang basah dan dengan demikian juga meminimalisir keberadaan jamur.   

Selain itu, inilah beberapa hal yang sebaiknya dipertimbangkan sebelum merenovasi:   

Biaya:
Semua tentu tergantung dari material pilihan anda, seperti model ubin, dinding, wastafel, shower, cermin, dsb. Lakukan survei menyeluruh sebelum memutuskan, biaya dapat anda tekan dengan menyewa pemborong.   

Tata letak/layout:
WC/kloset sebaiknya diletakkan di posisi yang tidak terlihat mata, jangan sampai terlihat ketika melewati pintu kamar mandi yang terbuka karena kurang estetis. Pastikan wastafel berada di  sisi kanan kloset untuk tata letak yang lebih praktis dan fungsional.   

Tidak semua harus dibongkar:
Jika ubin lantai atau dinding masih berada dalam kondisi baik maka dapat dibiarkan, sebaliknya sesuaikan dekorasi dan padukan dengan gaya yang cocok.   

Perhatikan jarak antar benda   

Ventilasi:
Jangan lupa bahwa kamar mandi adalah ruang yang lembap, sehingga sirkulasi udara sangat penting untuk kenyamanan dan kebersihan.   

Pemasangan ubin dan saluran air:
Pastikan semua terpasang dengan baik sehingga tidak ada rembesan air. Pastikan pemborong anda melakukan sistem water block.   

Pencahayaan:
Alternatif mudah untuk memaksimalkan pencahayaan alami misalnya mengganti sebagian genteng dengan skylight atau genteng akrilik, namun hal ini dapat membuat kamar mandi lebih mudah berlumut. Jika anda menginginkannya, pastikan anda melakukan perawatan dan pengecekan berkala. Jika anda memutuskan untuk menggunakan genteng akrilik, gunakan satu saja karena ia dapat menyebabkan suhu kamar mandi terlalu panas.