Rumah mediteran: Ide desain interior, inspirasi & gambar

  1. :  Rumah by SAE Studio (PT. Shiva Ardhyanesha Estetika)
  2. Exterior:  Rumah tinggal  by VaDsign
  3. Butuh bantuan untuk proyek rumah anda?
    Butuh bantuan untuk proyek rumah anda?
  4. Masjid Raya Persatuan:  Rumah by Besar Studio Arsitektur
  5. BANDUNG HOUSING - BANDUNG, JAWA BARAT:  Rumah by IMG ARCHITECTS
  6.  Rumah by 株式会社青空設計
  7.  Rumah by green planet
    Ad
  8. Butuh bantuan untuk proyek rumah anda?
    Butuh bantuan untuk proyek rumah anda?
  9.  Rumah by Lares Arquitectura
    Ad
  10.  Rumah by Компания архитекторов Латышевых 'Мечты сбываются'
  11.  Rumah by Компания архитекторов Латышевых 'Мечты сбываются'
  12.  Rumah pedesaan by Eckostudio Horter S.A. de C.V.
  13.  Rumah tinggal  by yücel partners
  14.  Rumah by AOG SPA
  15.  Villa by Woodbau Srl
    Ad
  16.  Rumah by RIBA MASSANELL S.L.
  17.  Rumah tinggal  by AEG Arquitectura, Asesoría y Construcción.
  18.  Rumah tinggal  by Civco Ltda
    Ad
  19.  Rumah by TOPOS+PARTNERS
  20.  Villa by B.A-Studio
  21.  Rumah by Ibiza Interiors - Nederlandse Architect Ibiza
  22.  Rumah by Piscinas Espectaculares
  23.  Rumah by Territorio Arquitectura y Construccion
    Ad
  24.  Rumah by Casas Metal
  25.  Rumah by Estudio JP
  26.  Rumah by RIBA MASSANELL S.L.
  27.  Rumah by FERNANDO ROMA . estudioROMA
  28.  Rumah tinggal  by Woodbau Srl
    Ad
  29.  Rumah by David Macias Arquitectura & Urbanismo
  30.  Rumah by dmesure
  31.  Villa by TECTUM Diseño & Construccion
    Ad
  32.  Villa by Studio 86
  33.  Rumah by Luxury Antonovich Design

Sejarah singkat rumah Mediteran

Rumah Mediteran adalah hunian yang dibangun dengan gaya Mediteran, sebuah gaya arsitektur yang dikembangkan berdasarkan bentuk khas bangunan di kawasan Mediteran. Kawasan Mediteran atau Mediterania adalah sebutan bagi daratan yang mengelilingi Laut Tengah, mulai dari Protugal, Spanyol, Prancis, Italia, Yunani, negara-negara Balkan, Turki, Siprus, Lebanon, Tunisia, Maroko, dan Aljazair. Arsitektur Mediteran secara keseluruhan terbentuk dari berbagai gaya dengan tata letak romantis, penampilan sederhana, dan detil terperinci. Gaya ini mudah dikenali dari kejauhan melalui floor plan persegi panjang dan fasad lebar yang simetris. Ciri khusus lainnya adalah dinding plesteran, atap genteng merah bata, dan jendela lengkung atau bulat dengan balkon berpagar kayu atau besi. Rumah Mediteran biasanya dikelilingi taman yang juga bergaya Mediteran dengan karakter khusus pada penataan dan jenis tanaman yang menghiasinya.

Gaya Mediteran berhasil menginspirasi masyarakat yang tinggal di luar kawasan Mediteran. Pada kurun waktu 1918-1940 aristektur Mediteran Spanyol sangat populer di Amerika Utara. Setting lokasi film-film Hollywood di tahun 1920 dan 1930an adalah arsitektur Mediteran yang romantis. Majalah-majalah gosip yang terbit pada masa itu banyak memuat gambar yang menunjukkan para selebritis tinggal di rumah Mediteran Spanyol. Rumah dengan pilar-pilar klasik di sepanjang jalan masuk ke rumah ala Italia juga sempat populer. Di Indonesia, gaya arsitektur Mediteran mulai dikenal di akhir 1980an bersamaan dengan gaya arsitektur lain seperti gaya modern, terinspirasi oleh film-film AS yang diputar di bioskop dan televisi. Mengingat fakta bergamnya akar budaya yang membentuk gaya Mediteran, masyarakat Indonesia bisa mempelajari bagaimana cara memadukan berbagai karakter untuk menghasilkan sesuatu yang baru seperti yang tercermin pada gaya aristektur ini.

Apa saja yang perlu diketahui sebelum membangun rumah Mediteran?

Apakah Anda sudah membayangkan rumah Mediteran sebagai rumah impian? Beberapa hal berikut ini wajib Anda ketahui sebelum mewujudkan mimpi itu menjadi kenyataan.

