Pintu depan: Ide desain, inspirasi & gambar

  1. 'S' house:  pintu depan by Simple Projects Architecture
  2.  pintu depan by Rocamadera Spa
  3. Butuh bantuan untuk proyek rumah anda?
    Butuh bantuan untuk proyek rumah anda?
  4.  pintu depan by homify
  5.  pintu depan by FingerHaus GmbH
    Ad
  6.  pintu depan by HORMANN
  7.  pintu depan by Maciel e Maira Arquitetos
  8. Butuh bantuan untuk proyek rumah anda?
    Butuh bantuan untuk proyek rumah anda?
  9.  pintu depan by HORMANN
  10.  pintu depan by Sam Contractors Ipoh
  11.  pintu depan by Muralisi, infissi dal 1987
  12.  pintu depan by FingerHaus GmbH
    Ad
  13.  pintu depan by RK Door Systems
  14.  pintu depan by Excelencia en Diseño
  15.  pintu depan by 百玥空間設計
  16.  pintu depan by FingerHaus GmbH
    Ad
  17.  pintu depan by RK Door Systems
  18.  pintu depan by Cee Bee Design Studio
  19.  pintu depan by RK Door Systems
  20.  pintu depan by AD+ arquitectura
  21.  pintu depan by RK Door Systems
  22.  pintu depan by RK Door Systems
  23.  pintu depan by RK Door Systems
  24.  pintu depan by RK Door Systems
  25.  pintu depan by homify
  26.  pintu depan by 에이프릴디아
  27.  pintu depan by RK Door Systems
  28.  pintu depan by RK Door Systems
  29.  pintu depan by RK Door Systems
  30.  pintu depan by 中山大輔建築設計事務所/Nakayama Architects
  31.  pintu depan by HGCG Architects
  32.  pintu depan by 好室佳室內設計
  33.  pintu depan by ANBN DESIGNS

Didefinisikan demikian karena pintu ini posisinya yang berada di depan sering menjadi perhatian utama para pemilik rumah. Pintu depan mempunyai pengaruh besar pada penampilan rumah, namun yang tidak kalah penting karena berhubungan dengan area luar rumah, maka keamanan juga menjadi hal yang vital.

Apa saja jenis dan model pintu depan?

Model dan jenis pintu depan sangat beragam, tidak ada spesifikasi atau aturan khusus tentang pengklasifikasian ini. Namun secara umum jenis pintu depan terdiri dari:

Pintu tunggal/single door

Dengan satu daun pintu, single doors yang berada di depan menjadi istimewa bisa karena ukurannya yang besar, berukir atau mempunyai motif khusus.

Pintu tunggal dengan lampu samping

Desain pintu dengan sisi sering dipakai di rumah dengan lebar yang tidak terlalu besar sehingga sisi bisa sekaligus sebagai jendela.

Pintu ganda

Pintu depan dengan dua pintu dikenal dengan istilah kupu tarung, desain pintu depan yang elegan dan mewah cocok untuk rumah dengan ukuran yang luas.

Pintu tunggal dengan lampu samping dan transom setengah lingkar

Pintu depan dengan satu daun pintu bersisi dan berangka setengah lingkaran kecil.

Pintu tunggal dengan lampu samping TDL dan transom eliptik

Pintu depan dengan satu daun pintu, mempunyai sisi dan rangka berbentuk oval.

Pintu tunggal dengan lampu samping TDL dan transom setengah lingkaran

Pintu depan dengan satu daun pintu, mempunyai sisi dan angka setengah lingkaran besar

Apa saja bahan baku yang bisa digunakan untuk membuat pintu depan?

Baja Ringan

Merupakan salah satu bahan dasar terbaik dan terjangkau. Pemasangannya relatif mudah dan bisa dilakukan sendiri. Singkatnya, tanam kusen kemudian pasang pintu dengan hati-hati.

Di beberapa negara bercuaca ekstrim, rangka pintu bagian bawah lazimnya dibuat fleksible agar mudah diubah sesuai kondisi cuaca. Di Indonesia instalasi seperti ini belum dibutuhkan mengingat cuaca dan iklim yang ramah.

Fiberglass

Bahan ini memiliki desain variatif dan juga harga terjangkau. Ketahanannya teruji di berbagai kondisi cuaca. Jadi tidak perlu mengganti cat setiap waktu.

Kayu

Pintu berbahan dasar kayu selalu menjadi dambaan tiap orang karena penampilannya yang proporsional dan tak lekang oleh waktu. Meskipun pintu kayu paling mahal diantara baja ringan dan fiberglass, namun kualitas kayu telah teruji dan paling cocok dipakai di negara beriklim tropis seperti Indonesia. Perawatannya tergolong mudah cukup dipernis setiap tahunnya.

Bagaimana instalasi dan pemasangan pintu depan?

Instalasi dan pemasangan pintu (pintu depan khususnya) memiliki tingkat kesulitan tersendiri. Jauh lebih baik bila pekerjaan ini dilakukan oleh ahli pintu yang sudah berpengalaman, namun bila harus mengerjakannya sendiri, beberapa langkah berikut dapat diikuti ikuti:

Kumpulkan informasi sebanyak mungkin dan siapkan material yang dibutuhkan (estimasi waktu seminggu sebelumnya)

Lakukan pengukuran mendetail (panjang & lebar daun pintu, ukuran kusen, dsb) apalagi bila hendak merubah model pintu.

