Kolam renang infinity: Ide desain, inspirasi & gambar

  1. Butuh bantuan untuk proyek rumah anda?
    Butuh bantuan untuk proyek rumah anda?
  2. Ad
  3. Butuh bantuan untuk proyek rumah anda?
    Butuh bantuan untuk proyek rumah anda?
  4. Ad
  5. Ad
  6. Ad
  7. Ad
  8. Ad
  9. Ad
  10. Ad

Infinity Pools

Anda yang sudah pernah menikmati infinity pool pasti sudah bisa merasakan nikmatnya berenang sambil menikmati kolam dengan pemandangan alam yang elok serta aliran air tanpa batas.

Mungkin, pada awalnya mungkin Anda akan merasa takut melihatnya karena seperti terlihat akan terseret jatuh di tepian kolam yang tak berbatas tersebut. Belum lagi kalau di bawah kolam tersebut adalah lautan lepas, lereng bukit atau di atas jalan layang seperti yang ada di sebuah hotel di Singapura . Namun jangan khawatir, kolam ini aman, karena semua itu hanyalah ilusi yang dibuat oleh arsitek profesional sehingga akan menambah pesona kolam renang infinity.

Atau Anda masih asing dengan istilah infinity pool?

Apa itu Infinity Pool?

Infinity pool adalah kolam renang dengan luapan air di satu sisi sehingga menciptakan efek visual air yang mengalir terus tak terbatas.

Kolam renang ini bangun sedemikian rupa agar level air lebih tinggi dibanding tepian kolamnya. Hal ini ditujukan untuk menciptakan ilusi bahwa kolam renang tersebut sangat luas dan tidak dibatasi apapun, oleh karena itulah kolam renang ini disebut sebagai kolam renang tak terbatas.

Kolam ini biasanya terletak di lereng bukit, dekat laut atau danau yang gunanya untuk menciptakan efek tepi kolam yang bergabung dengan bentang alam. Posisi tersebut juga lebih tinggi sehingga akan lebih mudah mendapatkan posisi berundak untuk menciptakan luapan air.

Bagaimana cara kerja Infinity Pool?

Untuk bisa menciptakan kolam tak terbatas ini yang menjadi syarat utama adalah posisi dari kolam. Sebaiknya kolam berada di posisi yang lebih tinggi dari sekitar seperti lereng bukit dekat laut atau danau. Hal ini penting untuk menciptakan efek tepi kolam yang bergabung dengan bentang alam, sehingga terlihat tanpa batas. Walaupun mempunyai posisi diatas, tetap dibutuhkan pompa

Berikutnya, adalah menyiapkan catch basin yaitu cekungan di pinggiran kolam yang posisinya lebih rendah daripada kolam yang gunanya untuk menampung luapan air dari kolam renang ini.

Mengingat posisi kolam yang berada di atas kemiringan maka dibutuhkan pondasi yang kuat untuk menopang kolam renang infinity ini.

Bagaimana saya bisa merancang Kolam Infinity?

Jika Anda berniat membuat kolam infinity dan sudah mempunyai lahan yang memenuhi syarat untuk dibangun kolam tanpa batas ini. Yang pasti, Anda membutuhkan tenaga profesional yang sudah ahli di bidangnya. Hal ini penting mengingat kolam ini berada di posisi yang tinggi dan berkaitan dengan keselamatan manusia.

Namun sebelumnya Anda bisa melakukan studi banding dengan melihat kolam renang serupa di berbagai tempat sehingga Anda mempunyai gambaran yang nyata tentang kolam ini.

Desain kolam infinity

Pemeliharaan Infinity Pool

Sama seperti kolam renang yang lain, infinity pool juga membutuhkan perawatan agar kolam renang dalam kondisi bersih, sehat dan aman. Perawatan tersebut terdiri perawatan yang bisa dilakukan sendiri tanpa bahan kimia atau perawatan yang dilakukan oleh tenaga profesional.

Perawatan yang bisa dilakukan sendiri adalah membersihkan daun dan kotoran di dalam kolam, tepi kolam renang dan cekungan pinggiran kolam (catch basin) agar tidak mudah lumutan, selokan kolam renang serta memastikan sirkulasi udara dan air berjalan dengan lancar.

Sedangkan perawatan yang dilakukan oleh profesional adalah perawatan yang lebih menyeluruh yang berkaitan dengan sistem pemompaan, penyaringan air dan kebersihan secara menyeluruh dengan menggunakan bahan kimia. Secara umum niaya perawatan infinity pool lebih tinggi jika dibandingkan dengan kolam renang biasa, namun hal itu juga terhantung dari ukuran kolam dan tingkat kesulitan dalam perawatan.

Berapa biaya kolam infinity?

Biaya pembuatan kolam infinity bisa dikatakan lebih mahal dibandingkan dengan kolam renang biasa. Hal ini disebabkan kolam ini membutuhkan keterampilan yang lebih kompleks. Selain itu tempat akan dibangunnya kolam seperti kontur tanah pegunungan atau pantai menjadi faktor utama yang membedakan harga pembuatan kolam.

Beberapa profesional menawarkan harga pada kisaran Rp. 3.500.000 – Rp.4.000.000 juta rupiah per meter untuk pembuatan kolam infinity dengan minimal luas 30m2. Namun untuk lebih detail Anda bisa menghubungi para profesional secara langsung.