Rumah pedesaan: Ide desain interior, inspirasi & gambar

  1.  Rumah pedesaan by atelier137 ARCHITECTURAL DESIGN OFFICE
  2.  Rumah pedesaan by Eckostudio Horter S.A. de C.V.
  3. Butuh bantuan untuk proyek rumah anda?
    Butuh bantuan untuk proyek rumah anda?
  4.  Rumah pedesaan by Acrópolis Arquitectura
  5.  Rumah pedesaan by 주택설계전문 디자인그룹 홈스타일토토
    Ad
  6.  Rumah pedesaan by casa rural
    Ad
  7.  Rumah pedesaan by Pedro de Almeida Carvalho, Arquitecto, Lda
  8. Butuh bantuan untuk proyek rumah anda?
    Butuh bantuan untuk proyek rumah anda?
  9.  Rumah pedesaan by GIAN MARCO CANNAVICCI ARCHITETTO
    Ad
  10.  Rumah pedesaan by Estudio Medan Arquitectos
    Ad
  11.  Rumah pedesaan by TAPO 富岡建築計画事務所
  12.  Rumah pedesaan by 築地岩移動宅
    Ad
  13.  Rumah pedesaan by 内海聡建築設計事務所
  14.  Rumah pedesaan by 築地岩移動宅
    Ad
  15.  Rumah pedesaan by LANZA Atelier
  16.  Rumah pedesaan by Maria Claudia Faro
    Ad
  17.  Rumah pedesaan by casa rural
    Ad
  18.  Rumah pedesaan by Роман Леонидов - Архитектурное бюро
  19.  Rumah pedesaan by ProEscala- Arquitectos
  20.  Rumah pedesaan by ProEscala- Arquitectos
  21.  Rumah pedesaan by Espacios Positivos
  22.  Rumah pedesaan by Eckostudio Horter S.A. de C.V.
  23.  Rumah pedesaan by Architect Kaushal Thakur Group
  24.  Rumah pedesaan by noc-noc
  25.  Rumah pedesaan by Ruimte voor Leven
  26.  Rumah pedesaan by GPro - Gabinete de Proyectos
    Ad
  27.  Rumah pedesaan by Morskoy Architect
  28.  Rumah pedesaan by Estudio Dillon Terzaghi Arquitectura
    Ad
  29.  Rumah pedesaan by Ativo Arquitetura e Consultoria
  30.  Rumah pedesaan by Andres Hincapie Arquitectos
    Ad
  31.  Rumah pedesaan by GPro - Gabinete de Proyectos
    Ad
  32.  Rumah pedesaan by casa rural
    Ad
  33.  Rumah pedesaan by 株式会社 ATELIER O2

Apa itu rumah country?

Rumah country, atau rumah gaya pedesaan, adalah istilah yang diberikan untuk rumah tinggal yang didekorasi dengan nuansa pedesaan pada eksterior maupun interiornya. Rumah gaya country biasanya mempunyai halaman dan berbagai jenis tanaman, beberapa bagian rumah terdiri dari dinding batu bata yang tidak dicat, banyak furnitur kayu gaya kuno, dan elemen lain yang akan mengingatkan siapa pun yang melihatnya pada suasana pedesaan.

Tidak seperti gaya interior lain yang cenderung mirip dengan berbagai daerah di belahan dunia, rumah gaya country mampu mewakili ciri khas interior masing-masing negara. Di Rusia, rumah gaya country disebut dacha. Biasanya, dacha terbuat dari material kayu dan memiliki loteng. Ciri khasnya adalah atap mansard dan dinding sisi luar rumah yang dicat warna-warni. Sedangkan rumah gaya country di negara-negara Skandinavia disebut sauna. Berbeda dengan rumah modern Skandinavia yang didominasi warna putih, sauna tampil dengan warna cerah pada dinding luar, suasana serba kayu di dalam rumah yang kadang tanpa furnish, dan berlangit-langit rendah dengan teras dek kayu. Fazenda adalah nama rumah pedesaan di Brasil, yang pada masa lalu didirikan di tengah-tengah perkebunan kopi. Fazenda dihuni tuan tanah serta keluarganya sehingga ukurannya lebih luas dari rumah pedesaan pada umumnya, bahkan ada juga yang terdiri dari dua lantai.

Rumah country sebagai hunian

Manusia kadang membayangkan sesuatu hal yang bertolak belakang saat berhadapan dengan realita. Macet, polusi, serba cepat, adalah ciri kehidupan kota besar dan tak semua orang menyukainya. Kembali ke kehidupan pedesaan dianggap sebagai salah satu cara untuk melarikan diri dari rutinitas sehari-hari.

