Ruang keluarga tropis: Ide desain interior, inspirasi & gambar

  1. 'S' house:  Ruang Keluarga by Simple Projects Architecture
  2. Lumbung Villas:  Ruang Keluarga by Skye Architect
  3. Butuh bantuan untuk proyek rumah anda?
    Butuh bantuan untuk proyek rumah anda?
  4. Living Room  View:  Ruang Keluarga by Skye Architect
  5. 'S' house:  Ruang Keluarga by Simple Projects Architecture
  6. 'S' house:  Ruang Keluarga by Simple Projects Architecture
  7. 'S' house:  Ruang Keluarga by Simple Projects Architecture
  8. Butuh bantuan untuk proyek rumah anda?
    Butuh bantuan untuk proyek rumah anda?
  9. Budisari Residence:  Ruang Keluarga by ARCHID
  10. SL RESIDENCE:  Ruang Keluarga by ALIGN architecture interior & design
  11. Daylight House:  Ruang Keluarga by AIGI Architect + Associates
  12. Area Keluarga:  Ruang Keluarga by PT. Leeyaqat Karya Pratama
    Ad
  13. Daylight House:  Ruang Keluarga by AIGI Architect + Associates
  14. Living Room:  Ruang Keluarga by alexander and philips
  15. Living Room:  Ruang Keluarga by alexander and philips
  16. Ruang Keluarga:  Ruang Keluarga by alexander and philips
  17. Ruang Keluarga:  Ruang Keluarga by alexander and philips
  18. Interior Living Room:  Ruang Keluarga by alexander and philips
  19. Rumah Ibu Vika:  Ruang Keluarga by SEKALA Studio
  20. Rumah Ibu Vika:  Ruang Keluarga by SEKALA Studio
  21. Preferences House:  Ruang Keluarga by AIGI Architect + Associates
  22. :  Ruang Keluarga by SAE Studio (PT. Shiva Ardhyanesha Estetika)
  23. :  Ruang Keluarga by SAE Studio (PT. Shiva Ardhyanesha Estetika)
  24. Living Room:  Ruang Keluarga by SEKALA Studio
  25. Simply Living Room:  Ruang Keluarga by Lighthouse Architect Indonesia
  26. Foyer & Ruang Tamu:  Ruang Keluarga by Lighthouse Architect Indonesia
  27. House at Gegerkalong, Bandung, Indonesia:  Ruang Keluarga by Studio Avana
  28. 'S' house:  Ruang Keluarga by Simple Projects Architecture
  29. 'S' house:  Ruang Keluarga by Simple Projects Architecture
  30. Budisari Residence:  Ruang Keluarga by ARCHID
  31. Budisari Residence:  Ruang Keluarga by ARCHID
  32. RH House:  Ruang Keluarga by Pr+ Architect
  33. RH House:  Ruang Keluarga by Pr+ Architect

Sudah menjadi rahasia umum Indonesia dengan Iklim tropisnya memberi banyak keuntungan. Cuaca hangat di musim panas dan sejuk di musim dingin memberi rasa nyaman dan kebahagiaan menikmatinya bersama orang-orang terkasih di rumah. Selanjutnya adalah bagaimana menghadirkan kenyamanan di rumah? cukup berikan sentuhan unik pada hunian Anda, khususnya ruang keluarga atau living room dengan mendesainnya menjadi tropical living room.

Sejalan dengan fungsinya sebagai ruang keluarga yang adalah ruang berkumpul, berinteraksi sekaligus ruang untuk melakukan aktivitas bersama, maka sebaiknya ruangan dibuat lebih besar agar dapat memenuhi seluruh fungsi kebersamaan. Luas ruangan akan berpengaruh pada penataan dan dekorasi.

Bagaimana desain ruang keluarga tropis?

Ruang keluarga berkonsep tropis umumnya di desain senyaman mungkin disesuaikan dengan iklim yang ada; memanfaatkan banyak sirkulasi udara, pencahayaan optimal dan dekorasi yang mendukung. Yang perlu diketahui tentang iklim tropis adalah kesenjangan suhu yang cukup signifikan. Di musim panas, cuaca akan terasa begitu terik dan menyengat sementara di musim hujan akan terasa lembab. Oleh karena itu konsep harus mampu mengawal ini.

Udara panas di musim kemarau dapat disiasati dengan ventilasi udara yang besar dan memadai. Pintu rolling door dari kaca sangat cocok diterapkan di ruang keluarga yang terhubung langsung dengan taman di luar ruangan. Sinar matahari akan masuk dengan optimal sehingga kebutuhan cahaya akan tercukupi. Namun bila terik begitu menyegat anda bisa menambahkan gordyn tipis sebagai penghalang.

Penting untuk menghadirkan taman di sekitar ruang keluarga menyiasati cuaca terik di musim panas. Tanaman akan memberikan kesejukan saat jendela atau pintu dibuka dan mengurangi rasa gerah. Tanaman hijau menghadirkan suasana teduh dan sejuk. Namun bila taman luar ruangan masih terasa kurang, Anda bisa membuat taman dalam ruangan.

Sebagai sebuah elemen penting dalam konsep ruang keluarga tropis, tidak ada salahnya menghadirkan taman dalam ruangan di beberapa sudut ruangan. Semisal tanaman nan indah, pot-pot kecil dan batu dalam sepetak spot bila ruangan masih cukup memadai, pakis atau palem di samping furniture, dan atau tanaman-tanaman kecil di dalam laci kaca. Anda dapat memilih jenis tanaman sesuai selera dan menyesuaikannya dengan internal ruangan.

