Ruang fitness: Ide desain, inspirasi & gambar

  1. Fitness Room :  Ruang Fitness by SEKALA Studio
  2. Design Interior S Fitness Studio Center:  Ruang Fitness by CV Rancangbangun Arsitama Buana
  3. Butuh bantuan untuk proyek rumah anda?
    Butuh bantuan untuk proyek rumah anda?
  4. Area Gym:  Ruang Fitness by PT. Leeyaqat Karya Pratama
    Ad
  5. Ryujin:  Ruang Fitness by Aeternite
  6. Pintu Geser Aluminium Minimalis:  Ruang Fitness by PT. Podomoro Windownesia
  7. Design Interior S Fitness Studio Center:  Ruang Fitness by CV Rancangbangun Arsitama Buana
  8. Butuh bantuan untuk proyek rumah anda?
    Butuh bantuan untuk proyek rumah anda?
  9. Design Interior S Fitness Studio Center:  Ruang Fitness by CV Rancangbangun Arsitama Buana
  10. Casa Delia Residence:  Ruang Fitness by Casa Delia
  11.  Ruang Fitness by Materia Viva S.A. de C.V.
    Ad
  12.  Ruang Fitness by SA Architecture
  13.  Ruang Fitness by ecospace españa
  14.  Ruang Fitness by RM arquitectura
  15.  Ruang Fitness by HUGA ARQUITECTOS
  16.  Ruang Fitness by Constru-Acción
    Ad
  17.  Ruang Fitness by Speziale Linares arquitectos
  18.  Ruang Fitness by Equipe Ceramicas
  19.  Ruang Fitness by Rapzzodia Interiorismo
  20.  Ruang Fitness by FRANCESCO CARDANO Interior designer
  21.  Ruang Fitness by 노마드디자인 / Nomad design
    Ad
  22.  Ruang Fitness by NHarchitects
  23.  Ruang Fitness by De Panache  - Interior Architects
  24.  Ruang Fitness by Arq. Bernardo Hinojosa
  25.  Ruang Fitness by 홍예디자인
    Ad
  26.  Ruang Fitness by Finite Solutions
  27.  Ruang Fitness by smstudio
  28.  Ruang Fitness by MAD DESIGN
    Ad
  29.  Ruang Fitness by 노마드디자인 / Nomad design
    Ad
  30.  Ruang Fitness by Víctor Díaz Arquitectos
  31.  Ruang Fitness by Архитектура Интерьера
  32.  Ruang Fitness by ARCHIXXX眞野サトル建築デザイン室
  33.  Ruang Fitness by ecospace españa

Mengapa ruang olahraga/fitness penting?

Seiring bertambahnya usia, kesehatan menjadi sesuatu yang sangat berharga. Menjaga kesehatan tidak cukup dengan mengkonsumsi makanan bergizi setiap hari. Aktivitas fisik seperti angkat beban perlu dilakukan secara teratur untuk melatih kekuatan otot, meningkatkan kepadatan tulang, membuat tidur lebih nyenyak, dan sebagai bagian dari memanajemen stres. Bila dilakukan secara teratur, latihan angkat beban bisa meningkatkan kesehatan kardiovaskuler sehingga tekanan darah menjadi lebih teratur dan menjauhkan kita dari penyakit jantung. Selain itu, olahraga angkat beban juga dapat membantu menurunkan dan menstabilkan kadar gula darah penderita diabetes tipe II.

Idealnya, latihan angkat beban dilakukan di pusat kebugaran bersama latihan fisik lainnya. Namun aktivitas manusia modern yang semakin padat membuat sebagian orang sulit meluangkan waktu pergi ke gym. Bila kita tak ada waktu untuk berlatih di pusat kebugaran, atau tidak ada pusat kebugaran yang memadai di sekitar tempat tinggal kita, mengapa tidak membuat ruang fitness sendiri di rumah?

Tips merancang ruang fitness pribadi

Keinginan memiliki ruang fitness kadang menjadi mentah karena kita tidak tahu apa yang harus dilakukan untuk mulai membuatnya. Ukuran ruang yang terlalu sempit juga bisa membuat kita merasa ragu untuk menjadikan olahraga sebagai bagian dari gaya hidup sehat. Kita bisa merancang ruang fitness pribadi dengan menimbang beberapa hal sebagai berikut:

1. Jenis latihan

Sebelum membelanjakan uang untuk membeli peralatan fitness, kita perlu mengetahui latihan fisik apa yang dibutuhkan oleh tubuh kita. Misalnya, wanita berusia 30-an ke atas membutuhkan lebih banyak latihan angkat beban untuk melatih kekuatan tulang dan mencegah osteoporosis. Sedangkan mereka yang memiliki kebiasaan merokok mungkin lebih membutuhkan latihan sepeda statis untuk mengurangi risiko penyakit jantung koroner. Agar dapat mengetahui latihan fisik yang sesuai kondisi tubuh, ada baiknya kita berkonsultasi dengan dokter dan instruktur fitness.