Lakukan penggantian pintu lama hanya bila pintu pengganti sudah tersedia

Beli dan pasang sill pintu, kemudian tes kenyamanannya

Lakukan uji coba dengan membuka dan menutup pintu beberapa kali. Tujuannya memastikan pintu telah terpasang sempurna

Instal trim dengan benar untuk menghindari kebisingan.

Peningkatan keamanan Pintu

Keamanan pintu depan (baca: pintu utama) rumah harus menjadi prioritas. Mengapa? Riset menyatakan sekitar 70% pelaku kejahatan melakukan aksi criminal dengan masuk melalui pintu depan (baca: pintu teras, pintu garasi, pintu depan) ketimbang jendela. Sungguh fantastis! Padahal struktur jendela jauh lebih rapuh karena terbuat dari kaca sedangkan pintu dari kayu.

Setidaknya hasil riset ini sedikit mengubah paradigma kita untuk tidak menyepelekan fungsi pintu depan rumah.

Sebagai langkah preventif awal, lapisi pintu dengan bahan yang kokoh dan kuat khususnya yang terbuat dari bahan dasar tripleks. Selanjutnya pasang selot (baut mati) di belakang pintu. Pilihlah baut yang kuat dan jangan tergiur dengan harga murah.

Selanjutnya ikuti saran dari beberapa ahli sebagai berikut:

Kayu Solid

Pilihlah kayu solid sebagai bahan utama pintu. Kekuatan dan ketahanannya telah teruji. Namun bila terlanjur memiliki material berbahan dasar logam atau fiberglass, lapisi dengan bahan yang kuat dan tak lupa menambahkan kunci blok. Cara ini cukup membantu menghindari pencurian dengan menggunakan kendaraan.

Pintu baja berlapis juga pilihan yang baik, hanya harus dirawat dengan apik untuk mencegah karat.

Pintu Kaca

Hindari pintu berkaca. Meski cantik dan begitu fungsional membawa cahaya, namun pintu kaca sangat berisiko. Pelaku kejahatan dengan mudah merusak kaca dan membuka kunci dari dalam hanya dengan satu tangan.

Bila sudah terlanjur memiliki, lakukan beberapa tindakan berikut: Pilih jenis kaca bertulang atau tambahkan tulang logam sebagai penyangga kaca pintu. Selanjutnya, pasang kunci sekunder di lantai yang akan menyulitkan pencuri untuk membuka.

Tanaman rimbun/Semak-semak

Hindari menaman atau menarun tanaman lebat (rimbun) di depan pintu rumah. Tanaman rimbun menghalangi pandanga, sehingga pencuri dengan mudah bersembunyi dan menunggu waktu yang tepat melakukan aksinya.

Kunci Pengaman Ganda

Bisa jadi pepatah “kekuatan Pintu hanyalah sebatas kunci”benar bila kita tidak perduli. Oleh karena itu, pasanglah kunci pengaman ganda atau deadbolt. Pilihlah produk berkualitas. Membeli produk murahan merugikan di kemudian hari.

Perlindungan Ganda

Gunakan kunci pengaman ganda (deadblot) satu sisi. Kunci ini hanya bisa digunakan pemilik di satu sisi. Semisal saat berada di dalam, mereka yang diluar tidak bisa menggunakannya bahkan memotongnya sekalipun akan tetap sulit. Setidaknya cukup membantu kala sedang tidur atau diluar rumah.

Rangka dan Kusen

Jangan abaikan rangka dan kusen pintu. Rangka dan kusen tipis memudahkan pencuri masuk hanya dengan satu tendangan. Gunakan Strike plate berbahan baja yang mampu menahan kunci pengaman ganda. Caranya pasang 3 skrup hingga menembus dinding (bukan hanya sebatas kusen), kemudian lapisi kusen dengan baja galvanis. Cara ini terbukti kokoh menahan hantaman.

Pintu geser

Pintu dengan fungsi dekoratif ini sangat rentan mengundang kejahatan. Untuk itu, ikuti langkah preventif berikut. Pertama, pastikan material pintu terbuat dari kaca atau platik bertulang (semacam polikarbonat). Kedua, jangan pernah lupa mengunci pintu. Taruh sebilah kayu atau logam di belakang pintu dengan posisi melintang (semacam palang) guna mencegah pelaku kejahatan masuk secara paksa. Ketiga, pastikan alarm sensor gerak/getar berfungsi dengan baik saat kaca pintu rusak. Terakhir, pasanglah tirai untuk menutup pandangan.

Membeli dan Memasang pintu depan

Seperti diutarakan diatas, meski dapat melakukannya sendiri, pemasangan pintu akan jauh lebih baik bila dikerjakan oleh sang ahli. Karena masing-masing material memiliki kesulitan tersendiri dalam pemasangan sehingga biayapun bervariatif.

Contoh harga pemasangan pintu kaca tempered. Harga kaca 12mm berkisar Rp 800.000/m2, ini belum termasuk bahan pendukung lain dan biaya pemasangan. Sementara harga 1 unit daun pintu kaca terbaru berkisar Rp 5.500.000/daun pintu. Secara perhitungan kasar harga untuk pemasangan pintu kaca dan tempered berkisar Rp 12-13 juta.