Kamar tidur modern: Ide desain interior & gambar

  1. Master Bedroom:  Kamar Tidur by INERRE Interior
  2. Telaga Golf House:  Kamar Tidur by IDEANUSANTARA
  3. Butuh bantuan untuk proyek rumah anda?
    Butuh bantuan untuk proyek rumah anda?
  4. :  Kamar Tidur by JESSICA DESIGN STUDIO
  5. Mutiara Palace:  Kamar Tidur by KERA Design Studio
  6. D hi-led House, Medan City:  Kamar Tidur by Lighthouse Architect Indonesia
  7. Mr. Teuku Irmasnyah Bedroom Design:  Kamar Tidur by SEKALA Studio
  8. Butuh bantuan untuk proyek rumah anda?
    Butuh bantuan untuk proyek rumah anda?
  9. Master Bedroom // i45 House:  Kamar Tidur by Lukemala Creative Studio
    Ad
  10. Master Bedroom & Office:  Kamar Tidur by INERRE Interior
  11. :  Kamar Tidur by INERRE Interior
  12. :  Kamar Tidur by INERRE Interior
  13. Kids bedroom:  Kamar Tidur by aidecore
  14. Studio Apartment - Margonda Residence 2:  Kamar Tidur by RANAH
  15. Master Bedroom:  Kamar Tidur by INERRE Interior
  16. DS house banda aceh:  Kamar Tidur by Lighthouse Architect Indonesia
  17. Rumah Ibu Siska:  Kamar Tidur by SEKALA Studio
  18. :  Kamar Tidur by INERRE Interior
  19. Guest Bedroom - Apartment Sudirman Area:  Kamar Tidur by Vaastu Arsitektur Studio
  20. Studio Apartment - Margonda Residence 2:  Kamar Tidur by RANAH
  21. Show Unit @ Jakarta:  Kamar Tidur by Kamala Interior
  22. Master Bedroom:  Kamar Tidur by AIRE INTERIOR
  23. Master Bedroom:  Kamar Tidur by AIRE INTERIOR
  24. Shophouse at Pluit:  Kamar Tidur by PT Adhi Rajasa Mahawirya
    Ad
  25. Red chocolate in blue:  Kamar Tidur by Lighthouse Architect Indonesia
  26. DS house banda aceh:  Kamar Tidur by Lighthouse Architect Indonesia
  27. Master Bedroom:  Kamar Tidur by AIRE INTERIOR
  28. CL house Siantar:  Kamar Tidur by Lighthouse Architect Indonesia
  29. 1st Bedroom:  Kamar Tidur by Mendekor
  30.  Kamar Tidur by homify
  31. Rumah Ibu Siska:  Kamar Tidur by SEKALA Studio
  32. Studio Apartment - Margonda Residence 2:  Kamar Tidur by RANAH
  33. Residential_Landed_Semi-Detached House:  Kamar Tidur by daksaja architects and planners

Sejarah singkat gaya interior modern

Isitilah “Modern” dalam desain interior sesungguhnya merupakan versi singkat dari istilah “Mid Century Modern” (Modern di Pertengahan Abad). Sebuah istilah untuk mendefinisikan gaya yang populer setelah masa Perang Dunia II, dan gaya ini mencapai masa kejayaannya sejak tahun 1945 sampai 1969. Uniknya gaya modern bukan hanya merujuk pada aspek desain interior. Gaya ini juga digunakan untuk mendefinisikan gaya arsitektur, furnitur, asesoris, material, dan teknologi apapun yang populer setelah berakhirnya perang besar.

Oleh para penggagasnya, gaya modern ditujukan sebagai anti tesis gaya desain interior sebelumnya. Gaya modern merupakan penolakan pada gaya desain Gothic, Renaissance, dan Victoria, yang cenderung mengaplikasikan tekstur, pahatan, dan furnis kayu dengan detil sempurna seperti onramen bunga dan sulur-sulur tanaman. Dilatarbelakangi dengan adanya kesadaran bahwa segala pahit getir akibat perang diakibatkan oleh pemikiran-pemikiran yang terbentuk di semua periode era lama. Oleh karena itu diperlukan cara pandang baru yang sama sekali berbeda terhadap seluruh aspek kehidupan, termasuk dalam hal desain interior dan arsitektur, sebagai pernyataan sikap masyarakat yang ingin bangkit kembali dari puing-puing peperangan.

Interior gaya modern memiliki karakter bersih dan lugas. Penggunaan material alami seperti kayu, kulit, kayu jati, dan linen tampak menonjol. Furnitur dari bahan plywood (kayu lapis), plastik, dan logam menjadi prioritas. Dinding biasanya bercat putih, sedangkan furnitur didesain terbuka, multifungsi, dan tidak menutupi lantai agar tercipta kesan luas. Flooring interior gaya modern cenderung terbuka, atau menggunakan karpet dari bahan wol yang berwarna netral. Sesuai perkembangan jaman, dinding ruangan gaya modern didekorasi dengan warna-warna pekat dan berani, seperti biru cobalt dan merah, kuning terang, dan banyak lagi. Inovasi ini membuat interior gaya modern tetap bertahan dan tidak tergilas tren.