2. Ruang fitness kecil tidak masalah

Bisa mempunyai ruang fitness yang sama luasnya dengan ruang keluarga adalah nilai tambah, tapi bila tidak juga tidak masalah. Inilah gunanya kita berkonsultasi pada instruktur kebugaran sebelum membeli alat fitness, yaitu agar ruang fitness kita memiliki peralatan kebugaran yang benar-benar penting dan sesuai kebutuhan tubuh. Selain menghemat biaya, kita juga bisa menghemat ketersediaan tempat di ruang fitness. Bila ruang fitness tidak terlalu luas kita bisa meletakkan sepeda statis, dumbbell, treadmill, dll di dekat dinding dengan posisi melingkar. Sedangkan ruang kosong di tengahnya bisa ditutup dengan matras dan menjadi ruang untuk berlatih yoga, pelemasan sebelum fitness, dan pendinginan sesudah fitness.

3. Cermin di dinding

Ukuran ruang yang terbatas bisa diperluas secara visual dengan bantuan cermin. Namun bukan itu saja fungsi cermin dalam ruang fitness kecil maupun besar. Kita bisa mengamati pergerakan tubuh saat berlatih angkat beban, senam aerobik, atau zumba melalui cermin. Dengan cara ini kita dapat mengetahui lemak di bagian tubuh mana yang akan terbakar, sekaligus mengetahui bila gerakan yang kita lakukan kurang tepat. Berlatih di depan cermin juga dapat menimbulkan rasa percaya diri karena kita dapat mengetahui perubahan di bagian tubuh tertentu. Melihat ukuran pinggang yang sedikit mengecil pasti akan membuat kita makin semangat mengayuh sepeda statis, atau berlari di atas treadmill.

4. Ventilasi

Keringat bercucuran menandakan ada aktivitas pembakaran lemak dalam tubuh kita. Sebuah pertanda bagus, tapi bisa membuat kita merasa tidak nyaman. Oleh karena itu kita tidak bisa mengabaikan kondisi ventilasi ruangan, agar sirkulasi udara di dalam ruang fitness tetap terjaga. Sirkulasi udara yang lancar akan membuat suhu ruangan tetap sejuk, bahkan di hari-hari hangat sekali pun.

5. Dinding kaca

Di beberapa pusat kebugaran, ruang fitness biasanya dikelilingi oleh dinding kaca. Tujuannya agar mereka yang berlatih di dalamnya tetap dapat mengamati situasi sekitar saat berlatih. Apalagi bila ruang fitness mempunyai view menarik seperti taman yang hijau atau kolam renang. Menempatkan dinding kaca di sekeliling ruang fitness pribadi juga bisa dilakukan, terutama ketika ruang fitness kita terletak berdekatan dengan ruangan lainnya. Dinding kaca juga membuat ruang fitness tampil stylish, bahkan dapat menjadi bagian dekorasi hunian modern yang berkelas. Bila kita ingin memiliki ruang fitness semacam ini, tentunya penataan interior tidak bisa diabaikan.

6. Interior ruang fitness

Sebenarnya, penataan interior ruang fitness tidak jauh berbeda dengan ruangan lainnya. Kita bisa mengecat dinding dengan warna-warna terang, atau warna putih bila kita suka atmosfer monokrom. Pilih paduan warna serasi tapi tidak terlalu menyolok, agar tidak merusak fokus kita saat berlatih. Ruang fitness tidak terlalu membutuhkan benda-benda hiasan karena bisa mengurangi ruang gerak saat berlatih. Tanaman hias juga tidak diperlukan, karena bisa terjadi reaksi tarik menarik oksigen antara kita dan tanaman ketika kita berolahraga di malam hari. Lagipula, perangkat fitness berlapis krom sudah cukup menarik perhatian asal kita rajin membersihkannya secara teratur. Kata-kata mutiara motivatif bisa dipasang di dinding agar membangkitkan semangat untuk giat berolah raga. Kata-kata mutiara itu sebaiknya dicetak dengan font sederhana, tidak menyolok, dan dibingkai dalam frame polos. Sebaiknya dipasang di satu sudut yang bisa terlihat dari segala arah. Bila masih ada sisa tempat, kita bisa memanfaatkannya untuk meletakkan rak, gantungan baju, gantungan handuk, rak sepatu, atau kulkas mini untuk menyimpan air putih dan minuman dingin lainnya.