Kamar tidur anak perempuan: Ide desain, inspirasi & gambar

  1. Final Design:  Kamar tidur anak perempuan by Multiline Design
  2. Cluster The Avanny BSD:  Kamar tidur anak perempuan by Getto_id
  3. Butuh bantuan untuk proyek rumah anda?
    Butuh bantuan untuk proyek rumah anda?
  4. Girl's Bedroom:  Kamar tidur anak perempuan by Vinch Interior
  5. YN House, Interior Design:  Kamar tidur anak perempuan by dk.std.id
  6. Kids room :  Kamar tidur anak perempuan by VaDsign
  7. Kids room :  Kamar tidur anak perempuan by VaDsign
  8. Butuh bantuan untuk proyek rumah anda?
    Butuh bantuan untuk proyek rumah anda?
  9. Kamar Tidur Anak:  Kamar tidur anak perempuan by Exxo interior
    Ad
  10. Wallpaper Dinding:  Kamar tidur anak perempuan by Exxo interior
    Ad
  11. Kamar Tidur Anak :  Kamar tidur anak perempuan by Exxo interior
    Ad
  12. Cluster The Avanny BSD:  Kamar tidur anak perempuan by Getto_id
  13. Cluster The Avanny BSD:  Kamar tidur anak perempuan by Getto_id
  14. Cluster The Avanny BSD:  Kamar tidur anak perempuan by Getto_id
  15. Cluster The Avanny BSD:  Kamar tidur anak perempuan by Getto_id
  16. Final Design:  Kamar tidur anak perempuan by Multiline Design
  17. Final Design:  Kamar tidur anak perempuan by Multiline Design
  18. Final Design:  Kamar tidur anak perempuan by Multiline Design
  19. Photo Project:  Kamar tidur anak perempuan by Multiline Design
  20.  Kamar tidur anak perempuan by TGV Interiores
    Ad
  21.  Kamar tidur anak perempuan by Patrícia Netto Arquitetura & Design
    Ad
  22.  Kamar tidur anak perempuan by ARTWAY центр профессиональных дизайнеров и строителей
  23.  Kamar tidur anak perempuan by MOBİLYADA MODA
  24.  Kamar tidur anak perempuan by Franko & Co.
  25.  Kamar tidur anak perempuan by GREEN HAT STUDIO PVT LTD
  26.  Kamar tidur anak perempuan by Interior designers Pavel and Svetlana Alekseeva
  27.  Kamar tidur anak perempuan by Patrícia Netto Arquitetura & Design
    Ad
  28.  Kamar tidur anak perempuan by Laura Mueller Arquitetura + Interiores
  29.  Kamar tidur anak perempuan by Pomp & Friends - Interior Designer
  30.  Kamar tidur anak perempuan by Ana Paula Onzi Arquitetura
  31.  Kamar tidur anak perempuan by Fabíola Escobar - Pratique Arquitetura
    Ad
  32.  Kamar tidur anak perempuan by LAVRADIO DESIGN
    Ad
  33.  Kamar tidur anak perempuan by Nathalia Bilibio Arquitetura e Construção

Mendesain kamar tidur memang susah-susah gampang. Tiap kamar memiliki ciri khas masing-masing tergantung penghuninya. Kamar orang tua berbeda dengan kamar anak. Begitupun kamar anak perempuan dan kamar anak laki-laki. Uraian kali ini akan membahas detail desain kamar anak khususnya anak perempuan.

Bagaimana mendesain kamar anak perempuan?

Kamar anak perempuan umumnya lebih berestetika ketimbang laki-laki, karenanya beberapa hal umum berikut perlu diperhatikan sebelum mendesain.

Tema

Merupakan point inti sebelum mendesain. Tema putri kerajaan, kartun favorit, boneka-boneka atau bunga biasanya dominan dipilih anak perempuan.

Warna

Warna berperan penting menentukan ‘hidup’ tidaknya ruangan kamar. Pilihlah warna-warna ceria seperti pink, kuning, orange biru laut atau kombinasikan agar nampak hidup.

