Kolam taman: Ide desain, inspirasi & gambar

  1. Butuh bantuan untuk proyek rumah anda?
    Butuh bantuan untuk proyek rumah anda?
  2. Butuh bantuan untuk proyek rumah anda?
    Butuh bantuan untuk proyek rumah anda?
  3. Ad
  4. Ad
  5. Ad
  6. Ad
  7. Ad
  8. Ad
  9. Ad
  10. Ad

Kolam taman adalah wadah air yang dibangun di kebun atau lanskap yang dirancang, biasanya untuk keperluan estetika dan / atau untuk menyediakan habitat satwa liar.

Bagaimana membuat kolam taman?

Menggali Kolam

Kolam kebun sering memiliki banyak tingkat, untuk memudahkan air terjun dan menyediakan tempat untuk pompa. Jika Anda memilih memasang perangkat listrik, kolam harus cukup dekat dengan rumah Anda sehingga Anda bisa mengakses listrik.

Membuat Rangkaian Kolam

Buatlah rangkaian pertama kolam dengan lapisan pasir, pastikan untuk menutupi setiap celah. Selanjutnya tambahkan lapisan bahan biodegradable, seperti koran atau goni. Tutupi lapisan ini dengan sepotong besar rangkaian kolam tahan air. Ini harus mencakup seluruh kolam dan pinggiran sekitarnya.

2. Pasang Pompa

Pasang pompa dan perangkat lainnya. Jika Anda termasuk pompa, pasang di lubang tengah yang lebih dalam sehingga selang meluas ke permukaan kolam. Anda juga bisa memasang filter atau skimmer. Konsultasikan dengan produsen perangkat yang Anda pilih untuk mendapatkan petunjuk terperinci tentang cara memasangnya.

3. Sudut kolam

Membuat sudut di kolam. Sesuaikan garis kolam sehingga tumpang tindih tepi kolam sekitar delapan inci (20 cm). Gali rak dangkal di bawah kapal, meletakkan ujung garis datar, dan meletakkan batu-batu tebal dan rata di atas garis di sekitar tepi kolam. Batu-batu besar dan batu pasir bekerja dengan baik untuk tujuan ini.

4. Isi kolam

Gunakan selang untuk mengisi kolam sekitar tiga perempat dari jalan penuh agar tidak meluap dari wadah air saat dimatikan. Uji pompa dan perangkat elektronik lainnya yang Anda pasang untuk memastikannya bekerja dengan benar.

5. Buat taman air

Tambahkan bantalan lily, buluh, dan tanaman air lainnya ke kolam Anda. Setiap tanaman memiliki kebutuhan individu, jadi pastikan lingkungan yang Anda buat adalah tanaman yang tepat untuk tanaman yang Anda pilih untuk tumbuh. Misalnya, beberapa tanaman tidak berjalan dengan baik dengan gerakan, sehingga sebaiknya tidak diletakkan langsung di arus air terjun.

6. Tambahkan beberapa ikan mas.

Pergi ke toko hewan peliharaan setempat dan beli beberapa ikan mas untuk ditambahkan ke kolam. Lakukan penelitian untuk mengetahui jenis tumbuhan yang mereka tanam dengan baik. Jangan menambahkan terlalu banyak, atau mungkin menyebabkan tanaman air memburuk.

Bagaimana memilih lokasi kolam?

Sebagian besar kolam melakukan yang terbaik di tempat yang bercampur sinar matahari dan teduh, karena lingkungan ini memungkinkan tanaman tumbuh. Anda mungkin ingin mencari kolam di tempat yang bisa Anda lihat dari rumah Anda, sehingga Anda dapat menikmatinya bahkan dalam cuaca dingin atau hujan.

Jika Anda membangun kolam Anda di halaman belakang, hal pertama yang harus dilakukan adalah menghubungi perusahaan gas dan listrik Anda dan mintalah mereka untuk datang ke rumah Anda dan menandai lokasi jalur gas dan listrik Anda, jadi Anda akan tahu untuk tidak menggali di tempat itu.

Jika Anda memiliki properti yang lebih besar, pertimbangan lain mungkin terlibat. Hubungi Departemen Pertanian untuk mencari tahu apakah ada tempat di properti Anda yang dilindungi daerah aliran sungai, dan tanyakan apakah ada peraturan daerah lain yang harus Anda ketahui sebelum mulai menggali.

