Pintu kaca: Ide desain, inspirasi & gambar

  1. Pintu Lipat Alumium - Sand Dark Gray:  pintu kaca by PT. Podomoro Windownesia
  2.  pintu kaca by Anyway Doors
  3. Butuh bantuan untuk proyek rumah anda?
    Butuh bantuan untuk proyek rumah anda?
  4.  pintu kaca by Anyway Doors
  5.  pintu kaca by WITHJIS(위드지스)
  6.  pintu kaca by Martins Camisuli Architects
  7.  pintu kaca by Effebiquattro S.p.A.
  8. Butuh bantuan untuk proyek rumah anda?
    Butuh bantuan untuk proyek rumah anda?
  9.  pintu kaca by Anyway Doors
  10.  pintu kaca by Studio In2 深活生活設計
  11.  pintu kaca by Design Group Latinamerica
  12.  pintu kaca by InteriorOzal
  13.  pintu kaca by Laura Avila Arquitecta
    Ad
  14.  pintu kaca by IQ Glass UK
  15.  pintu kaca by IQ Glass UK
  16.  pintu kaca by IQ Glass UK
  17.  pintu kaca by IQ Glass UK
  18.  pintu kaca by IQ Glass UK
  19.  pintu kaca by IQ Glass UK
  20.  pintu kaca by IQ Glass UK
  21.  pintu kaca by WITHJIS(위드지스)
  22.  pintu kaca by WITHJIS(위드지스)
  23.  pintu kaca by WITHJIS(위드지스)
  24.  pintu kaca by WITHJIS(위드지스)
  25.  pintu kaca by WITHJIS(위드지스)
  26.  pintu kaca by WITHJIS(위드지스)
  27.  pintu kaca by WITHJIS(위드지스)
  28.  pintu kaca by WITHJIS(위드지스)
  29.  pintu kaca by WITHJIS(위드지스)
  30.  pintu kaca by WITHJIS(위드지스)
  31.  pintu kaca by Functional Form Architectural Studio
  32.  pintu kaca by WITHJIS(위드지스)
  33.  pintu kaca by WITHJIS(위드지스)

Apakah Anda pernah menjadi korban pintu kaca? Kalau iya berarti pintu kaca tersebut sudah bekerja dengan baik dengan memberikan pandangan jernih dari sisi lain. Apalagi jika mereka di desain dengan tanpa bingkai (frameless).

Pintu kaca tanpa bingkai (frameless glassdoor) sering kita temui di mall, perkantoran, apartemen serta showroom dimana para penjual memajang produk mereka untuk mereka agar terlihat menarik.

Namun saat ini penggunaan pintu berbahan kaca semakin banyak diminati untuk hunian dan rumah, karena pintu kaca terkesan modern, bersih, ringan, serta mampu memberikan efek yang lebih luas dan terang kepada ruang dalam rumah, selain itu penempatan pintu kaca dengan jendela kaca yang besar memberikan pemandangan yang lebar dari sisi lain ruangan, yang membuatnya sempurna untuk menghubungkan eksterior dengan interior saat Anda tidak ingin keluar.

Di dalam rumah pun, dalam menjalankan fungsinya sebagai pintu dalam, pintu kaca juga tidak kalah penting. Pintu kaca bisa menjadi pintu sekaligus partisi antar ruang yang bisa diperpanjang seperti di ruang tamu dan ruang keluarga. Dan yang tidak kalah cantik dan fungsional adalah penempatan pintu kaca di dalam kamar mandi.

Desain Pintu Kaca

Transparan

Desain pintu jenis ini sangat cocok untuk memberikan tampilan sempurna dari apa yang ada di dalam ruangan yang terhubung dengan pintu ini, tidak ada peralatan apapun yang menempel sehingga tidak ada distorsi, membuat tampilan terlihat bersih dan murni. Penampilan frameless yang sedang tren saat ini termasuk dalam jenis ini.

Bujur sangkar

Tipe desain ini terdiri dari beberapa kotak yang disatukan, bahannya bisa beragam, mulai dari logam, kayu fiber bahkan aluminium. Distorsi akan timbul sedikit terlihat dari sisi lain ruangan dan biasanya juga cenderung kotor di setiap sudut kotak, oleh karena itu metode pembersihan yang baik seharusnya dilakukan.