Furniture

Sesuaikan furniture dengan tema kamar. Untuk memudahkannya belilah paket 1 set yang terdiri dari tempat tidur, lemari, meja belajar/rias berikut laci. Hanya perlu menambahkan sedikit sentuhan untuk mempertegas tema.

Dekorasi/Riasan

Bertujuan untuk mempertegas tema. Misalnya dengan menambah wallpaper dinding atau stiker khusus di lemari. Cara ini terbilang praktis dan menguntungkan karena bisa diganti sewaktu waktu Anda bosan.

Anak perempuan umumnya memiliki sifat lebih kalem dan penurut mereka akan condong mengikuti keinginan Anda. Kendati begitu ajaklah putri kecil anda berdiskusi hal-hal diatas dan menata kamar agar lebih menyenangkan.

Kamar tidur anak perempuan minimalis

Keterbatasan luas bukan halangan untuk memperoleh desain kamar yang nyaman dan elegan. Ini hanya masalah trik membuat ilusi lebih luas, space saving dan furniture untuk menyimpan barang dengan kreatif. Kuncinya ada di penataan ruangan, pewarnaan, pencahayaan, pemilihan furniture dan asesories. Dalam sekejap kamar minimalis akan berbeda.

Pewarnaan

Kamar dengan keterbatasan lahan sebaiknya tidak menggunakan banyak warna. Ini hanya membuatnya terlihat semakin sempit dan padat. Gunakan warna netral seperti putih, pastel, biru muda dan krem pada dinding kamar. Tak hanya menenangkan, warna-warna tersebut terbukti memberi efek luas pada sebuah ruangan.

Tema

Pilih satu tema, misal Hello Kitty. Warna soft pink dipadu putih masih sesuai untuk kamar minimalis.

Beri sentuhan corak pada karpet, bedcover, atau gordyn untuk menghidupkannya. Bila masih kurang tambahkan dengan wallpaper atau riasan dinding.

Furniture

Penting untuk memperhitungkan ukuran furniture seperti lemari, meja belajar/rias, dan tempat tidur untuk kamar minimalis. Jangan sampai ukuran tempat tidur menyita hampir sebagian ruangan kamar. Pilihlah tempat tidur single bed. Tidak perlu membeli tempat tidur dengan banyak ornament yang sulit untuk dibersihkan, digeser atau dipindah-pindahkan. Rapatkan tempat tidur ke dinding untuk menghemat space.

Keuntungan single bed adalah desainnya tak lekang oleh waktu sehingg bisa tetap digunakan meski anak sudah beranjak dewasa.

Pencahayaan

Pencahayaan yang baik membantu membuat ruangan terlihat luas. Meski terlihat menarik, hindari penggunaan cahaya lampu-lampu seperti di diskotik yang hanya akan membuat ruangan terlihat sempit. Hilangkan bagian-bagian gelap ruangan dengan cahaya yang cukup dari dalam maupun luar. Cahaya matahari disamping menyehatkan juga membantu membunuh kuman-kuman dan bakteri dalam kamar.

Cermin

Letakkan/gantung cermin ukuran cukup besar, misal ukuran 50x75 cm di dinding kamar tidur. Cermin seringkali digunakan dalam interior untuk membuat ilusi ruangan tampak lebih besar.

Sliding door

Gunakan sliding door (pintu geser) pengganti pintu biasa. Model pintu ini mencipta kesan luas karena saat membuka atau menutup daun pintu tidak memakan tempat.

Pemilihan Warna

Pemilihan warna yang tepat akan mempengaruhi tampilan ruangan. Warna-warna netral sangat cocok diaplikasikan di segala jenis ruangan termasuk kamar tidur, diantaranya putih, krem, biru muda, pastel, soft pink, dan soft peach. Pilih warna sesuai tema dan kepribadian anak, kalau perlu ajak anak anda berdiskusi untuk memahami keinginannya.

Anak laki-laki umumnya lebih aktif dan ceria pemilihan warnapun harus selektif. Berikut beberapa kombinasi warna cat kamar tidur anak laki-laki yang paling sering digunakan dilansir dari sebuah situs cat tembok.

