Ide desain & gambar kamar tidur gaya mediteran

  1.  Kamar Tidur by homify
  2.  Kamar Tidur by dmesure
  3. Butuh bantuan untuk proyek rumah anda?
    Butuh bantuan untuk proyek rumah anda?
  4.  Kamar Tidur by Bloomint design
  5.  Kamar Tidur by Bloomint design
  6.  Kamar Tidur by Bloomint design
  7.  Kamar Tidur by maria inês home style
  8. Butuh bantuan untuk proyek rumah anda?
    Butuh bantuan untuk proyek rumah anda?
  9.  Kamar Tidur by Brick construcció i disseny
  10.  Kamar Tidur by Bloomint design
  11.  Kamar Tidur by Egue y Seta
  12.  Kamar Tidur by Flavia Guglielmi Arquitetura
  13.  Kamar Tidur by ROSA PURA HOME STORE
  14.  Kamar Tidur by Ossigeno Architettura
  15.  Kamar Tidur by Nocera Kathia rendering progettazione e design
  16.  Kamar Tidur by Design Arc Interiors
  17.  Kamar Tidur by raphaeldesign
  18.  Kamar Tidur by Bloomint design
  19.  Kamar Tidur by Bloomint design
  20.  Kamar Tidur by Andrea Tommasi
  21.  Kamar Tidur by Home Deco Decoración
  22.  Kamar Tidur by Giuseppe Iacono Architetto
  23.  Kamar Tidur by Giuseppe Iacono Architetto
  24.  Kamar Tidur by Nice home barcelona
  25.  Kamar Tidur by Studio D73
  26.  Kamar Tidur by DFG Architetti
  27.  Kamar Tidur by NVT Quality Build solution
  28.  Kamar Tidur by Ebru Erol Mimarlık Atölyesi
  29.  Kamar Tidur by ICON INTERIOR
  30.  Kamar Tidur by Egue y Seta
  31.  Kamar Tidur by Nice home barcelona
  32.  Kamar Tidur by Studio D73
  33.  Kamar Tidur by maria inês home style

Sekilas tentang kamar tidur gaya Mediterania

Sesuai dengan pengertian secara harafiahnya, kamar tidur gaya Mediterania adalah kamar tidur yang menampilkan gaya Mediterania penataan ruang. Sedangkan gaya Mediterania merupakan istilah yang digunakan untuk menyebut gaya desain khas Eropa Selatan di mana empat negara utama berada, yaitu Yunani, Prancis, Italia, dan Spanyol. Daerah Mediterania terkenal dengan wilayah perairan berwarna turquoise (biru hijau), iklim yang hangat, dan bunga-bunga beraneka warna, yang terefleksikan dalam desain Mediterania. Tiap negara yang termasuk dalam kawasan Mediterania mempunyai karakter warna, tekstur, tekstil, dan material yang khas karena pengaruh budaya masing-masing. Meski demikian, gaya interior Mediterania ala Yunani, Italia, Prancis, dan Spanyol memiliki kesamaan. Hal ini bisa diketahui dari penggunaan furnitur rustic, lantai kayu atau lantai batu, dan dinding bertekstur yang bisa ditemukan pada interior rumah di empat negara itu.

Gaya Mediterania adalah gaya interior yang sempurna untuk kamar tidur karena kehangatan dan daya tarik dekorasi yang menawarkan pilihan klasik, modern, atau gabungan antara keduanya. Gaya interior ini mudah diterapkan dengan mengaplikasikan beberapa teknik dan mengkombinasikan beberapa karakter interior negara Mediterania yang berbeda.

Karakter interior kamar tidur gaya Mediterania dari empat negara

1. Prancis

Gaya interior Mediterania Prancis bisa diidentifikasi dari dinding plaster bertekstur berwarna beige pucat, kuning, atau warna tanah liat (coklat kemerahan). Selain itu warna hijau zaitun (olive green) dan coklat juga lazim diterapkan. Warna-warna ini biasanya dipadukan dengan cobalt blue (biru muda), merah terang, lavender, dan kuning muda. Sedangkan furnitur kamar tidur yang digunakan biasanya bergaya vintage dilengkapi detil dari bahan logam dengan finishing berwarna gelap, yaitu furnitur yang biasa ditemukan di rumah para bangsawan Prancis di masa pemerintahan Louis XV. Namun furnitur bernuansa lebih ringan juga lazim ditemukan, seperti furnitur rustic dari bahan kayu atau furnitur kayu gaya shabby-chic, seperti yang saat ini banyak digunakan di rumah-rumah French Riviera modern.