1. Desain

Sama seperti membangun rumah dengan gaya lainnya, diperlukan rencana untuk membangun rumah Mediteran. Menggunakan jasa arsitek atau arsitek interior akan memudahkan pemilik rumah merealisasikan rencananya. Para profesional akan membantu merancang rumah sesuai dengan bentuk lahan dan gaya arsitektur yang diinginkan. Pemilik rumah bisa menentukan di mana jendela dan pintu lengkung akan dibuat, bagaimana tampilan dinding, berapa banyak balok kayu yang dibutuhkan sebagai penyangga atap, berapa banyak jumlah kamar dan ruangan lainnya, berapa bujet yang harus disiapkan, dan banyak lagi. Sebagai bahan wawasan yang lebih mendalam, para profesional di bidang rancang bangun akan memberikan saran mereka dalam bentuk paket jasa desain rumah. Paket lengkap dengan tarif Rp 30 ribu per meter persegi telah meliputi gambar rancangan tiga dimensi, denah tata ruang, dan gambar kerja. Sedangkan paket desain tiga dimensi bertarif Rp. 750 ribu per view.

2. Material dan elemen bangunan

Rumah Mediteran nyaris selalu dibangun dengan batu bata atau batu dan genteng tanah liat, tergantung gaya Mediteran mana yang dipilih. Rumah Mediteran Italia, Prancis Selatan, dan Turki memiliki dinding-dinding batu. Sedangkan rumah Mediteran Spanyol dan Portugal menggunakan dinding batu bata ekspos atau dinding plester bertekstur. Rumah Mediteran Yunani sebagian besar berdinding putih. Lantai rumah Mediteran mengikuti gaya rumah yang diterapkan. Lantai tanah liat, batu, atau ubin terakota biasa diterapkan di rumah Mediteran Spanyol. Sedangkan ubin bermotif ornamen bunga-bunga lebih banyak digunakan di rumah Mediteran Italia dan Turki. Ubin bermotif ini juga diaplikasikan pada backsplash dapur dan kamar mandi.

Balok kayu penyangga atap adalah wajib hukumnya di rumah Mediteran. Namun ada beberapa rumah Mediteran yang menggunakan atap batu bata lengkung sebagai alternatif, atau atap plester modern. Elemen bangunan lainnya yang menjadi ciri khas rumah Mediteran adalah portico, semacam teras dengan atap pergola yang difungsikan sebagai ruang makan terbuka atau ruang bersantai. Atap portico membutuhkan material kayu dan genteng sebagai penutup, sedangkan untuk flooring bisa menggunakan dek kayu atau ubin berornamen.

3. Dekorasi

Ornamen bunga tidak hanya ditemukan pada ubin rumah Mediteran, tapi juga diaplikasikan pada elemen dekorasi fungsional bermaterial besi tempa (wrought iron) yang dimanfaatkan sebagai pagar balkon, pagar rumah, susuran (pegangan) tangga, gagang pintu dan jendela, lampu gantung, gagang laci bufet dan lemari dapur, serta sebagai elemen hias pada furnitur. Produsen besi tempa sudah bermunculan di beberapa kota besar di Indonesia. Tarif yang ditawarkan biasanya berdasarkan tingkat kerumitan ornamen. Sebagai gambaran, harga pagar besi tempa untuk halaman adalah sekitar Rp 300 ribu sampai Rp 600 ribu per meter persegi.

Warna menjadi elemen dekorasi penting pada rumah Mediteran. Panorama laut yang cantik menginspirasi orang-orang yang tinggal di kawasan Mediterania untuk mengecat dinding rumah dengan warna biru laut atau biru hijau (turquoise), seperti warna Laut Tengah. Kuning terang, merah, merah bata, coklat kemerahan, ungu, hijau zaitun juga diaplikasikan sebagai warna tekstil, motif pada ubin, bahkan warna tanaman hias dan bunga. Gaya Mediteran memang identik dengan warna-warna terang dan menyolok. Warna putih jarang digunakan kecuali pada gaya rumah Mediteran Yunani.

4. Paduan dengan elemen dekorasi lokal

Gaya Mediteran yang hangat, terbuka, dan ceria memungkinkan kita menambahkan unsur lokal di dalamnya. Namun kita perlu berhati-hati dalam memilih agar jangan sampai elemen lokal yang kita tambahkan membuat penampilan interior atau eksterior rumah Mediteran menjadi tumpang tindih. Sebelum menambahkan elemen lokal sebaiknya observasi dilakukan untuk melihat apakah yang belum ada di rumah itu. Kami mengusulkan elemen lokal dalam bentuk tekstil, yaitu kain tenun khas Sasak Lombok, yang memiliki motif garis-garis berwarna-warni. Kain tenun bisa digunakan sebagai sarung bantal, taplak meja, atau kelambu. Motif dan warna kain tenun yang sederhana bisa menarik perhatian secara tidak berlebihan, agar elemen hias lain memiliki kesempatan yang sama untuk dinikmati.