Ide desain & gambar kamar mandi gaya tropis

  1. Villa Bali:  Kamar Mandi by JESSICA DESIGN STUDIO
  2. Kamar Mandi Utama:  Kamar Mandi by Lighthouse Architect Indonesia
  3. Butuh bantuan untuk kamar mandi anda?
    Butuh bantuan untuk kamar mandi anda?
  4. Mr. Adrian's Bathroom:  Kamar Mandi by SEKALA Studio
  5. Villa Bali:  Kamar Mandi by JESSICA DESIGN STUDIO
  6. Private Residence @ Gading Serpong:  Kamar Mandi by Kamala Interior
  7. Budisari Residence:  Kamar Mandi by ARCHID
  8. Butuh bantuan untuk kamar mandi anda?
    Butuh bantuan untuk kamar mandi anda?
  9. Master Bathroom:  Kamar Mandi by alexander and philips
  10. :  Kamar Mandi by SAE Studio (PT. Shiva Ardhyanesha Estetika)
  11. Penn Villa Umalas:  Kamar Mandi by Studio Tropis
  12. Kamar Mandi Utama:  Kamar Mandi by Lighthouse Architect Indonesia
  13. Villa Bali:  Kamar Mandi by JESSICA DESIGN STUDIO
  14. Villa Bali:  Kamar Mandi by JESSICA DESIGN STUDIO
  15. Bedroom:  Kamar Mandi by E&U
  16.  Kamar Mandi by Design by Torsten Müller
  17.  Kamar Mandi by Yucas Design & Build Sdn. Bhd.
    Ad
  18.  Kamar Mandi by ADIdesign*  studio
  19.  Kamar Mandi by José Vigil Arquitectos
  20.  Kamar Mandi by MJKanny Architect
  21.  Kamar Mandi by Lux4home™ Indonesia
  22.  Kamar Mandi by foto de arquitectura
  23.  Kamar Mandi by Design studio TZinterior group
  24.  Kamar Mandi by Design studio TZinterior group
  25.  Kamar Mandi by Design studio TZinterior group
  26.  Kamar Mandi by Lux4home™ Indonesia
  27.  Kamar Mandi by Lux4home™ Indonesia
  28.  Kamar Mandi by Scale Interior Design
  29.  Kamar Mandi by ID project
  30.  Kamar Mandi by Word of Mouth House
  31.  Kamar Mandi by Tamara Wibowo Architects
  32.  Kamar Mandi by Fotoceramic
  33.  Kamar Mandi by Mellani Fotografias

Daerah tropis yang kaya dengan sinar matahari, terang dan hangat sering menjadi inspirasi termasuk dalam dunia desain interior. Begitu juga dengan kamar mandi, gaya tropis menjadi pilihan karena mampu menghadirkan suasana kamar mandi dengan pemandangan alam tropikal yang terang dan hangat.

Bagaimana desain kamar mandi bergaya tropis?

Kamar mandi bergaya tropis umumnya memiliki desain yang terang dan bernuansa alam. Untuk memberikan kamar mandi yang terang maksimal, idealnya kamar mandi tropis sebaiknya terhubung dengan area taman pribadi. Taman di desain dengan memberikan tanaman tropis seperti palem, lidah buaya, serta enceng. Mengganti kran dengan pancuran juga menjadi karakteristik gaya tropis. Pancuran bisa dari kayu, bambu bahkan batu.

Jika luas kamar mandi cukup memadai, pisahkan fungsi ruang basah dan kering pada kamar mandi. Misalkan saja, dengan menempatkan bathtub atau shower di ruang bagian dalam. Namun jika lahan tidak memungkinkan bisa juga dibuat jendela besar atau skylight untuk memberikan sirkulasi udara yang baik serta menghadirkan pemandangan ke luar. Tanaman tropis tetap hadirkan namun dalam porsi yang menyesuaikan dengan luas kamar mandi. Tanaman bisa ditempatkan dalam pot atau vas yang ditaruh di sudut ruang maupun di gantung.

Material yang digunakan kamar mandi adalah bahan-bahan alam seperti batu, kayu, serta keramik yang selaras dengan konsep ruang dan lingkungan tropis.

Warna-warna yang menjadi karakteristik kamar mandi bergaya tropis adalah warna alam. Jika menghadirkan konsep alam berupa laut, maka warna biru, krem dan coklat bisa menjadi pilihan. Jika alam pegungungan yang menjadi pilihan, palet warna hijau bisa menjadi alternatif yang sempurna. Tambahkan batu alam yang disusun menutup dinding, berikan aksen ranting kayu di atap, memberikan kesan dalam hutan pedalaman.

Bagaimana perabotannya?

Jika kamar mandi cukup luas, menghadirkan furnitur bisa menambah gaya. Pilih bangku kayu, potongan batu dengan potongan alami. Bak mandi batu atau keramik dengan alas batu akan menjadi aset yang indah. Wastafel dari kayu dan batu juga akan memberikan kesan alam tropis.

Aksesoris adalah sentuhan kecil yang akan memberikan kesan mendalam pada desain ruangan. Tempayan dari tanah liat, gayung dari tempurung kelapa bisa menjadi pilihan yang baik.

Berapa biayanya?

Seperti halnya jasa interior ruang yang lain, pembuatan kamar mandi di hitung dengan satuan meter persegi. Harga batu alam sangat variatif tergantung jenis dan ukurannya. Semisal untuk jenis Andesit ukuran 15x30 cm estimasi harga Rp 85.000/m2, ukuran 60x60 Rp 160.000/m2. Sedangkan untuk variasi finishing estimasi harga Alur (Andesit polos bakar) Rp 10.000,- (penambahan dari harga per m2), Honed Rp 25.000, dan Polished ditambahkan Rp 75.000. Sedangkan untuk material campuran lainnya seperti batu koral atau pasir granit harga dimulai pada kisaran Rp 5.000/kg.

Harga furnitur juga bervariatif, mulai dari dibawah satu juta rupiah sampai dengan di atas satu juta rupiah tergantung bentuk, ukuran dan jenis material kayu. Kayu-kayu kokoh seperti jati dan kayu ulin yang semakin kuat di air dipastikan memiliki harga sangat tinggi. Namun begitu ketahanan mereka teruji waktu.

Harga plafon juga bervariasi tergantung ukuran dan jenis kayu semisal kayu merbau, keruing, bengkirai, momala, sungkai memiliki harga yang berbeda. Mulai dari Rp 295.000 untuk ukuran 1,2 cm x 9 cm x 130 cm sampai dengan Rp 325.000/m2 ukuran 1,2cm X 8,5 cm x 150 cm. Harga-harga tersebut belum termasuk biaya pemasangan dengan volume tertentu.

Tanaman tropis relatif murah di Indonesia, beberapa tanaman cukup Anda beli dengan beberapa ribu rupiah saja. Namun jika Anda menginginkan tanaman yang termasuk langka dengan perawatan yang lebih tentu harganya juga menyesuaikan.

Ingin menghadirkan kamar mandi bergaya tropis? Segera konsultasikan dengan desainer interior kepercayaan Anda dan cari inspirasi furnitur terbaik di database homify.