Cara mendesain kamar tidur gaya modern

Selain menjadi ruang pribadi untuk berisitrahat, kamar tidur adalah ruangan di rumah yang mendefinisikan diri dan karakter kita. Bagi mereka yang berkarakter introvert, kamar tidur adalah dunia milik mereka. Saat suasana di luar sana tidak mendukung, di kamar tidur kita bisa menemukan kedamaian. Inilah cara yang bisa dilakukan untuk menciptakan kamar tidur gaya modern idaman.

1. Hubungan dengan lingkungan sekitarnya

Keterbukaan gaya interior modern bukan hanya pada furnitur, tapi juga hubungan antara penghuni/ pemilik kamar dengan lingkungan di sekitarnya. Untuk itu, kamar tidur gaya modern dilengkapi jendela kaca besar, skylight, balkon, atau teras pribadi dengan halaman sempit. Selain sebagai akses cahaya dan udara, penghuni kamar tidur akan dapat merasakan keterkaitan dengan alam setiap saat bahkan ketika berangkat tidur. Kusen jendela bisa terbuat dari kayu, aluminium, atau UPVC, sesuai dengan bujet yang tersedia. Sebagai perbandingan, saat ini harga kusen kayu berkisar antara Rp 50 ribu sampai Rp 200 ribu per meter sesuai jenis kayunya (mahoni, kamper, meranti, atau jati). Bingkai jendela aluminium tersedia dalam tiga warna (silver, putih, coklat) dengan harga antara Rp 95 ribu/m1 sampai Rp 235 ribu/m1. Sedangkan harga bingkai jendela UPVC berkisar antara Rp 250 ribu per meter.

2. Aksen dinding

Sesuai dengan visi gaya interior modern yang bertujuan memperindah penampilan ruangan secara menyolok tanpa banyak detil, aksen dinding perlu dijadikan bagian dari dekorasi kamar tidur. Bila pemilik kamar tidur menyukai warna netral, maka warna yang dipilih sebagai aksen dinding sebaiknya bertolak belakang. Misalnya, putih dan merah, biru dan kuning, atau merah dan hijau. Aksen dinding juga solusi memperindah kamar tidur dengan cara murah, karena yang dibutuhkan adalah satu kaleng cat 5 kg yang harganya berkisar antara Rp 90 ribu sampai Rp 100 ribu. Solusi lain yang lebih praktis adalah mendekorasi dengan stiker dinding yang harganya hanya sekitar Rp 35 ribu sampai Rp 85 ribu, tergantung warna dan motifnya. Agar lebih serasi, pilih stiker dinding bernuansa warna senada dengan seprei atau tirai.

3. Tata cahaya

Gaya interior modern juga dikenal dengan penempatan sumber cahaya (lampu) di beberapa titik penting, sehingga cahaya juga berfungsi sebagai elemen dekoratif di sebuah ruangan. Dengan bantuan plafon gantung (plafon gypsum), lampu “disembunyikan” di dalamnya dan membiaskan cahaya dalam bentuk garis lurus. Saat ini beberapa kontraktor di Indonesia menawarkan jasa pengadaan sekaligus pemasangan plafon gypsum dengan tarif sebedar Rp 100 ribu sampai dengan Rp 110 ribu per meter persegi. Sedangkan lampu LED strip plafon saat ini ditawarkan dengan harga Rp 18 ribu sampai Rp 222 ribu.

4. Furnitur fungsional

Sesuai dengan misi gaya interior modern yang mengedepankan kesederhanaan daripada kemewahan, maka furnitur kamar tidur sebaiknya sederhana dan tidak dilengkapi hiasan rumit. Lebih baik lagi bila furnitur merupakan furnitur multifungsi. Misalnya, tempat tidur kayu dengan tempat penyimpanan di bawahnya, lemari dinding, atau rak dinding. Hal yang sama juga berlaku untuk karpet. Pemilik kamar sebaiknya menghindari karpet yang terlalu tebal dan bergambar meriah bila ingin mendatangkan gaya interior modern di dalam kamarnya. Bingkai foto akan terlihat lebih menarik bila disusun berdekatan satu sama lain sehingga tercipta kesatuan antar tiap momen yang terkema dalam foto-foto itu. Selain itu, cara ini akan membantu menampilkan suasana interior kamar tidur yang lebih rapi dan tidak tumpang tindih. Bingkai foto yang digunakan sebaiknya berwarna gelap atau terbuat dari bahan logam mengilap. Harga bingkai foto juga tidak terlalu mahal, cukup Rp 14 ribu untuk bingkai foto ukuran 4R.