Ruang keluarga tropis umumnya menggunakan desain dan motif natural disesuaikan dengan taman yang menyelimuti sehingga secara psiklogis akan memberikan rasa tenteram dan nyaman. Apalagi saat rolling door kaca dibuka semilir angin masuk meyeruak berbarengan dengan cahaya hangat mentari.

Perabotan seperti apa yang digunakan?

Mencipta suasana natural dapat dilakukan dengan cara memberikan dan atau menempatkan unsur alami pada sebuah ruangan seperti kayu, rotan, atau bamboo, dll. Unsur-unsur tersebut dapat diciptakan pada furniture semisal menaruh kursi rotan panjang yang nyaman dipakai berbaring di sebelah sofa atau desain jendela dan pintu kayu. Kenyamanan secara fisik dihasilkan dari penggunaan furnitur yang ergonomis.

Sebagai ruang keluarga, biasanya ruangan akan penuh tidak hanya oleh Anda sekeluarga namun juga kerabat yang datang. Menyiasatinya, pilihlah perabot yang cukup besar yang dapat menampung semua anggota keluarga. Semisal menempatkan sofa berbentuk set “L” yang di setting berbentuk “U”. Sofa sangat cocok dan nyaman untuk menampung seluruh anggota keluarga saat berkumpul. Posisi sofa yang saling berhadapan akan mempermudah komunikasi saat berbincang dan bercengkerama dengan anggota keluarga. Selain itu, juga akan menimbulkan kehangatan yang lebih dalam waktu santai bersama keluarga di ruang ini.

Sofa dan love seat beberapa buah berwarrna krem dan dua arm chair atau kursi malas berwarna coklat akan membantu menimbulkan nuansa yang lembut dan tenang.

Untuk meja pilihlah yang berukuran cukup besar agar dapat menampung barang diatasnya semisal makanan atau minuman saat berkumpul bersama. Meja berbahan dasar kayu tebal akan cocok ditaruh dalam ruangan. Menaruh karpet tebal ditengah sofa juga dapat menjadi pilihan yang baik sehingga anak-anak dapat lebih leluasa melakukan aktivitas diatasnya.

Dalam sebuah ruang keluarga umumnya juga akan terdapat televisi untuk dinikmati bersama menonton sebuah acara. Namun sekiranya televis tidak dipergunakan, Anda dapat menambahkan Piano di sudut ruangan yang dapat dipakai untuk bersantai bersama. Tentunya akan menambah keakraban dan keeratan antar sesama anggota keluarga.

Selanjutnya Anda juga dapat menambahkan beberapa perabot lain sesuai tema. Semisal guci di pojok ruangan atau sebelah televisi, atau pigura berisi foto-foto keluarga di tengah-tengah dinding ruangan, dan atau lukisan bertema pemandangan atau klasik.

Berapa biayanya?

Ruang keluarga berkonsep tropis memiliki kesulitan tersendiri saat membangunnya. Karena itu matangkan konsep dan yakinkan diri saat hendak membangunnya. Hal pertama yang harus diakomodir adalah luas ruangan yang memadai. ruang tamu/keluarga bergaya tropis akan menjadi ruang utama dimana seluruh anggota keluarga berkumpul.

Memastikan semua anggota keluarga terakomodir dengan baik dibutuhkan furniture yang menunjang dan nyaman seperti sofa. Sofa “L” set akan cocok ditaruh di tengah ruangan. Mungkin akan butuh 2 set sofa “L” bila ruangan luas. Buat sofa menjadi letter U. Sebaliknya bila ruangan tidak terlalu luas cukup 1 set Sofa L kemudian menambahkan arm chair di sekitarnya.

Harga sebuah sofa L set sangat variatif tergantung kualitas. Umumya dari harga Rp 5.000.000 sampai dengan puluhan juta rupiah berikut meja. Demikian juga dengan harga Armchair yang bervariatif mulai satu jutaan sampai dengan belasan juta rupiah tergantung kualitas.

Biaya furnitur lainnya untuk mengisi ruangan dari mulai televisi, piano, pigura foto/lukisan dan atau guci juga memiliki harga variatif. Namun bila ditaksir dan digabungkan secara keseluruhan bisa mencapai nominal puluhan juta hingga ratusan juta rupiah.

Sementara itu, harga untuk membuat taman dalam ruangan juga bervariatif tergantung tanaman yang dipilih dan desain yang diinginkan. Bila ingin lebih murah Anda bisa membawa/membeli tanam-tanaman sejenis palem atau pakis dengan harga terjangkau mulai dari puluhan ribu sampai dengan ratusan ribu.

Namun bila Anda sudah memiliki ruang keluarga biasa, dan hanya ingin melakukan perubahan dengan tidak mengubah furnitur yang ada. Maka perubahan yang mungkin dilakukan pada ruangan adalah dengan menambahkan ventilasi udara yang lebih luas, menambahkan tanaman baik di luar maupun dalam ruangan, merubah pintu menjadi rolling door dan berbahan kaca untuk menyerap cahaya. Dan atau menambahkan ornamen klasik lainnya untuk melengkapi konsep yang diimpikan.

Berdasarkan estimasi diatas dapat ditarik kesimpulan bahwa untuk membuat sebuah ruang tamu/keluarga bergaya tropis dibutuhkan biaya cukup besar mulai dari puluhan hingga ratusan juta rupiah untuk hasil yang optimal. Semoga dapat menjadi bahan pertimbangan, selamat berkreasi.

Ingin memiliki ruangan gaya tropis? Konsultasikan dengan desainer interior kepercayaan Anda dan cari inspirasi furnitur terbaik di database homify.