Diamond

Desain ini sempat populer dan sangat mirip dengan kaca yang bertulang persegi tapi dengan keanggunan berlian pada bentuknya. Dengan pemasangan seperti itu pandangan mata manusia akan sedikit tertuju ke pola diamond, sehingga secara tidak sadar akan mengurangi pandangan ke sisi lain pintu pada saat itu. Bingkai yang digunakan juga beragam, bisa dari kayu dan fiberglass.

Bar Georgia

Model ini populer di negara Amerika baik untuk rumah bergaya pedesaan ataupun klasik. Namun, saat ini desain ini juga banyak ditemui di Indonesia dengan memadukan dengan berbagai gaya. Dengan bingkai yang lebih besar cukup untuk membuat pandangan mata melihat keluar ruang dan memberi cahaya yang cukup banyak ke dalam rumah.

Obsecure / Kaca es

Kaca es yang dipasang di pintu banyak digunakan di kamar mandi, shower, atau ruang serta partisi yang membutuhkan cahaya dan visibilitas sekaligus privasi. Kaca es di salah satu permukaannya terdapat tekstur atau pola tertentu. Pembuatannya bisa langsung saat peleburan kaca atau bisa berupa stiker transparan dengan pola yang di tempel di salah satu permukaan kaca bening.

Half door bevel / Kaca Motif

Jika pada jaman dahulu, kaca bermotif idektik dengan ghotic, saat ini motif kaca sangat beragam dijual. Cara pembuatannyapun beragam, bisa ditempel maupun dilukis.

Pintu kaca dengan motif seringkali tidak tembus pandang karna motifnya yang penuh atau memang mempunyai latar belakang blur (seperti kaca es). sangat beragam dan Tokoh gothik relevan dari gaya ini dan beberapa perubahan warna pada kaca juga, pintu ini sangat cocok untuk pintu masuk utama.

Bagaimana Membersihkan dan merawat pintu kaca?

Pembersih kaca

Paling tidak seminggu sekali bersihkan kaca dengan cairan pencuci piring atau formula khusus untuk kaca untuk mendapatkan hasil yang lebih baik, oleskan dan dengan bantuan lap yang tidak berserabut dan lepaskan dengan lembut. Gunakan sedikit air untuk mengangkat kotoran dan ingat untuk mengeringkannya dengan sempurna untuk menghindari bintik-bintik air.

Pembersihan pintu bingkai

Yang paling penting saat Anda membersihkan bingkai pintu bingkai dengan ksin dan sedikit mesin pencuci piring sebelum membersihkan kaca, jika tidak, Anda mungkin akan membuat kaca kotor dan basah kembali.

Tambahkan pelumas

Untuk membuka dan menutup pintu dengan lebih baik (bahkan jika itu pintu geser) ingatlah agar lintasan tetap diminyaki agar bisa bekerja lebih lama dan tanpa berkarat atau membuat suara berisik.

Pengamanan pintu kaca

Ingat, pintu kaca bisa sangat mempesona, mewah dan terlihat berkelas, namun juga bisa berbahaya dalam beberapa aspek. Selain bicara pengamanan dari luar rumah, pintu kaca terutama yang tanpa n=bingkai tidak cocok digunakan di rumah yang terdapat anak-anak di dalamnya. Hal ini dikarenakan anak-anak relatif tidak terlalu perhatian terhadap lingkungan sekitar. Sangat dimungkinkan anak-anak aktif berlarian dan membentur pintu kaca.

Harga dan Biaya Pemasangan

Harga pintu kaca sangat beragam tergantung dari desain yang diminta. Pintu kaca tanpa bingkai bisa dikatakan yang paling mahal karena membutuhkan kaca yang tebal dan kaca tempered, yaitu kaca yang di proses dengan tempratur tinggi sehingga lebih kuat. Sebagai gambaran, harga kaca tempered 12mm adalah Rp.800 ribu/m2 belum termasuk aksesoris seperti handle, engsel dan biaya pemasangan.

Pintu kaca dengan bingkai baik kayu, fiber dan alumunium masih relatif lebih murah jika dibandingkan dengan kaca tempered. Namun tetap tergantung pada ketebalan kaca serta kualitas bingkai.

Untuk mendapatkan informasi yang lebih detail tentang harga, Anda bisa langsung menghubungi para profesional yang sudah ahli di bidang pintu kaca.