Kolam renang halaman: Ide desain, inspirasi & gambar

  1. Butuh bantuan untuk proyek rumah anda?
    Butuh bantuan untuk proyek rumah anda?
  2. Ad
  3. Butuh bantuan untuk proyek rumah anda?
    Butuh bantuan untuk proyek rumah anda?
  4. Ad
  5. Ad
  6. Ad
  7. Ad
  8. Ad
  9. Ad

Karakteristik Kolam Renang

Kolam renang taman adalah kolam yang letaknya berada taman/halaman/pekarangan (outdoor), bisa disamping, dibelakang atau dekat teras depan rumah. Secara fungsi, ia merupakan konstruksi yang dirancang untuk menampung air dengan kapasitas tertentu yang digunakan untuk memenuhi salah satu atau berbagai kebutuhan dan kepentingan manusia.

Selain sebagai salah satu sarana untuk berolahraga, hamparan air tenang kolam mencipta kesejukan dan relaksasi. Ia juga membangun aura sehingga penghuni dan pengunjung betah berlama-lama menikmatinya.

Bentuk, Desain & Material

Kolam renang taman biasanya terletak di luar rumah, namun ada juga yang di desain di dalam rumah. Desain dan bentuknya bervariatif, bisa segi empat, bulat atau oval sesuai selera pembuat. Jenis kolam renang lain yang umum adalah kolam renang halaman. Jika anda memiliki halaman terbatas tapi memiliki lahan di sekeliling bangunan, cobalah kolam renang infinity.

Bila fungsinya sebagai penyejuk, kolam renang akan di desain dengan estetis tinggi. Tapi bila dipakai untuk latihan atau berolahraga, maka akan dibuat luas dan dalam.

Menurut The Association of Pool and Spa Professionals (APSP), hampir semua in ground pool atau kolam yang dibangun di dalam tanah tersusun atas pondasi beton (genuite atau shotcrete), vinyl atau fiberglass.

Pengerjaan kolam berbahan beton (genuite) membutuhkan waktu lama (mingguan) dan harganya pun tinggi. Sedangkan pondasi bahan vinil umumnya minim bentuk namun kaya akan pola dan warna. Harganya pun jauh lebih murah.

In ground Pool VS above ground Pools (Kolam renang Permanent vs kolam renang temporary)

Ada dua jenis kolam renang, pertama kolam renang permanent yang secara konstruksi dibangun di dalam tanah (in ground pool), dan kolam yang dibangun diatas tanah (above ground pool).Di negara tropis Indonesia, In ground pool lebih cocok digunakan. Hamparan air memberi pemandangan teduh dan rileks. Desain ini juga dapat meningkatkan nilai lanskap hunian.

Kendati begitu, investasi awal untuk membangunnya sangat besar, terlebih bila banyak modifikasi. Ada beragam ide dan material tersedia hanya untuk sebuah kolam. Semisal bahan untuk dinding, paving, finishing, dan bahkan kreasi lain seperti air terjun, air mancur atau papan seluncur. Investasi tersebut belum termasuk biaya maintenance (pemeliharaan), tagihan listrik, tagihan air, pengaturan bahan kimia, sampai dengan pembersihan. Karena itu, pertimbangkan dengan bijak dan sesuaikan dengan kapasitas.

Kolam renang temporary (above ground pool)

Kolam renang yang dibangun di atas permukaan tanah ini jarang ditemukan di Indonesia. Ini disebabkan iklim tropis yang kurang cocok untuk kolam jenis ini. Kelebihan pembuatan kolam ini adalah harga lebih murah dan pengerjaan nya pun cepat. Jenisnya sangat beragam, termasuk dekorasi dan desain pinggiran kolam. Bentuknya bisa oval atau bulat dengan ukuran yang bervariasi dan mini membuatnya disukai oleh anak-anak. Namun jangan lupa untuk memberi pengamanan maksimal.

Kelemahan dari kolam ini adalah sama sekali tidak menambah estetika lanskap hunian. Kedalamannya pun terbatas sehingga kurang cocok dan aman dipakai menyelam. Selebihnya adalah masalah evaporasi air dan pemeliharaan.

