rumah modern

  1. Butuh bantuan untuk proyek rumah anda?
    Butuh bantuan untuk proyek rumah anda?
  2. Ad
  3. Butuh bantuan untuk proyek rumah anda?
    Butuh bantuan untuk proyek rumah anda?
  4. Ad
  5. Ad
  6. Ad
  7. Ad
  8. Ad
  9. Ad
  10. Ad

Apa saja ciri rumah modern?

Desain rumah modern sedang populer beberapa tahun terakhir. Penggeraknya tentu banyak terinspirasi dari para arsitek terkenal. Telah ada sedikit perubahan tentunya dari tahun ke tahun, namun ciri khasnya masih dengan pendekatan geometris. Dengan perubahan zaman pendekatan yang diambil juga semakin ramah lingkungan dan desain ruang menjadi semakin terbuka, juga sebagai respon dari semakin terbatasnya ruang yang tersedia terutama di kota besar.

Bagaimana cara merancang rumah modern?

Persyaratan utama rumah modern adalah menggunakan semua ruangan yang ada dengan optimal. Di kota besar, ruang yang berlimpah adalah kemewahan yang sulit diraih. Ada dana pun belum tentu lahannya tersedia. Jadi menggunakan setiap sentimeter yang ada dengan sangat seksama merupakan suatu keharusan. Sekarang ini banyak rumah yang membangun ruangan bawah tanah, hanya untuk memaksimalkan guna ruang tanpa mengeluarkan banyak biaya.

Open plan atau desain ruang terbuka memungkinkan ruang terlihat jauh lebih lega dari dimensi asilnya karena tidak ada batasan dan sekat antar ruang. Dengan desain yang tepat dan cerdas, hal ini tidak akan mempengaruhi privasi saat menggunakan tiap ruang. Ada beberapa ruang yang dapat terhubung tanpa masalah, sebaliknya justru memaksimalkan fungsionalitas: misalnya menggabungkan ruang makan, lounge, dapur dan ruang tamu/ruang keluarga. Tentu apa yang anda pilih tergantung selera dan kebutuhan anda, namun tips ini sangat kami sarankan untuk dipertimbangkan.

Hal yang paling dianggap tabu dalam desain arsitektur modern adalah ruang yang berantakan dengan benda-benda berceceran. Jadi pastikan semua terorganisir dengan baik, mulai dari ketika anda mendesain rumah modern anda, menempatkan furnitur hingga menjaga kebersihan secara berkala. Jika memang bujet anda terbatas anda dapat memilih rumah prefabrikasi sebagai alternatif, yang harganya relatif lebih murah dan tentu cepat dibangun. Alternatif lain misalnya rumah modular. Untuk kedua alternatif ini, desain tentu dapat disesuaikan dengan selera dan keinginan anda.

Adakah materi ramah lingkungan yang dapat saya gunakan?

Banyak orang sekarang tertarik pada pilihan materi yang sustainable dan ramah lingkungan saat membangun rumah karena perhatian yang semakin besar pada perubahan iklim. Yang menarik adalah estetika desain modern justru lebih memungkinkan hal ini terutama dengan penggunaan material tradisional. Anda akan lebih banyak menjumpai materi tradisional pada desain modern seperti batu bata kosongan (hollow bricks), bambu dan ubin. Semakin banyak pula materi daur ulang seperti mortar, semen dan metode alternatif seperti penerangan bertenaga matahari. Di Indonesia penggunaan air hujan sudah tak asing lagi, namun di negara lain hal ini baru mulai dilirik.

Bagaimana cara memfurnis rumah agar terlihat lebih modern?

Arsitektur modern telah menjadi sesuatu yang mendunia. Penggunaan dekorasi yang minimal menjadi suatu syarat yang sebaiknya dipenuhi, namun tentu ada beberapa pilihan yang dapat menjadi opsi. Bahan tersebut misalnya kayu daur ulang, aluminium, besi, stainless steel dan batu (asli dan palsu). Kebanyakan bahan tersebut cenderung ringan, portabel dan modular. Furnitur yang memiliki garis dan bentuk yang jelas akan memberikan sentuhan stylish dan trendi pada rumah anda. Untuk furnitur dan tempat penyimpanan, pilih yang tidak memakan terlalu banyak tempat atau dapat ditempatkan di dinding agar terdapat ruang lebih pada lantai. Hal ini akan membuat keseluruhan ruangan nampak lebih bersih dan lega. Hal terakhir yang perlu diingat adalah memadukan dengan seksama pencahayaan alami dan buatan sehingga ruangan akan selalu nampak terang terlepas dari waktu dan musim.

Desain lampu seperti apa yang bisa saya gunakan untuk rumah modern?

Lampu merupakan elemen yang sangat penting untuk rumah modern, karena ia memberikan karakter pada estetika ruang, dan tentunya menjadi aksen tersendiri. Lampu yang sederhana namun terang seperti LED sedang sangat populer, terutama dengan setting tersembunyi baik di balik dinding maupun furnitur dan tangga. Cermin backlit di kamar mandi misalnya, memberikan kesan mewah dan dramatis. Sementara itu lampu gantung pun dapat menjadi piilhan tepat untuk ruang sosial pada rumah anda.

Berikut ini alternatif desain lampu yang dapat anda pilih untuk ruang pada rumah modern anda:

1. Lampu beat:
Dengan warna metalik dan desain sederhana, lampu ini akan jadi pelengkap sempurna ruang modern anda. Warna yang populer adalah hitam, emas, putih dan abu-abu. Lampu ini terutama mempesona untuk ruang makan.

2. Modo:
Mirip chandelier, namun dipenuhi bola kaca yang terhubung dengan batangan logam gelap tipis. Sangat cocok untuk ruang tamu atau ruang keluarga.

3. Rangka geometris:
sederhana, memiliki satu tema warna yang dapat disesuaikan dengan gaya ruang. Cocok untuk ruang manapun.

4. Kabel/cord berwarna:
Dapat dipasang satuan maupun berkelompok dengan berbagai warna, sesuai selera anda.

5. Nut pendant/lampu acorn:
Terbuat dari kayu lapis dan berbentuk mirip biji pohon ek/acorn, dengan bohlam lampu yang berada pas di dalamnya. Paling cocok untuk teras, ruang tamu dan ruang keluarga.

Bagaimana cara memadukan gaya rumah tradisional dan modern?

1. Perhatikan kelebihan aksen ruang dengan seksama. Beberapa perabot tua antik dapat berpadu manis dengan desain modern, misalnya gazebo atau bangku kayu antik berpadu dengan lampu gantung bergaya modern.

2. Yang paling populer adalah membiarkan fasad lebih dominan dengan salah satu gaya saja: modern atau tradisional, kemudian interior memiliki kombinasi keduanya.

3. Untuk bagian luar ruangan atau ruang sosial, relatif lebih bebas, namun disarankan dua gaya ini dipadukan pada elemen berbeda. Misalnya jika meja dan kursi (perabot) menggunakan peninggalan yang antik, maka dinding dan lantai sebaiknya menggunakan pendekatan modern saja.