Kamar tidur gaya country: Ide desain interior, inspirasi & gambar

  1. Butuh bantuan untuk proyek rumah anda?
    Butuh bantuan untuk proyek rumah anda?
  2. Butuh bantuan untuk proyek rumah anda?
    Butuh bantuan untuk proyek rumah anda?
  3. Ad
  4. Ad
  5. Ad
  6. Ad
  7. Ad

Kamar tidur merupakan elemen penting dalam rumah. Tempat untuk melepas lelah, penat sekaligus ruang privasi melakukan berbagai kegiatan. Mencipta kamar tidur bertema pedesaan akan membawa Anda dalam nuansa hangat sekaligus teduh alam pedesaan. Bayangkan saat bangun Anda akan merasa segar memulai aktivitas, begitupun usai melakukan seluruh aktivitas yang melelahkan di kota besar petang hari.

Bagaimana Cara Mendesain Kamar Tidur Bergaya Pedesaan?

Desain meliputi warna dinding, model lantai, pemilihan perabot sampai dengan plafon penutup langit-langit. Kamar tidur bergaya pedesaan umumnya memiliki desain klasik dan etnik. Material akan lebih banyak menggunakan batu-batu alam dan kayu dari bahan alami yang selaras dengan lingkungan di sekitarnya.

Kamar tidur bertema pedesaan umumnya paling diminati dan masih di pertahankan hingga kini oleh sebagian besar masyarakat perkotaan. Kamar tidur pedesaan memiliki karakteristik sendiri berbeda dengan desain kamar tidur pada umumnya.

Dinding kamar biasanya menggunakan batu bata, batu alam atau papan kayu. Demikian juga dengan perabotan penunjang lainnya yang digunakan adalah perabotan antik terbuat dari bambu atau kayu.

Bila dinding kamar sudah terlanjur polos dan tidak memungkinkan untuk merubah atau menggantinya kembali, Anda hanya perlu menambahkan wallpaper sesuai tema kamar. Wallpaper bermotif kayu/papan, bebatuan dan atau tanaman dengan aksen lembut bisa menjadi aternatif. Wallpaper bermotif polos dengan warna-warna natural seperti putih, krem, hijau lembut, dll dapat jadi opsi berikutnya. Warna-warna polos soft dan netral akan sangat membantu memadu padankan perabot dinding agar tidak berbenturan corak. Keunggulan wallpaper adalah kemudahan untuk menggantinya bila sudah merasa bosan.

Untuk lantai umumnya menggunakan material berbahan dasar kayu atau batu alam. Lantai keramik jarang digunakan. Sedangkan material tempat tidur biasanya berbahan dasar kayu bercorak gelap dengan highlight tegas untuk mempertegas kesan alami. Jenis kayu yang digunakan biasanya pinus, aras, atau jenis kayu solid lainnya.

Yang juga tak boleh terlupa adalah plafon penutup langit-langit dimana mata kita akan selalu tertuju kepadanya saat merebahkan badan diatas ranjang. Plafon memiliki banyak jenis dan jenis plafon kayu adalah salah satu yang sering di cari dalam dunia interior untuk memberikan suasana dalam ruangan menjadi natural atau bisa disebut lambersering. Ada berbagai macam jenis kayu dari plafon kayu.

Plafon Kayu Jati, kayu ini memiliki serat terlihat tegas dan menunjukan serat – serat kayu itu sendiri dan dominan berwarna coklat jika umur kayu tersebut melebihi 10 tahun. Kayu jati salah satu kayu kelas 1 atau dalam ketahanan memang kuat untuk bertahun

Plafon Kayu Merbau, kayu ini memiliki warna dominan coklat sedikit ke merah – merahan dalam kasusnya kayu merbau jika terendam dalam alam air akan mengeluarkan getah dari kayu itu sendiri. Berikutnya ada kayu Bengkirai, Kayu Keruing dan kayu momala.

Bagaimana dengan furnitur kamar tidur bergaya pedesaan?

Kamar tidur bergaya pedesaan biasanya merujuk pada sesuatu perabot buatan tangan atau alami. Seperti halnya saat mengunjungi sebuah pondok atau kabin di mana perabot terlihat begitu klasik, kokoh dan misterius. Karena klasik, furnitur ini biasanya memiliki bobot yang kuat dan kokoh.Material dari kayu atau bambu dengan warna terang seperti krem sampai ke coklat tua layaknya kayu asli.

Selektiflah saat memilih perabot untuk kamar. furnitur kamar tidur terdiri dari tempat tidur (singel maupun dobel) berbahan kayu dengan ukiran klasik, kabinet yang juga dari kayu. Keduanya berbentuk sederhana untuk menguatkan kesan pedesaan. Perabot bernuansa alami pedesaan mencipta suasana hangat dalam kamar khususnya malam hari dan suasana teduh di siang hari.

Menambah karpet di dekat tempat tidur juga membantu mencipta suasana “country bedroom” atau bergaya pedesaan. Terlebih bila ada perapian. Sayangnya iklim Indonesia yang tropis jarang menggunakan perapian. Bilapun ada biasanya di daerah-daerah tertentu di atas ketinggian. Pilihlah warna-warna karpet netral atau senada tema kamar. Ukuran karpet disesuaikan dengan luas kamar.

Tambahkan kursi khusus atau sofa bila luas kamar masih memungkinkan. Pilihlah kursi berbahan dasar kayu, dan ataupun sofa berwarna klasik. Letakkan di depan jendela agar Anda bebas memandang keindahan alam luar dari balik jendela. Selebihnya adalah menyesuaikan sprei dengan tema klasik pedesaan. Dan atau menambahkan pigura-pigura di dinding berbahan dasar kayu serta mengisinya dengan gambar-gambar atau hiasan senada.

Berapa biaya yang harus dikeluarkan?

Harga batu alam sangat variatif tergantung jenis dan ukurannya. Semisal untuk jenis Andesit ukuran 15x30 cm estimasi harga Rp 85.000/m2, ukuran 60x60 Rp 160.000/m2. Sedangkan untuk variasi finishing estimasi harga Alur (Andesit polos bakar) Rp 10.000,- (penambahan dari harga per m2), Honed Rp 25.000, dan Polished ditambahkan Rp 75.000. Sedangkan untuk material campuran lainnya seperti batu koral atau pasir granit harga dimulai pada kisaran Rp 5.000/kg.

Harga ranjang kayu juga bervariatif, mulai dari dibawah satu juta rupiah sampai dengan di atas satu juta rupiah tergantung bentuk, ukuran dan jenis material kayu. Kayu-kayu kokoh seperti jati dipastikan memiliki harga sangat tinggi. Namun begitu ketahanan mereka teruji waktu. Ranjang kayu dengan ukiran akan menambah kesan klasik dan etnik.

Harga plafon juga bervariasi tergantung ukuran dan jenis kayu semisal kayu merbau, keruing, bengkirai, momala, sungkai memiliki harga yang berbeda. Mulai dari Rp 295.000 untuk ukuran 1,2 cm x 9 cm x 130 cm sampai dengan Rp 325.000/m2 ukuran 1,2cm X 8,5 cm x 150 cm. Harga-harga tersebut belum termasuk biaya pemasangan dengan volume tertentu.

Selebihnya meski dirasa kurang cocok di Indonesia yang beriklim tropis, bila kamar masih cukup luas, tambahkan perapian kecil yang akan menghadirkan suasana pedesaan dalam kamar.

Ingin menghadirkan kamar tidur kamar tidur bergaya pedesaan? Segera konsultasikan dengan desainer interior kepercayaan Anda dan cari inspirasi furnitur terbaik di database homify.