Biru dan Putih

Biru hampir menjadi pilihan warna seluruh kamar anak laki-laki. Dari segi efek, warna biru dinilai mampu membuat penghuni kamar merasa sejuk, rileks, dan mampu memunculkan kesan kebijaksanaan. Gradasi warna biru tua memiliki karakter yang bisa membangkitkan imajinasi, menimbulkan perasaan tenang serta meningkatkan sensitivitas, dan mendorong semangat. Sedangkan warna biru muda (biru pucat) memberikan kesan ringan, tenang, dan tenteram.

Aplikasikan warna ini secara dominan pada dinding-dinding kamar tidur kemudian kombinasikan dengan warna putih. Disamping merepresentatifkan kemaskulinan, biru sendiri identik dengan kebebasan dan kesan imajinatif sehingga cocok untuk anak laki-laki maupun pria dewasa.

Sebagai salah satu kategori warna earth tone, warna biru juga mencipta keteduhan dan kesejukan. Saat dikombinasikan mencipta suasana alami dan membangun mood positif. Pengaplikasian kombinasi warna ini pada dinding-dinding kamar anak anak membuat ruangan minimalis tampak lega.

Nuansa Merah

Sesuai arti warnanya yakni pemberani, tangguh, dan berkarakter kuat, merah juga cocok di kamar tidur anak laki-laki. Secara tidak langsung kita mencipta atmosfer yang memupuk mental anak sejak dini untuk jadi pemenang, pemberani dan tangguh.

Warna merah cocok dikombinasikan dengan warna hijau lumut, kuning cerah, putih ataupun biru. Yang perlu diperhatikan adalah komposisi warnanya agar nampak tidak terlalu mencolok. Komposisi warna yang terlalu ekstrem atau sebaliknya bisa merusak dan mempengaruhi mood penghuni kamar, karena itu berdiskusilah dengan ahlinya.

Nuansa hijau/hijau lemon

Pengaplikasian nuansa hijau lemon pada ruangan mampu mencipta suasana segar. Cocok apabila diterapkan pada dinding kamar ditambah gambar atau riasan karakter tertentu sesuai tema kesukaan anak.

Warna lain yang juga cocok diaplikasikan di kamar anak laki-laki adalah orange, kuning, putih dan krem.

Sebagai salah satu warna dengan tone cerah, oranye mampu membuat kamar tidur anak tampil atraktif dan penuh keceriaan. Oranye juga mampu memberi sentuhan hangat dan meningkatkan daya kreatifitas anak.

Saat mengaplikasikan warna oranye sebaiknya padukan dengan warna putih karena kedua warna tersebut terlihat kontras namun saling mengimbangi. Gunakan warna oranye pada dinding atau furniture dan perabotan kamar.

Warna oranye akan lebih terlihat menonjol bila diterapkan hanya di satu bagian dinding saja, sedangkan bagian lain gunakan warna putih. Ulangi kombinasi kedua warna tersebut pada area tempat tidur. Misalnya pilih ranjang warna putih dengan tarikan laci penyimpanan di bagian bawahnya dan kepala tempat tidur bermotif garis vertikal berwarna oranye putih. Agar semakin terlihat semarak, Anda bisa padukan bersama sprei dan bantal-bantal warna kuning dengan gambar kartun.

Furniture dan desain tempat tidur

Selaraskan tempat tidur dan furnitur kamar dengan tema. Seperti diulas sebelumnya, anak perempuan biasanya menyukai tema putri kerajaan, tokoh kartun favorit, boneka-boneka atau bunga-bunga. Kembali ke tema Hello Kitty, tidak perlu mendesain sama persis seratus persen. Cukup hadirkan nuansa melalui warna dinding, stiker atau wallpaper dinding yang mudah dilepas/diganti. Atau dengan memberi corak pada gordyn atau bedcover kamar.

Untuk memudahkan pengaplikasian secara menyeluruh, pilihlah kamar set sesuai tema yakni pink putih. Kamar set terdiri dari 1 tempat tidur, 1 lemari dan 1 meja rias atau meja biasa ditambah pewarnaan dinding.