Indonesia memiliki banyak versi rumah country (pedesaan), tergantung apa suku dan pulau yang kita bicarakan. Rumah pedesaan di Pulau Jawa, misalnya, berbeda dengan rumah pedesaan di Sumatra, Kalimantan, atau Sulawesi. Rumah pedesaan Jawa dapat diketahui dari bentuk atap bonnet dan ruang tanpa dinding di bawahnya (joglo). Sedangkan rumah pedesaan Sumatra sangat khas dengan atap berbentuk tanduk kerbau. Rumah pedesaan Kalimantan merupakan rumah panggung kayu yang memanjang dan beratap pelana. Rumah panggung kayu juga merupakan arsitektur rumah pedesaan Sulawesi, dengan perbedaan pada bentuk atapnya yang meruncing di kedua sisinya. Meski berbeda, ada kesamaan dari semua gaya rumah pedesaan dari berbagai daerah di Indonesia, yaitu semua bagian rumah menggunakan material kayu termasuk lantai dan tangga.

Saat ini membeli rumah gaya pedesaan di kota besar sangat sulit dilakukan, karena semua rumah sudah direnovasi sesuai tren arsitektur masa kini. Jika ingin memiliki rumah pedesaan, kita harus membelinya di daerah pedesaan atau membuatnya sendiri. Tidak mampu membeli lahan di desa untuk membangun rumah bukanlah halangan, karena selalu ada cara untuk menghadirkan suasana pedesaan di rumah. Berkat beragamnya referensi di bidang interior dan arsitektur, memiliki rumah gaya country tidak harus dilakukan dengan renovasi besar-besaran.

Mengganti beberapa elemen dengan elemen beraksen antik sudah dapat mendatangkan desa dalam rumah kita. Menghindari hal-hal berbau kekinian, itulah satu hal yang perlu diingat saat menata ulang rumah dengan gaya country. Furnitur antik, cermin berbingkai kuno, lampu antik, lampu petromak, tembikar atau keramik berornamen kuno adalah beberapa elemen dekorasi yang bisa membantu menciptakan nuansa pedesaan dalam hunian. Harganya pun tidak akan memberatkan kantong Anda. Halaman depan dan belakang sebaiknya juga dilibatkan dalam membuat suasana pedesaan. Caranya adalah dengan menanam sebanyak mungkin tanaman dan pohon perindang. Jika memungkinkan, buat kolam ikan tanpa air mancur dan sediakan bangku bambu di tepinya. Kehadiran hewan peliharaan seperti ayam, burung perkutut, atau angsa bisa memperkuat atmosfer pedesaan di sebuah hunian.

Keuntungan dan Kerugian Rumah Country

Berikut adalah beberapa keuntungan dan kerugian yang sebaiknya dipertimbangkan sebelum mengubah dekorasi rumah gedongan menjadi rumah gaya country.

A. Keuntungan:

1. Memiliki rumah gaya country di desa yang jauh dari hiruk pikuk kota bisa membantu menenangkan hati dan menjernihkan pikiran.

2. Rumah gaya country di kota yang padat ibarat oase di padang pasir. Kita jadi lebih betah menghabiskan waktu di rumah. Uang bisa digunakan untuk keperluan yang lebih bermanfaat daripada nongkrong di kafe atau dugem di tempat hiburan malam.

3. Rumah gaya country tidak akan lengkap tanpa tanaman hias maupun sayur-sayuran. Waktu luang jadi lebih bermanfaat karena digunakan untuk merawat tanaman.

4. Barang-barang tak terpakai peninggalan orang tua atau kerabat bisa digunakan sebagai hiasan rumah gaya country. Saat memandangnya, kita akan ingat pada keluarga dan menyambung tali komunikasi.

5. Biaya perawatan rumah gaya country di pedesaan sedikit lebih murah daripada rumah di kota besar.

B. Kerugian

1. Jika Anda bekerja di kota, jarak dari rumah ke tempat kerja menjadi sangat jauh. Kendaraan pribadi akhirnya menjadi kebutuhan primer jika Anda ingin segera pulang ke rumah dan malas menggunakan sarana transportasi umum.

2. Banyaknya pernak-pernik dan hiasan membuat Anda harus menghabiskan waktu lebih lama untuk membersihkan debu yang menempel. Apalagi jika hiasan di rumah berdimensi kecil dan banyak jumlahnya. Anda juga memerlukan waktu lebih untuk merawat tanaman.

3. Tanpa penataan seksama dan rutin, rumah gaya country berisiko tampak sempit akibat banyaknya barang yang ada di dalamnya.

4. Diperlukan lebih banyak tempat penyimpanan untuk menyimpan benda-benda yang tak serasi dengan gaya country. Ini sangat mungkin terjadi jika Anda hendak mengubah gaya interior rumah saat ini menjadi gaya country.

5. Kenangan buruk atau kurang menyenangkan bisa timbul sewaktu-waktu saat memandangi benda-benda hiasan peninggalan masa lalu.

Ingin mengubah gaya interior rumah menjadi gaya country? Konsultasikan langsung dengan ahlinya.