Jangan memilih tempat yang terlalu dekat dengan pohon, karena Anda dapat merusak sistem akar mereka. Jika suhu di sekitar hunian anda terlalu panas, anda dapat mempertimbangkan untuk menambahkan pondok taman.

Bagaimana memiih varietas tanaman yang bagus?

Tanaman yang terendam

Tanaman yang terendam, seperti Anacharis dan Cabomba, tumbuh sepenuhnya di bawah air. Mereka menyediakan tempat yang bagus untuk ikan Anda untuk bersembunyi dari predator. Tanaman ini sering disebut sebagai tanaman pengoksidasi karena sangat efisien dalam menarik karbon dioksida dari air dan kemudian melepaskan oksigen yang menguntungkan setelah fotosintesis.

2. Tanaman marjinal atau rawa

Tanaman berwarna-warni dan subur yang meliputi Cattails dan Irises, tumbuh di perairan dangkal atau tanah jenuh di sekitar tepi atau tepi kolam. Tanaman ini cenderung menjadi pengumpan akar berat yang mencari nutrisi terutama dari media tanah atau pot.

3. Tanaman air dalam muncul

Beberapa tanaman kolam yang paling terkenal dan dikenali berasal dari kelompok ini, yang meliputi Lilies Air dan Lotus. Akar tanaman air dalam yang muncul tumbuh jauh di dasar kolam.

4. Tanaman terapung

Tanaman terapung seperti enceng gondok dan selada air cukup duduk di permukaan kolam Anda. Akar melayang di bawah dan bertindak sebagai filter. Tanaman perawatan mudah ini menyediakan penutup permukaan, tempat teduh, dan tempat persembunyian untuk ikan. Banyak tanaman mengambang juga menghasilkan bunga yang bisa dengan cerdik – dan indah – penyamaran filtrasi atau unsur lainnya

Memilih ikan yang benar untuk kolam ikan

Koi dan Ikan Mas

koi dan ikan mas lainnya bisa tumbuh setinggi 75cm atau lebih dan hanya cocok untuk kolam besar yang disaring dengan baik, tanpa banyak cara penanaman hias, mengingat kebiasaan mereka untuk menarik vegetasi. Beberapa bentuk koi sangat berharga – mencapai jutaan rupiah, jadi keamanan kolam Anda juga perlu diingat. Ikan mas yang umum juga ditawarkan untuk dijual dalam berbagai bentuknya, termasuk ikan mas yang berskala besar maupun berskala kecil.

Ikan emas

Ikan emas tetap menjadi pilihan populer seperti biasa dan umumnya melakukannya dengan sangat baik. Ada banyak varietas yang bisa dipilih, meskipun bentuk mewah, dengan mata gelembung mereka, kepala yang membesar dan sirip kebesaran tidak disarankan karena mereka cenderung tidak mentolerir dingin di musim dingin dan di musim panas, ikan yang berenang lebih cepat keluar.

Orfe dan Rudd

Banyak pemelihara kolam taman menyukai makanan orfe, ikan aktif yang menghabiskan sebagian besar waktunya di dekat permukaan, yang membuat mereka mudah terlihat - meskipun ini juga berarti bahwa beberapa bentuk perlindungan dari kucing dan burung bangau mungkin merupakan ide bagus.

Maintenance Kolam Taman

Tambahkan campuran tanaman yang muncul, menenggelamkan dan mengambang ke kolam Anda. Selain meningkatkan ketersediaan oksigen di dalam air, nutrisi dan sinar matahari yang biasanya menuju ke arah menciptakan ganggang justru akan menuju ke tanaman.

Sertakan ikan dan pemulung di kolam. Ikan mas, ikan Koi dan nyamuk akan tetap terjaga, sementara pemulung seperti berudu, siput dan ikan lele akan makan mati dan membusuk. Secara umum, tambahkan 1 inci ikan dan pemulung untuk setiap 10 galon air di kolam Anda.

Pasang filter kolam, bersihkan layar secara mingguan untuk mengurangi ganggang.

Jika masih bingung untuk maintenance atau konsultansi lainnya anda dapat mengkonsultasikan pada tenaga ahli kami secara bebas biaya.