Pilih ranjang/tempat tidur single multifungsi. Tempat tidur memiliki laci sorong di bawahnya, dapat digunakan sebagai penyimpanan matras tambahan atau barang lainnya. Menambahkan beberapa laci dibawah tempat tidur juga terbukti efektif sebagai sarana penyimpanan mainan anak, boneka atau bantal cadangan. Ukuran laci disesuaikan dengan luas tempat tidur.

Keuntungan tempat tidur single adalah fungsinya yang tak lekang waktu sehingga tetap bisa digunakan meski anak telah beranjak dewasa.

Begitu juga dengan lemari yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan pakaian dan barang lainnya harus selaras dengan tema kamar. Gunakan lemari standard berukuran segi empat atan persegi panjang dengan menambahkan modifikasi di bagian depan menggunakan stiker atau riasan tempel yang mudah dicabut/dilepas.

Untuk meja belajar berikut tempat duduk, pilihlah yang praktis sesuai ukuran kamar. Misal meja berukuran 80 cm x 50 cm cukup mengakomodir kebutuhan kamar minimalis. Lengkapi meja dengan laci kecil di bagian atas dan besar di bawah untuk menyimpan buku dan alat-alat sekolah.

Kursi duduk sebaiknya beralas busa agar nyaman saat diduduki dan tidak mudah pegal. Bila memungkinkan tambahkan rak kecil diatas meja belajar untuk menaruh buku atau bacaan-bacaan ringan anak. Atau bisa dengan menempelkan paku siku di dinding pengganti rak meja.

Selanjutnya meja rias mini (bila ada). Untuk mempertegas, modifikasi meja sesuai tema kamar kemudian kombinasikan dengan pernak-pernik anggun untuk menambah kesan ceria. Lengkapi meja dengan laci kecil yang berguna untuk menyimpan asesoris rambut, mainan atau barang kesayangan anak.

Terakhir dan tak kalah penting adalah space bebas (ruang bebas) untuk bermain. Letaknya biasanya di lantai ruangan kamar disamping atau di depan tempat tidur. Taruhlah karpet kecil ukuran 120 cm x 100 cm sebagai alas duduk agar anak anda dan teman-temannya dapat beraktifitas secara bebas. Lengkapi dengan bantal-bantal kecil untuk sandaran atau rebahan.

Estimasi Biaya dekor kamar anak perempuan

Berikut adalah contoh estimasi harga 1 set kamar anak perempuan bertema Helo Kitty.

Budget yang dibutuhkan untuk cat dinding berkisar Rp 300.000,-. Cat akan didenominasi warna pink, hitam dan putih. Untuk dinding sebaiknya semua dicat pink atau pink bercampur putih agar lebih soft, kemudian gambarlah tokoh Hello Kitty.

Untuk furniture, Anda bisa gunakan warna serupa dengan cat dinding, sedang untuk memolesnya cukup membeli stiker bergambar Hello Kitty sesuai keinginan. Untuk Desain ini budget yang diperlukan berkisar Rp 50.000 s/d Rp 100.000.

Untuk set tempat tidur yang terdiri dari bantal, sprei dan selimut/bedcover, bisa diperoleh dengan harga kisaran Rp 300.000 s/d Rp 500.000 tergantung kualitas barang.

Hiasan lain pelengkap kamar tidur seperti kursi, karpet, bantal karpet berbentuk Hello Kitty, jam dinding atau jam meja bisa berkisar Rp 500.000

Furniture tambahan lainnya adalah lantai berbahan dasar kayu. Lantai jenis ini sangat hangat jika dipasang dalam rumah dan akan sangat nyaman untuk anak-anak Anda bermain. Lantai kayu jati biasanya dijual per cm dengan harga sekitar 1,2 cm x 5cm x 17 cm = Rp 175.000,/m2 sampai 1,2 cm x 5cm x 20 cm = Rp 195.000,/m2.

Sementara untuk tambahan furniture lemari mungkin bisa disiasati memakai yang lama dengan sedikit dipolitur agar terlihat baru dan bagus. Harga politur di toko bangunan biasanya sekitar Rp 50.000.

Meski bisa mendesain sendiri namun untuk hasil lebih baik sekaligus efisiensi budget akan lebih baik bila berkonsultasi dengan ahlinya.