Tekstil Mediterania Prancis terinspirasi alam Laut Mediterania yang hangat dan biru, sehingga biru kenjadi warna yang lazim digunakan di rumah-rumah di pesisir Prancis. Warna biru juga tampil dalam variasi garis-garis biru dan putih pada kain pelapis sofa, bantal kursi, atau karpet. Warna putih, motif tanaman dan bunga-bunga juga menjadi ciri khas tekstil Prancis yang lembut dan feminin. Keramik tanah liat dan ubin Maroko menjadi detil dekorasi yang menguatkan atmosfer Mediterania di kamar tidur.

2. Yunani

Pada dasarnya, gaya Mediterania Yunani bisa dikenali dari dinding plesteran putih, lantai kayu dengan furnishing putih dan aplikasi elemen lain dengan warna yang sama. Pilar-pilar besar dan aksen lengkung pada plafon ruang antara juga menjadi ciri khas gaya ini, bersama motif geometris ala Yunani pada tekstil dan elemen dekorasi lainnya.

Gaya interior Mediterania Yunani adalah gaya Mediterania yang paling mudah diterapkan dan relevan bila dipadukan dengan gaya modern. Kamar tidur gaya Mediterania Yunani menonjolkan penggunaan furnitur dari bahan logam dengan furnishing putih yang dipadukan dengan tekstil berwarna putih dan biru cobalt atau turquoise. Kamar tidur gaya Mediterania Yunani tidak lengkap bila tanpa tempat lilin, rak buku, dan asesoris serba putih, baik dalam gaya kasual atau gaya klasik.

3. Italia

Gaya Mediterania Italia mencerminkan keriangan dan kehangatan, dengan mengutamakan penggunaan warna dan tekstur yang ditemukan di alam. Warna-warna natural seperti jingga, merah tua dan kuning, berpadu bersama lantai kayu dengan furnishing coklat gelap atau lantai batu bermotif bunga-bunga, dan dinding plester bertekstur dengan nuansa coklat. Lorong dengan langit-langit lengkung juga menjadi karakter utama kamar tidur gaya Mediterania Italia, berpadu bersama langit-langit kamar tidur yang disangga balok-balok kayu.

Furnitur kamar tidur yang digunakan biasanya berukuran besar, terbuat dari kayu difurnish gelap dan diukir dengan detil sempurna. Di samping warna-warna alam, warna putih juga diaplikasikan sebagai penyeimbang pada elemen dekorasi yang tidak dominan, seperti kap lampu, atau seprei di bawah bedcover. Karpet bermotif bunga-bunga berwarna cerah kadang digunakan sebagai pengganti lantai batu bermotif bunga pada gaya Mediterania Italia jaman dahulu.

4. Spanyol

Gaya interior Mediterania Spanyol juga merefleksikan interior gaya Spanyol secara umum. Gaya ini terkenal dengan dinding kamar tidur berhias mural yang didominasi biru cobalt, dan lantai batu dengan furnishing kuning dan merah. Selain itu, warna ungu tua atau biru tua juga biasa dipalikasikan pada dinding kamar tidur gaya Mediterania Spanyol jaman modern. Sedangkan lantai keramik tanah liat biasa digunakan sebagai alternatif lantai batu. Koridor berplafon lengkung juga biasa ditemukan, lengkap dengan hiasan ubin mozaik berwarna-warni di sekitar tepiannya.

Pengaruh Maroko bisa terlihat dari penggunaan furnitur kamar tidur dari bahan besi tempa, baik tempat tidur maupun elemen lain seperti meja samping tempat tidur dan lampu gantung. Sesuai dengan ciri khas gaya Mediterania Spanyol yang menonjolkan warna-warna solid, tekstil tempat tidur juga menyesuaikan. Warna-warna kontras yang saling bertabrakan sah-sah saja digunakan pada gaya interior ini, dengan warna biru, kuning, dan merah sebagai warna utama.

Memadukan gaya Mediterania dan gaya lain sebagai interior kamar tidur

Meskipun gaya interior Mediterania mencerminkan sifat kuat, dominasi, dan percaya diri, gaya ini bisa disesuaikan dengan gaya lain, seperti gaya rustic, gaya country, bahkan gaya industrial. Langit-langit berplafon kayu, misalnya, bisa dengan mudah kita temukan di kamar tidur gaya rustic atau gaya country. Ini bisa dikombinasikan dengan dinding semen ekspos atau dinding batu bata yang menjadi ciri gaya industrial. Kunci keberhasilan memadukan gaya Mediterania dengan gaya lainnya terletak pada pemilihan warna, mengigat gaya ini identik dengan warna-warna terang dan menyolok mata.

Hubungi profesional kepercayaan Anda sekarang juga untuk merancang kamar tidur gaya Mediterania pilihan Anda.