Kolam renang kecil di taman

Bila luas hunian dan budget terbatas, jangan dulu kecewa karena anda masih bisa memiliki kolam renang. Solusinya adalah kolam renang kecil berukuran panjang dengan saluran mengambang di mana terdapat system counterflow yang terpasang.

Alternatif berikutnya adalah Jacuzzi. Sebagai pengganti kolam renang, Jacuzzi bisa ditempatkan di taman atau teras kecil. Tak memakan banyak tempat dan dapat digunakan kapan saja untuk bersantai di dalam air.

Keamanan

Untuk menghindari resiko anak terjatuh dan atau tenggelam di kolam, gunakan pembatas kolam (pool fence) pada setiap sisi kolam.

Berikut beberapa jenis pembatas kolam;

Removable mesh pool fencing. Pembatas ini mudah dipindah-pindah sesuai kebutuhan, namun tergolong kurang aman karena fleksibilitasnya.

Vertical Bar Fencing merupakan jenis pembatas yang terbuat dari kayu vinyl. Pemasangannya cukup di sejajarkan secara vertikal di sekitar kolam. Jarak antar kayu 5-10 cm agar tidak membuat celah yang mudah dimasuki.

Glass panel fencing, pembatas yang terbuat dari material panel-panel kaca, yakni tempered glass dengan permukaan yang tebal dan aman.

Kedalaman kolam juga menjadi faktor yang perlu diperhatikan. Jangan biarkan anak berenang sendiri. Dampingi dan pantau dengan seksama.

Agar seluruh prosedur keamanan berfungsi maksimal, sebaiknya menyediakan peralatan keselamatan di sisi kolam seperti pelampung.

Estimasi biaya

Bujet memegang peranan penting dalam pembuatan dan perawatan kolam renang. Secara garis besar ada 3 biaya pokok yakni biaya konstruksi, biaya kelengkapan seperti pompa air sampai system filter dan biaya perawatan. Biaya konstruski dipengaruhi oleh system pondasi, ketebalan dinding beton dan dasar kolam. Pilihan material akan sangat berpengaruh.

Biaya pembangunan tergantung dari desain, material dan luas. Karena akan dihitung per meter persegi. Biaya akan melonjak tergantung pada level kesulitannya.

Berikut contoh estimasi biaya terendah pembangunan kolam mini senilai Rp 14.000.000 dengan rincian sebagai berikut: Luas kolam 4x2,5 m, volume air 10-15 kubik, kedalaman <60 cm.

Biaya konstruksi beton cor + upah tukang = Rp 6.000.000

Pembelian dan pemasangan keramik = Rp 3.000.000

Sirkulasi air +wadah penyaringan = Rp 750.000

Sirkulasi air = Rp 500.000

Penyedot dari bak penampungan ke penyaringan = 500.000

Penyedot endapan kotoran di dasar kolam = Rp 300.000

Paralon dan serokan = Rp 600.000

Biaya chemical untuk disinfektan dan penjernih air (kaporit, tawas, soda api dan terusi) = Rp 250.000

Instalasi listrik ke mesin pompa dan lampu sekitar kolam = Rp 700.000

Air isi ulang (sampai penuh) = Rp 1.000.000

Estimasi di atas hanya mencakup biaya pokok. Jadi bila ingin keramik, aksesories yang lebih indah dan unik, dan lain sebagainya maka nilainya akan bertambah. Untuk lebih detail tentang pembuatan kolam renang sesuai dengan keinginan anda, hubungi langsung para profesional yang sudah berpengalaman.

Biaya perawatan

Untuk merawat kebersihan air kolam, tidak perlu mengurasnya setiap minggu, cukup menggunakan bahan kimia seperti kaporit yang bisa dibeli sekitar Rp 30.000/kg di toko bahan kimia. Kaporit berfungsi menjaga air kolam tidak ditumbuhi lumut atau alga. Caranya taburkan 1-2 genggam tanggan ke dalam air setiap 3-4 hari.

Selanjutnya, biarkan sirkulasi air tetap berfungsi setiap harinya meski kolam tidak digunakan, kemudian tambahkan volume air sekitar 10-15% yang berkurang akibat penguapan setiap minggunya.